RSS

Ngapain Ngudurin Top Speed motor, wong cuma dipake harian

09 Jun

Bicara tentang suatu produk motor baru, semua orang pasti akan menanyakan top speed ntu mongtor. Lalu akan dibandingkan dengan produk motor dari pabrikan lain, lebih kenceng atau tidak. Masih kurang puas, njajalin test ride trus digeber sekenceng-kencengnya.

Ketika dah tahu top speednya pun, masih juga ngerasa perlu untuk membandingkan data top speed yang diperoleh dengan top speed motor dari pabrikan lain. caranya pun gak melulu membandingkan hasil pembacaan di masing-masing speedometer, tapi harus diukur dengan alat yang sama, yaitu dengan GPS.

Masih kurang puas juga, ya diadu berbarengan. si A make motor X, si B make motor Y balapan di sirkuit.

Takut ada perbedaan kemampuan si rider A dan B, pengetesan pun dilakukan satu orang dengan alat GPS yang sama. Dicoba diulangi berulang kali. Data tertinggi dianggep top speednya.

Yang gak berani ngetest balap mpe top speed nyari datanya di youtube, berharap ada orang nekad yang ngebut sambil ngrekam hasil pembacaan speedometer. Lagipula, adanya video menunjukkan bahwa top speed yang dicapai bukan boongan, tapi emang berdasarkan data. Kalo gak ada pic/video berarti hoax belaka, begitu pepatahnya.

Namun, sebenarnya penting gak sih pencapaian top speed motor tersebut bagi semua pengendara motor?

Mungkin bagi sebagian orang yang suka ngebut iya,lha wong kalo motornya cepet bisa nggaya kok pada pengendara motor lain. Padahal dengan motor yang sama pun, top speed yang bisa dicapai setiap orang berbeda. Wong dalam balapan di sirkuit saja, motornya sama plek (jenis termasuk settingannya) hasilnya pasti beda je. Semua kan tergantung yang make.

Sedangkan bagi kebanyakan pengendara motor ya jelas tidak. Wong orang yang beli motor itu kebanyakan kan karena butuh alat transportasi, bukan alat buat ngguaya alias ngebut. Motor ini hanya dipake buat keperluan sehari-hari, pergi pulang kantor atau sekolah atau ke manapun demi nyari penghidupan. Lha, kalo buat orang2 itu, apa perlu sekiranya nyampe top speed motornya?

Saya rasa sih gak perlu. Yang penting ya tahu dirilah, tahu kemampuan mbawa motor dan tahu kemampuan motor. Kalo memang motor mo dipake sehari-hari nganter dagangan ke pasar, ya gak usah berpikir bakal dipacu mpe 120km per jam tho yo!

Ya, memang tidak bisa dipungkiri kalo tahu kemampuan motor itu penting. Khususnya sebelum beli. Kalo emang motor yang mo dibeli itu bakal dipake buat dikendarai jarak jauh, ya tentunya butuh motor yang lebih kenceng daripada yang cuma dipake ke pasar yang jaraknya 500meter. Apalagi buat orang yang gak suka berada lama-lama di jalan, motor kenceng bolehlah.

Yang jelas gak penting itu ya ngudurin (asal kata “udur” bahasa Jawa, entah terjemahan pasnya apa) top speed motor X dengan motor Y. Gak enak aja, mempermasalahkan kemampuan motor padahal dipakainya cuma buat pergi pulang kantor yang jaraknya cuma 15km (kasus saya, red). Mbok ya ngudurin yang lainnya, kayak handlingnya enak gak, perawatannya susah apa enggak, konsumsi bensinnya irit gak, atau sparepartnya mahal atau murah.

kalo ngejar top speed jangan sampe kayak gini ya!

Rasa-rasanya mbahas itu semua lebih penting buat orang yang makai motor untuk keperluan sehari-hari aja. ya maksudnya, bukan pembalap gak usah lah ngudurin top speed. gak penting!

Itu saja!

NB: dulu saya juga suka geber motor ampe nyali saya sendiri yang ciut, sekarang mo dikasih motor kenceng pun juga gak bakal dipacu jauh2 dari angka 100kpj….

 
32 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Juni 2011 inci goblog, otomotif, Umum

 

Tag: ,

32 responses to “Ngapain Ngudurin Top Speed motor, wong cuma dipake harian

  1. Alaybatang

    9 Juni 2011 at 09:08

    wah topspeed piksenku 140km/jam lebih, fu juga lewat!

     
  2. bundamahes

    9 Juni 2011 at 09:09

    fotonya DP >.<

     
    • kangmase

      9 Juni 2011 at 09:31

      maksude opo Bun?

       
      • aleamylove

        10 Juni 2011 at 07:16

        Mas, wong iku koq dileleti selai strawberry ki lg ulangtahun po?
        *hehe komen GJ*

         
  3. bennythegreat

    9 Juni 2011 at 09:17

    Top speed bajaj pulsar..baru putar kunci kontak..langsung 188 km/jam.

    Modhyar kabeh..

     
    • kangmase

      9 Juni 2011 at 09:30

      weih, tenane pakdhe?

       
    • zaqlutv

      10 Juni 2011 at 08:42

      lha ya jelas, lha wong iku spido test kok, berjalan normal apa ngga, semua spido digital yo ngono kui.. 🙂
      tapi lebih keren megipret punya tetangga, mo mesin ngeraung kayak apa juga, ngebut sampe muka kayak komeng lagi ngebut tapi jarum spido masih di angka nol… :mrgreen:

       
  4. Fukuga

    9 Juni 2011 at 09:59

    :fu ku yo sekali puter kontak langsung 188kpj neng speedo ne

     
    • ipanase

      9 Juni 2011 at 10:06

      kalo suprax125 160 ya? kalo nggak 140,,,,jangan kenceng2,,ngeriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

       
  5. the.ant

    9 Juni 2011 at 10:09

    ngeri je fotone DL neng ndi?

     
  6. dnugros

    9 Juni 2011 at 11:01

    Disturping Picture Detected…

     
  7. confiused

    9 Juni 2011 at 11:54

    yang lebih parah lagi udah mah motor lemot tp udah kaya bawa motor balap..

     
  8. Darmawan

    9 Juni 2011 at 12:27

    sing ndlosor medeni xixixi

     
  9. ricthofen

    9 Juni 2011 at 12:29

    poto terakhirnya mantap

     
  10. pr@st

    9 Juni 2011 at 13:20

    Disturbing Picture gan…

     
  11. riri

    9 Juni 2011 at 16:38

    Kalo aku pinginnya cepet, tapi ra ngebut… wong motorku 90 kpj dah ngeden… padahal tiap hari Semarang-Magelang…. wueh pegel pantate….

     
  12. kang_ulid

    9 Juni 2011 at 18:14

    tapi biasanay pedagang di pasar ato orang yang mau kepasar suka ngebut gila-gilaan… ga’ ngerti situasi pokoknya plintir gas ampe’ mentok… ini salah satu sebab mengapa orang awam sekali pun menanyakan topspeed….
    poto trakhir mantapppb!

     
  13. agungsevi

    9 Juni 2011 at 23:14

    astafirulah… lihat foto tadi 😦
    semoga kita tetap dalam lindungan-Nya!!

    nitip mas bro!

    parade motor sport 125cc yang sensasional! (PART IV)

    MOTO GP: bila sudah dirambah artis, bagaimana jadinya?

     
  14. Maskur

    10 Juni 2011 at 03:37

    Bener..cocok karo pikiranku

    Kecepatan Harian Motor

     
  15. meitanteiamiterasu

    10 Juni 2011 at 05:53

    Betul mas… Keselamatan lah yang diutamakan.. Anak-anak muda dan abg mas yang biasanya hobi kebut kebutan… Yang jiwa ne masih labil…. Kalo di tempat ane jalannya sepi dan lurus mau coba top speed sih masih bisa, nah ntudi jakarta… Mo mo dyar kali….

     
  16. yuwonoyekti

    10 Juni 2011 at 07:29

    Akselerasi lebih penting untuk jarak dekat

    Kakak Adik, Cantik Yang Mana?
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/kakak-adik-cantik-yang-mana.html
    Yamaha R4 YZF-250
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/yamaha-r4-yzf-250.html

     
  17. enth

    10 Juni 2011 at 10:27

    ini bukan masalah berapa kencang kita mampu memacu motor, tapi masalah KEBANGGAAN saat jejer dengan yang lain kita bisa ngomong dalam hati “motorku lebih kenceng dari punyamu lho..”. bukankah itu sudah jadi sifat manusia untuk bangga dengan sesuatu yang lebih ?
    dan karena kita hampir nggak mungkin memacu motor sampai full speed, maka referensi dari berbagai media itulah yang dibutuhkan untuk mendongkrak citra bahwa “motorku lebih kenceng”
    jalan 60km/jam pake ninja 250 pasti beda rasanya dengan jalan 60km/jam pake ninja zx6, karena semua orang tau zx6 lebih kenceng.
    sama saja dengan istilah “my dick is bigger than your” (diartikel lamanya bung benny kalo nggak salah). lha kan sama-sama diumpetin kan ? nggak pernah di adu bareng, tapi tetep aja bikin kita bangga

     
  18. gundol

    10 Juni 2011 at 12:08

    alon2/cepat2 asal selamat, jangan sampai rem kita adalah tukulan asem(50 taon lalu),buritan angkot ,
    yg penting tetap kontrol dan sadar pikiran

     
  19. tigereng69

    10 Juni 2011 at 21:41

    Orang suka ngebut biasanya,orang yang baru bisa naik motor……………. Kalo mau adu kenceng,bolehlah tapi kita mesti samain dulu CCnya……….

     
  20. abangdolly

    10 Juni 2011 at 22:46

    klo saya suka ngejer yang ngebut2 kang mas. dan anehnya yang paling sering ngebut itu mio series sama absolute revo. pas mereka mentok 100 kmh ane santai aja di belakang mereka, nempelin. mereka udah bangga banget bisa ngalahin motor cupu ane (Shogun 125 SP). trus ane langsung gaspol aja, di spido 120, da daaaa…

    tapi ya namanya juga beda CC, ga imbang sih sebenarnya. buat lucu2an aja.

    NB: keep safety 😀

     
  21. wendakalubis

    11 Juni 2011 at 23:13

    Bener juga tuh kang mas, kalau dipake harian gak harus cepet (tapi jangan terlalu lemot juga!) dan penampilan OK gak malu2in! Syukur2 kalau dimodif kaya gini:

    Modif sederhana Scorpio, Rasa-rasa Byson!

     
  22. absoluterevo

    12 Juni 2011 at 06:27

    Top speed revo cukup 90km aja dah cukup 😀

     
  23. gogo

    12 Juni 2011 at 12:58

    motor bkn sarana yg pas buat menikmati kecepatan, udah ada sarana yg pas yakni F1 dan Jet tempur..

     
  24. triclaksono

    17 Juni 2011 at 13:23

    setuju kang, ga usah nge gas kalo ga perlu..hehe 🙂

     
  25. adibaseng

    16 Februari 2012 at 16:18

    gak usah jago speed dijalan umum kalau berani dijalan sawah selebar 1m becek 120km/jam tu baru pembalap dunia(rekor muri).klu mau jajal kebut ya liat2jalan,kondisi sampai berapa jauh jalanan yg kosong Jng asal selap-selip

     
  26. adibaseng

    16 Februari 2012 at 16:40

    motor ane vix r150 80km/jam gas dah getar padahal padahal tarikan gas bru secuil belum nyampai setengah nya.tangan jd kayak gak megang stang jepit getaranNya luar biasa di 90km/jam GAK BERANI GAS POL takut mabur setangan-tangannya.mungkin ini di setting untk jd peringatan bhw padat jalanan indonesia.tp gue biasa pkai 50-60-70 dah kenceng sesuai kondisi jalanan.80-90 hny pingin kayak seluncur aja klu memang jalanan kosong dan rapi.GAS POL BELUM PERNAH.katanya sih temen yg pernah nyoba speed vix r150 hny mencapai 135km/jam doang.

     

Tinggalkan Balasan ke Alaybatang Batalkan balasan