RSS

Arsip Tag: harga CBR 150 R

Menelisik dan menghitung ulang harga CBR 150R

harganya nguawur

Oke, sempet menganggap nguawur banderol harga CBR 150R, saya pun brusaha memahami kesalahan bin kekeliruan yang saya buat sendiri ketika memprediksikan harga CBR 150R sebelumnya (bisa dibaca disini).

Dari hitunga2an saya tersebut, ternyata salah satu asumsi besarnya saya keliru, dalam prediksi tersebut saya mengasumsikan bahwa keuntungan AHM dari CNR 150R bakal sama dengan sang kakak, CBR 250R. Saya tidak sempat terfikir untuk menggunakan prosentase keuntungan AHM dari PCX 125.

Padahal menurut AHM sebagaimana diberitakan detikoto disini, bahwa menurut Chief Engineer R & D Honda Southeast Asia, Mitsuo Tamamura di peluncuran Honda CBR150R, Harga sudah diatur dengan segala positioning-nya. Honda sendiri menjelaskan spesifikasi Honda CBR150R seharusnya berada di segmen medium sport. Namun, sekarang digeser ke motor premium. Kalau dilihat spesifikasinya berada di medium, tapi Honda ingin dorong ke segmen premium.

Yup, Honda sendiri mengakui bahwa spesifikasi CBR 150R berada di segmen medium (yang seharusnya dijual 25-30juta), tapi HOnda ingin menggesernya ke arah premium sehingga dihargai sesuai harga motor premium (diatas 30 juta)

Nah, berdasarkan kesalahan prediksi bahwa CBR 150R akan dibawa ke segmen medium yang kenyataannya digeser ke premium seperti halnya PCX 125, maka hitung2an sebelumnya menjadi (bagian atasnya sama dari hitungan sebelumnya):

Nah, dari gambar jelas, bahwa hitungan sebelumnya seperti ditunjukkan di Prediksi 2, harga CBR 150R saya prediksikan akan memakai keuntungan yang sama dengan CBR 250R abs, sehingga mendapat range harga 25,3-30,7juta padahal jika menghitung dengan prosentase keuntungan PCX, hasilnya menjadi 28,7(CKD) hingga 34,9 juta(CBU) seperti pada prediksi 1.

So, jelas benar memang harga CBR 150R yang 33juta berada dilevel premium (masih dirange 28,7 -34,9) layaknya PCX 125.

yang 250cc

Intinya, worth it tidaknya CBR 150R (dengan spesifikasi medium menurut Honda) dibanderol 33 juta akan sama melihatnya dengan banderol PCX 125 seharga 32 juta.

Kesimpulannya mungkin gini, CBR 250R diposisikan HOnda sebagai motor premium (dengan mesin konstruksi anayar seperti kata IWB disini) dan dibanderol dengan harga premium, sedangkan CBR 150R diposisikan Honda sebagai motor sport medium tapi dibanderol dengan harga premium. Nah, tinggal terserah siapa yang mau beli saja lebih milih yang mana…

Kalo saya mah, hanya sekedar sempet tergoda dengan CBR 150R gara-gara spesifikasi versi Thailandnya (beda ma versi Indonesia) dan prediksi harganya versi saya sendiri yang keliru. Kalo dengan harga yang ada dan spesifikasi yang berbeda ya godaan jelas sudah ilang sama sekali…

Itu saja!

NB: Nungguin GW250 paling dibanderol di 40juta, so dengan anggaran 25juta harus kuatkan niat untuk yang lain nih….

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Juli 2011 in goblog, motor

 

Tag: , , , , ,

All New Tiger 225 akhir tahun, why not?

Meskipun masih menganggap banderol CBR 150R versi AHM itu nguawur, tak baik juga memperpanjangnya. Toh menurut ganang itu hanya karena ketidakmampuan Honda Thailand dalam mensuplai produknya.

So, kita bahas lagi produk AHM yang lain, yaitu Tiger! Tiger sudah berumur 17 tahun dan sudah jelas waktunya direnov…

So, berdasarkan tulisan pakdhe yudi, AHM sedang mempersiapkan sebuah naked bike baru berkubikasi 225 cc sebagai pengganti Hond Tiger. Yang jelas sudah monoshok, itu yang sering dikeluhkan dari Honda Tiger selama ini selain kemrosoknya rantai…

Nah, yang perlu dibahas adalah apa benar ini akan seratus persen menggantikan Tiger atau akan disandingkan? karena dengan kubikasi yang berbeda toh akan memberikan patokan harga yang berbeda pula. Jika Tiger 200cc dihargai 25juta, gak menutup kemungkinan juga Tiger 225 akan dihargai diatasnya, toh harga CBR 150R udah bertengger di 33juta, so ada space harga untuk Tiger 225 dikisaran 28-29jutaan…

So, jika pun disandingkan maka alternatif naked bike Honda ada NMP di 19,5juta, Tiger 200 di 25 juta dan Tiger 225 di let’s say 28,5 juta kan gak masalah juga… tinggal pilih sesuai kemampuan dan keinginan….

berita-berita sebelumnya seperti sudah menyebutkan bahwa motor ini akan memakai basis mesinnya NMP (dan ternyata dipilih yang 225cc), so harusnya memang gak terlalu lama dirilis karena NMP kan juga dah wara-wiri cukup lama dan terbukti laris manis, dan mengingat mengembangkan mesin dari basis mesin yang sudah ada itu tentunya gak sesulit dan selama bikin mesin baru, harusnya bisalah motor tersebut dijual tahun ini..

Di 2 link tersebut (ini dan ini) juga sudah disebutkan bahwa motor tersebut akan dirilis tahun ini, so bisakah para peminat Tiger sabar menunggunya?

Kalo saya sendiri masih takut bin waswas AHM bakal nguawur lagi mbanderol harganya, takutnya seperti banderol harga CBR 150R yang bikin saya mikir suudzon aja ama orang-orang AHM….

Dan perlu diingat juga bakal gimana nanti penampakannya si Tiger 225? semoga lebih gagah dari yang sekarang!

bakal mahal ini mah...

Nah, begitu saja dulu lah!

Sekian.

NB: kenapa mesin Tiger harus selalu dikembangkan dari mesin berkubikasi di bawahnya? apa legendanya memang harus dibuat begitu?

 
23 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Juli 2011 in goblog, otomotif

 

Tag: , , ,

Gak pengen seperty Byson, CBR 150R pun dibanderol selangit

INi sebenarnya hanya pendapat Ganang, tapi karena kali ini dia mau eksis, so saya nyoba nulis apa maksud dari pendapat dan pemikirannya.

Seperti di ketahui bahwa di Thailand pun produksi motor sportnya sempat keteteran, jadinya indener disana pun mengular, meski gak lama-lama amat juga sih…

Namun, ternyata seretnya produksi di Thailand berdampak juga di Indonesia, yaitu dengan dibatasinya kuota eksport motor sport Thailand ke Indonesia…

Nah, karena AHM takut gak bisa memenuhi kebutuhan konsumen dimana terlihat dari berbagai media online banyak yang mbahas dan suka dengan ni mongtor, maka AHM cari akal agar penjualan CBR 150R gak terlalu besar…. AHM ndak mau kayak kasusnya Yamaha Byson yang indennya puanjang banget gara-gara kuota produksi gak mampu mencukupi kebutuhan pasar…

harganya nguawur

So, AHM pun memilih jalan dengan membanderol harga CBR150R dia ngka yang selangit, yang penting masih dibawah harga IU dan juga jauh dari harga kakaknya…

Dengan banderol yang nguawur mahalnya itu, diharapkan yang beli ya yang bener2 punya uang gedhe bin rodo nguawur … sekalian malah bisa nyari keuntungan gedhe dengan jual produk dikit, gitu pikir AHM…

So, gitu saja!

NB: harusnya harga Byson pun bisa dinaikkan lagi biar indenernya bisa berkurang, hehehe……..

 
21 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Juli 2011 in goblog, motor

 

Tag: , , ,

CBR 150R: Nguawur, motor kayak gitu aja dibanderol 33 juta….

AHM sudah nguawur banget dengan membanderol CBR 150R dengan 33 juta. Wong motore gur koyok ngono je…

Mesine cuma 150cc, itu yang paling nguawur… Gur mesin cilik kok dijual 33juta, wis…wis sing tuku yen ra duwe duit mblegedu yo brarti tukang nguawur juga…

Kemarin respect karena liat Spacy yang kayak gitu dijual murah, tapi respect-e hilang blas gara2 CBR 150R ini… Gara-gara banderolnya yang nguawur banget…

Jelas jelas kalo dibandingin kakaknya yang 250cc dah gak masuk akal, apalagi dibanding banderol harganya di Thailand, wis ra genah tenan…

Honda_CBR150R_FI

Kalo punya duit 33juta yo mending nabung bentar lagi dapet yang 250cc, atau bisa ngambil rondo Ninja 250, atau sekalian yang kenceng bin 2-tak aja langsung si Ninja 150 RR, luwih manteb!

Wis-wis…. yen ngene, ra yakin gelem nunggu Tiger anyar, ra yakin regane masuk akal, palingo yo nguawur meneh….

Nah, sekarang tinggal nungguin Yamaha nih, kesempatan buat jual R15…apalagi basis mesinnya sama dengan V-ixion yang sudah produksi di mari, so harusnya harganya bisa jauh dibawah CBR yang diimport CBU…

Itu saja! gak usah mbahas motor nguawur panjang2 lah!

NB: menurut Ganang, banderol harga segitu gara2 pabriknya di Thailand belum mampu menyuplai pasokan ke negeri ini, jadinya kalo banderolnya tinggi penjualan kan bakal kecil…gak ada kasus indenlah gitu! dan harusnya kalo tar dah jadi di CKD-in harganya diturunin biar gak nguawur lagi…..

 
44 Komentar

Ditulis oleh pada 30 Juni 2011 in goblog, motor

 

Tag: , ,

Menelisik kembali harga CBR150R

gambarnya mbahnya si bi er aja lah!

Seperti sudah disebutkan oleh otomotifnet bahwa CBR 150R akan dilaunching di sebuah hotel di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, yang akan dilanjutkan dengan sesi test ride untuk wartawan di sirkuit Sentul International pada hari Kamis 30 Juni 2011 sebentar lagi.

Kepastian tanggal dan tempat sudah didapatkan bagi para calon peminang ni mongtor, tapi kejelasan banderol harga belum ada. So, saya cuma ingin mencoba mengingatkan kembali kemungkinan harga ni mongtor… sesuai hitung-hitungan saya sebelumnya dan juga hitungan ganang...

Nah, dari hitung-hitungan saya dan ganang, diperoleh prediksi harga CBR 150R pada kisaran 30,7 juta jika diimpor secara CBU, dan pada harga 25,3 juta jika diimpor secara CKD.

Melihat rencana AHM yang ingin menCKD-kan CBR 150R setelah terlebih dahulu diCBU-kan selama beberapa bulan, maka dapat diyakini bahwa harga CBR 150R tidak mungkin memakai banderol harga CBU, karena konsumen tentunya takut jika nantinya harganya akan diturunkan begitu mongtor sudah diCKD-in.

So, jelas sudah harga CBR pada saat launching nanti adalah harga CBR jika diimpor secara CKD, yang menurut hitungan saya dan ganang ada dikisaran 25 jutaan. Namun, harga ini adalah harga yang 100 persen CKD, padahal import pertamanya besok adalah secara CBU…jadi AHM takkan memakai harga CKD secara sepenuhnya, yo dinaikkan sedikit lah biar saat impor CBU untungnya masih lumayan…. dan pas impor CKD untungnya lebih gedhe dan bisa memulihkan keuntungan sebelumnyah saat masih impor CBU…

Dari sini, bisa saya yakinkan bahwa harga CBR akan diatas 25 juta, tapi jelas jauh dibawah angka 30 juta….

Perkiraan saya sih dikisaran 26 – 27 juta…. mengerucut dari berita Kompas yang dikisaran 25-28 juta…

Nah, yang jadi msalah…setelah terpakenya sebagian anggaran beli motor beberapa waktu yang lalu, masih sanggupkah saya beli motor ini saat-saat ini………. atau saya harus nabung lagi dulu?

Itu saja.

NB: ganang udah siap-siap make si Michael kalo saya jadi ganti motor…. jualan kaos oblongnya laris katanyah….

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Juni 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , ,

Spesifikasi CBR 150R, bikin ngiler….

setelah membaca banyak tulisan tentang CBR 150R, saya tertarik dengan data spesifikasi yang disebutkan bahwa ni mongtor meski cuma 150cc, tapi tenaga maksimumnya mencapai 19,5hp. dan saya pun ternganga…

Wuih, motor cuma 150cc tenaganya gedhe banget euy, …sorry kalo udik, tapi biasalah saya membandingkan dengan si Michael yang notabene 160cc tapi tenaganya cuma sekitar 14hp saja..

So, searching data lengkap spesifikasinya pun dimulai, dengan mengetikkan frase spesifikasi cbr 150 di sitenya WP, dan didapatkan data spesifikasi yang njelimet, maka akan saya bahas sesuai alasan kenapa saya jadi ngiler saja

1. Mesin 150 cc 4-tak, fuel injection

Saya suka dengan fitur injeksinya, yang selain bikin motor jadi ngirit BBM, tentunya bikin saya harus lebih melek tentang teknologi inih…

2. Maximum Power: 19.5bhp@10500rpm

Nah, ini jelas, saya minat banget dengan motor tenaga gedhe tapi meski di rpm yang lumayan gak terlalu tinggi (update: dianggep tinggi atau gak ya? monggo sampeyan lah). Tapi, alasan kenapa saya nyari2 spesifikasi ni mongtor ya karena tenaga maksimum ni mongtor

3. Maximum Torque: 17NM@8500rpm

torsi gedhe, manteblah. di jalanan macet juga gak masalah soalnya beratnya masih bisa ditolerir tubuh ini (updated)…

4. Top Speed: 160kph

saat ini saya cuma butuh motor dengan speed 100kpj saja, gak mau ngebut lagi lah, jadi ini terlalu berlebihan untuk saya…

5. Gears: 6 speed manual

setelah make si Michael yang giginya cuma 5, make motor bergigi 6 bakal lebih manteb kayaknyah…

6. Seat Height: 783mm

posisi duduk gak terlalu tinggi, lumayanlah gak bakal jinjit

7. Dry/Curb Weight: 138kg

lumayanlah, gak berat2 amat, palingan berat isinya 150kg-an

8. Tyre size: front – 100/80-17, rear – 130/70-17
Tyres: Tubeless

Sudah pengen pake ban belakang lebar, tapi si Michael gak bisa, harus ganti arm lah, mahal. Mo naikin 1 tingkat pake ban Tiger aja, standar si Michael dah mentok. So, ban lebar CBR 150 R bakal sesuai keinginan lah…

9. Brakes(front) 276mm Disk
Brakes(rear) 220mm Disk

Double diskbrake, harusnya lebh pakem, apalagi kalo agak cepet dikit saya udah takut ngeremnya bakalan gak sempet (pengalaman nabrak tukang sampah), so yang lebih pakem akan sangat membantu gaya berkendara saya

10. Fuel Capacity: 13.1 litres

Ini penting karena saya orangnya males ke pom bensin, hehehe…

Dari beberapa alasan diatas, saya memasukkan ni mongtor dalam motor2 penggoda niat sebagaimana telah saya tulis disini, meskipun jenisnya sudah beda, motor yang bener2 saya inginkan adalah naked bike, tapi ini sport berfairing….

Itu saja

NB: semoga harganya gak nyampe 28juta lah, biar ada kemunkinan beli….

 
60 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Mei 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , ,

Honda All New Tiger vs Honda CBR 150R

Bukan mo ngomparasikan, apalagi mbandingin saat balapan, tapi cuma mo nyoba ngitung-itung berapa pantasnya harga CBR 150R dan harga All New Tiger nantinya…

Ada 2 hal yang perlu dicermati tentang rencana AHM menelurkan CBR150R, dan rencananya untuk mengupgrade Honda Tiger.

Pertama, rencana AHM untuk menCKDkan CBR 150R setelah diawal-awal bakal diiimpor secara CBU. Kedua, rencana AHM dalam mengupgrade Honda Tiger dengan kubikasi mesin yang belum diputuskan apakah tetap 200 cc atau dinaikkan menjadi 225cc.

Dari dua hal tersebut, saya memikirkan beberapa hal

  1. CBR 150R adalah produk adik si CBR 250R yang secara spesifikasi sangat jauh berbeda, so dasar harganya gak harus ngeliat dari banderol harga si kakak
  2. Honda CBR150R pada dasarnya bertarung dengan produk Yamaha yaitu dengan R15 yang notabene adalah V-ixion berfairing yang dibenderol oleh Yamaha pada 21juta
  3. HOnda Tiger yang akan diupgrade menjadi Honda All New Tiger adalah flagship Honda Indonesia disegmen naked bike, so sebagai flagship banyak hal seharusnya disematkan ditubuhnya, khususnya untuk fitur2 yang ada di sang adik (NMP) harus ada atau harus lebih baik/banyak di tubuh si Tigor ini
  4. Kompetitor Honda Tiger adalah Yamaha New Scorpio Z yang sudah 225ccnya, so sebaiknya All New Tiger dengan banderol harga yang lebih tinggi dari Scorpio, tentunya displacementnya minimal samalah.
  5. Ada isu bahwa Yamaha (YMKI) akan mengupgrade Scorpio dengan menggunakan mesin 250cc.

Dari beberapa hal diatas, saya mencoba mengira-ira harga kedua motor diatas, dan ketemu diangka 25juta untuk CBR150R dan 28juta untuk si All New Tiger 225cc. Lha dasarnya apa?

  • CBR150R head to head dengan R15, so jika Yamaha mengupgrade V-ixion menjadi R15, harganya gak bakal terlalu jauh dengan harga V-ixion yang 21 juta, ya dikisaran 24jutalah…jadi harga CBR150R diangka 25juta sudahlah benar.
  • Harga All new Tiger diangka 28 juta berdasarkan kedudukannnya sebagai flagship serta untuk mengantisipasi Scorpio 250cc, sehingga jika Honda akan mengeluarakan 250cc naked bike masih punya rentang harga dikisaran 30juta lebih dikit.

melihat rencana AHM saat ini, begini spekulasinya:

  1. CBR 150 bakal dibandrol diharga 29 jutaan pada saat awal kemunculannya yang CBU.
  2. CBR 150 bakal diturunkan harganya jika sudah di CKD sambil nungguin All New Tiger keluar.
  3. All new Tiger akan keluar sesaat sesudah atau sebelum keluar si Scorpio,
  4. jika si Pio keluar dengan dengan 250cc, maka si Tigy bakal dengan 225cc (minimal) dengan harga dikisaran 28juta itu, tapi jika Tigy keluar 250cc, maka dikisaran 30juta awal. so Harga CBR di25juta hasil CKD sudah pas
  5. sedang kalo Pio dengan 225cc, harga Tigy tetap di 28juta dengan 225cc, atau 25-26juta dengan 200cc. Tapi jika Tigy harganya tetap, maka CBR150 pun akan tetap di 29juta meskipun diCKD.
  6. Jika Yamaha juga mengeluarkan R15, maka skenario harganya juga bakal makin pusing. menurut saya R15 gak bakal jauh harganya dikisaran 24-25 juta, so jika harga CBR 150R di 29juta, dan Tiger di 25juta, maka  penjualan R15 bakalan moncer. Hal ini dapat diantisipasi AHM dengan menCKDkan CBR150 R sehingga harga bisa diturunkan hingga 25jutaan. sedang Tigy dan Pio bakal dibiarkan bertarung sendiri dikisaran harga diatasnya atau tetap diharga lama.
  7. Namun jika R15 dijual dikisaran harga di kisaran 26-28juta, maka harga CBR akan tetap diksaran harga 29jutaan. trus Tigy dan Pio dibiarkan bertarung sendiri dikisaran 25juta (dan tentunya menggunakan mesin 200 hingga 225cc saja)

Intinya, harga keempat motor itu akan saling terkait. kemungkinan terbesar ya CBR di 29juta, R15 di 27juta, sedang Tigy dan Pio diharga dan cc yang sekarang.

Begitu saja!

NB: pusing euy…

 
23 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Mei 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , , , , , , , ,