RSS

Arsip Tag: motor

Nyenggol, apa cukup sekedar melambaikan tangan?

Setelah cukup lama vakum ngeblog karena ada kerjaan penyusunan Peraturan Pemerintah, yang harus segera kelar dan bakal berlaku 2011, akhirnya bisa ngeblog lagi juga, meski PPnya masih belum kelar, tapi dah jalan pelan-pelan gak ngebut lagi…

Pengalaman kemarin sore pulang dari kantor, ada seorang pengendara Blade biru yang menyalip saya dari kiri dengan cukup kencang, sehingga spion motornya mengenai spion motor saya . Saya sempet oling dikit, tapi tetep bisa menguasai Michael hingga tidak jatuh.

Saya sempat melihat pengendara motor tersebut, yang melambaikan tangan kanannya tanpa melihat ke arah saya sesaat setelah menyenggol spion saya, dan dia dengan tetap ngebut. Saya tidak tahu apa maksud lambaian tangannya tersebut, bermaksud minta maaf atau sekedar apalah..

Sebenernya kalo tidak sedang membonceng istri saya yang sedang hamil, pasti sudah saya kejar tu pengendara blade berjaket krem, celana hitam, sandal jepit Swallow hijau dan helm putih tersebut, menyuruhnya berhenti dan menjelaskan perbuatannya….

JIka sampeyan menyenggol pengendara lain, meski tidak sampai jatuh, apa memang cukup sekedar melambaikan tangan tanpa melihat si korban?

Sekian. Itu saja!

NB: ganang gak suka melambaikan tangan, karena itu tanda perpisahan katanya…..

 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 5 November 2011 in motor, Umum

 

Tag: , ,

Honda: Masih ada New Blade/New Supra, New CS-1 dan All New Tiger tahun ini?

Dapurpacu menyebutkan ada 2 motor baru dari HOnda, sedangkan Otomotifnet menyebutkan ada 3 motor baru HOnda yang akan diluncurkan tahun ini. Entah siapa yang benar, saya juga tidak tahu… time will tell lah….

Dapurpacu menyebutkan:”Kabar yang berhembus, AHM sedang menyiapkan motor bebek baru bergenre sport. Sinyalemen kehadiranya semakin kuat dengan pendaftaran TPT di Departemen Perdagangan.”

Nah, kalau disebut motor bebek baru bergenre sport, tentu kita akan melihat ke arah Honda CS-1. CS-1 memang selama ini sudah diharapkan untuk diupgrade (liat disini, per 3 Juli 2011 ada 35 orang yang vote untuk diupgradenya CS-1).

Kita tunggu saja CS-1 atau apapun yang disandingkan bareng CS-1 ini akan jadi seperti apa ya kita tunggu saja…

Sedangkan otomotifnet menyebutkan ada 3 motor baru yang bakal dirilis Honda tahun ini, dan disebutkan bahwa:

“Di sela peluncuran Honda CBR 150R kemarin pagi (30/6), Presiden Director PT AHM, Yusuke Hori menegaskan kalau Honda masih punya tiga model baru. Dua diantaranya new model, Model ini sangat sporty  dan Yusuke banyak terlibat disana. Dan, lagi-lagi Indonesia akan menjadi negara pertama yang meluncurkan model baru ini. Kemungkinan besar diantara ketiga model ini ada line up bebek baru. Selain itu Honda juga digosipkan masih punya satu line up model motor sport baru.

Kalo dilihat disini, sepertinya akan ada satu facelift dan dua model baru. Model baru yang pertama jelas adalah tipe bebek, sedang yang kedua ada spekulasi bakal motor sport. Sedang faceliftnya entah yang mana (sepertinya juga bebek).

Namun, kalo melihat dua berita tersebut, 2 model bebek yang bakal dirilis tahun ini (entah 2 bebek baru atau 1 bebek baru dan 1 facelift) mungkin terkait juga dengan pengajuan TPT yang sempat disebutkan pak haji taufik, yang punya kode NF11C1C (baca disini dan disini) dan NF12A1C (baca disini, dan disini ).

Dari data TPT jelas ada 2 bebek, entah sepenuhnya baru atau facelift. Kalo berspekulasi sih bisa aja NF11C1C adalah new Honda blade yang berarti memang hanya facelift major karena ampe didaftarin TPTnya, sedangkan NF12A1C adalah bebek sportnya karena kubikasinya 125cc sama dengan CS-1 (mungkin make headlamp ini). Tapi spekulasi pengganti CS-1 ini jadi berbeda dengan spekulasinya pak haji taufik disini, karena menurut beliau NF12A1C adalah bebek murni Biz125,

JIka memang NF12A1C adalah Biz125, maka motor ketiga ya bakal ada bebek sport aja bukan motor sport seperti disebutkan pakdhe Yudi disini sebagai penggantinya Tiger.

Namun, itu berarti ketiga produk barunya adalah bebek yang saya rasa gak mungkin karena market share bebek toh sudah kalah sama skutik. Dari 3 motor yang rencana dirilis tahun ini saya rasa pasti ada satu skutik atau satu motor sport.

So, menurut saya sih ada major facelift Honda blade (ditunjukkan dgn kode TPT NF11C1C, apalagi jelas diproduksi 150ribu), motor baru bebek super pengganti atau disandingkan dengan CS-1 (ditunjukkan dg kode TPT NF12A1C, produksinya juga cuma 51ribu je, cocok tho?) yang akan dirilis antara bulan Juli dan Agustus tahun ini dan satu buah motor sport prngganti Honda Tiger, sebut saja All New Tiger 225 yang akan dirilis pada akhir tahun.

Sekian. Itu saja!

NB: ruwet…

semua gambar diambil dari link yang ada dan yang lainnya dari google

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Juli 2011 in motor, otomotif

 

Tag: , , , , , ,

Gara2 payung, Tornado pun nabrak Shogun….

kayak gini tornadonyah

NI pengalaman beberapa tahun lalu selama masih memakai Tornado GS…

Alkisah pada liburan kuliah tahun 2004, saya sempet pinjam payung pada salah seorang teman yang janjinya akan saya kembalikan keesokan harinya…

Nah, pas keesokan harinya ketika saya sedang riding ke rumah teman, saya ketemu salah satu rombongan kampanye yang terpisah…

Si orang ini naik motor SHogun yang terlihat masih baru, dan meskipun pelan dia riding di tengah jalan, so saya pikir dia bakalan lurus atau belok kanan…dan saya yang sedang memacu tornado berusaha menyalipnya dari sebelah kiri …dan ………brak! ternyata shogun itu mau belok kiri……so ya saya menabrak shogun itu…

Yang saya ingat saya terlempar hingga sempet melayang diatas pengendara shogun dan boncengernya….saya terlempar hingga 5 meter dengan posisi tengkurap, visor helm baret parah, celana jeans sobek di dengkul dan paha, sandal jepit jebat, tapi jaket utuh bagian luarnya tapi hancur bagian dalamnya dan penuh darah di bagian pergelangan dan siku…telapan tangan linu-linu karena kerikil2 yang menancap…

Saya bangun langsung ngcek Tornadonya dan ternyata gakpapa, cuma batok headlampnya patah dan footstepnya njengat…

Sedang yang saya tabrak gak ada luka sama sekali, hanya saja shogun barunya (ternyata baru 2 bulan) lumayan rusak parah…

Shogun R, rasa2nya pertama kali pabrikan jepang ngasih garansi 3 tahun

Setelah sempat terjadi perdebatan soal si pengendara shogun yang tidak nyalain sein kiri dan saya yang nyalip dari sebelah kiri, urusan pun damai dengan tanpa melibatkan polisi…apalagi mereka juga sedang menjadi partisipan kampanye yang tidak ingin nama baiknya ikut tercoreng…

So, saya melanjutkan perjalanan mengembalikan payung dirumah temen sambil minta ijin mbasuh luka sambil berjalan pincang dan  ketika pulang saya langsung dihadiahi amarah dari ibu saya…

Itu saja!

NB: wong sudah tabrakan, sakit masih juga dimarahin….hmmmm

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Juni 2011 in cerita, goblog, motor

 

Tag: , , ,

Dewi yang kelindes Truk Pengangkut BBM

Gara2 keinget tulisan salah satu blogger tentang sebuah kecelakaan, saya jadi inget kecelakaan yang menimpa salah seorang kawan sekelas saya dulu waktu SMA.

Sebut saja Dewi, begitulah dia biasa dipanggil.Wajahnya cantik, kulitnya putih, pembawaannya halus dan lembut. kami teman sekelasnya sering memanggilnya Poppy, karena wajahnya yang mirip Mona Ratuliu dalam sinetron Lupus yang lagi ngetrend saat itu. Tapi maaf, foto Dewi gak bisa saya tampilkan, karena takut gak dibolehin ma keluarganya…

Mona saja gambarnya

Pagi itu (pas kelas 2 SMA) dia berencana berangkat ke sekolah yang jaraknya lumayan jauh dengan menempuh Jl. Raya Jogja Solo. Dia berangkat ke sekolah meskipun hari itu hari Minggu karena ada acara pengajian di sekolahan. Sedang saya sendiri tidak berangkat karena ada acara gotong royong di kampung buat memperkeras jalan (kalo gak salah inget)

Dewi berangkat ke sekolahan gak sendiri, tapi dibonceng oleh tetangganya yang juga kakak kelas kami di sekolah yang juga ingin berangkat pengajian. Mereka berdua berangkat naik motor…

Oke, sebelum keinti cerita, ada beberapa hal dulu yang perlu diketahui

  • Beberapa hari sebelumnya, saya dimarahin sama si Dewi ini gara2 saya nyembunyiin tip-exnya. meski saya sudah minta maaf, tapi seinget saya dia masih marah…
  • Beberapa hari sebelumnya juga, Dewi meminjambuku catatan temen kami sebut saja A, yang tanggal lahirnya sama persih dengan Dewi
  • Hari Jumat sebelumnya, salah seorang kawan laki (sebut saja Donni, bukan nama sebenarnya) nembak Dewi, maksudnya meminta Dewi menjadi pacarnya, dimana Dewi menjanjikan akan menjawabnya hari Seninnya
  • Malam Minggu, dirumahnya tumben-tumbennya si Dewi ngajakin Bapak Ibu serta Kakak dan Adiknya untuk makan malam bersama, padahal biasanya Dewi suka makan sendirian di kamarnya. Saat makan malam itu juga, akhirnya Bapaknya mengijinkan Dewi untuk ngekos deket sekolahan, tapi malah ditolak ma Dewi, padahal Dewi sendiri yang dari awal merajuk agar diijinkan ngekos tapi selalu gak dibolehin ma Bapaknya.

Kembali ke hari Minggu saat Dewi mo berangkat ke sekolahan naik motor. Saat itu, dijalan Jogja Solo memang sedang ada pengerjaan jalan, tepatnya pada sebuah jembatan yang harus diperbaiki sebagian, sehingga jalannya yang semula bisa 2 jalur dengan masing-masing 2 lajur, kini satu jalur (2 lajur) harus dipake dari dua arah berlawanan.Oya, dipinggir jembatan itu ada sebuah pohon beringin besar yang memang sudah terkenal angker.

truk BBM

Nah, ditempat itu pulalah kejadian kecelakaan itu terjadi. Si kakak kelas mencoba mendahului sebuah truk pengangkut BBM dari sebelah kiri tapi naas begitu sudah dapet separuh body truk, stang kanannya menyenggol body truk, so motorpun jatuh, dia jatuh ke arah kiri, sedang Dewi yang diboncengnya jatuh ke arah kanan yang langsung disambut dengan ban belakang truk pengangkut BBM tersebut…

Akhirnya sampeyan tentu tahu sendiri lah…

Saya sendiri baru tahu hari Senin paginya saat di kos-kosan karena rumah saya yang diujung tenggara kabupaten dan rumah Dewi yang diujung barat…

Si kakak kelas gak kenapa-napa secara fisik, cuma luka memar dikit, tapi secara mental drop mpe 2 bulan kalo tidak salah, gak berangkat sekolah, gak bisa tidur, selalu ngomong kalo didatengin arwah Dewi minta tanggung jawab, dsb….

Sekian, Itu saja! Hikmahnya bisa dipikirkan masing-masing…

NB: saya gak bisa bayangin gimana perasaan Bapaknya saat itu, dan juga perasaan Donnie tentunyah….

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Juni 2011 in cerita, otomotif, Umum

 

Tag: , , ,

Jika motor biang kecelakaan, Mobillah biang kemacetan

SEsuai data yang saya lihat diblog pak Edo, kecelakaan yang terjadi di negeri ini, khususnya di Jakarta lebih banyak menimpa sepeda motor, Berikut data yang saya comot dari sana untuk Januari dan Februari 2011:

Terlihat bahwa kasus kecelakaan yang terjadi lebih banyak menimpa pengendara sepeda motor. Dan ini menjadi alasan orang-orang kaya untuk tidak mau menggunakan sepeda motor untuk mobilitasnya. Mereka pun memilih mobil.

Tapi setelah mereka memakai mobil dan mengalami kemacetan di tengah jalan, mereka menyalahkan pengendara sepeda motor. Motor dianggap menyebabkan kemacetan karena suka memotong jalur sembarangan, berteduh di bawah jembatan penyeberangan, memakai jalur tengah sehingga mobil kesulitan mendahului, dsb.

Pengendara mobil tidak ingat bahwa mereka lah penyebab kemacetan itu. Lho kok?

Coba liat gambar berikut, kira-kira siapakah penyebab kemacetan?

Terlihat bahwa tanpa motor pun, sekumpulan mobil itu macet.

Oke, gambar diatas mungkin karena kondisi sedang padat-padatnya. So, bagaimana dengan gamber ini?

Nah, justru pengendara motor lah yang TERJEBAK dalam kemacetan yang disebabkan oleh mobil. COba liat mobil2 pada gambar diatas, tidak beraturan bukan? Seharusnya pengendara mobil juga harus berjalan sesuai jalurnya, tidak memaksakan diri untuk selalu mengambil celah kecil yang ada di samping depannya. Pengendara mobil cukup selalu melihat mobil di depannya saja, ngikutin terus dari belakang. Intinya terus berjalan lurus saja.

Lha kalo mo belok gimana?

Ya harus dipersiapkan dari awal, jangan asal nyelonong belok aja. Ingat, dimensi mobil itu BESAR, jauh lebih besar dari sepeda motor. Jadi, dari awal harus dipikirkan, kalo di depan mo belok kanan, ya ambil jalur kanan terus, ngikutin mobil di depannya. kalo di depan mo belok kiri ya ambil kiri terus, jangan pindah kanan karena kanan kosong, karena itu sudah jatah kendaraan yang dari belakang ada di sebelah kanan.

Jangan kayak gini lah (liat sedan hitam di kiri)

Jadi dari awal ketika kita masuk jalan itu, ya harus ditentukan mo tetep di kiri atau pindah kanan.

Lalu apa lagi?

Pengendara mobil itu harus rapi. lurus dari depan sampai belakang, dan selalu jaga jarak. Kenapa? karena mobil yang rapi akan memungkinkan motor untuk menyalip dari sela-sela keduanya, sehingga selama jalan di depan tetap sama lebarnya, motor tidak akan mengganggu kelancaran jalannya mobil.

Tapi, disini harus selalu diingatkan bahwa pengendara mobil itu harus ikhlas didahului oleh motor. Karena banyak kesempatan saya melihat mobil yang gak ikhlas jika didahului oleh motor yang notabene lebih miskin dari yang naik mobil. Jadi, mobil sering dengan sengaja menutup celah kecil yang seharusnya bisa dilalui oleh motor, padahal toh mobil itu gak bisa jalan maju lagi. Sebenarnya kalo kondisinya kayak gini, saya pengen bawa palu trus mecahin kaca ntu mobil…

SElanjutnya, pengendara mobil itu harus sadar diri mobil. Maksudnya, hsi pendara mobil harus sadar bahwa mobil itu BESAR bin Gedhe, so gak bisa sembarangan aja berhenti atau parkir, karena bakal bikin pengendara di belakangnya kesusahan (baik mobil ataupun motor). Dan ini yang sering saya ingatkan pada pengemudi taksi yang saya naiki, pokoknya berhentinya di tempat yang gak terlalu banyak kendaraan di belakangnyalah.

YUp, kecelakaan memang lebih banyak menimpa pengendara motor, oleh karena itu para pengendara mobil kadang jadi tidak peduli. Salah sendiri kenapa naik motor, gak naik mobil saja. Tapi ya mo naik mobil gimana wong harga mobil saja jauh lebih mahal dari motor je, padahal motor aja masih kredit.

lalu, apa hanya pengendara mobil yang perlu disalahkan dalam hal kemacetan?

O….tentu tidak. Pengendara motor juga perlu diajarkan safety riding seperti yang selalu disampaikan bapak Edo. Selain itu, peran pemerintah juga sangat besar, wong segala sesuatu hal yang berhubungan dengan masyarakat dalam satu negara itu diatur Pemerintah je, termasuk juga saat berkendara di jalan raya.

So, disini sebenarnya saya hanya ingin mengkritisi para pengendara mobil yang sukanya menyalahkan pengendara motor yang dianggapnya sebagai penyebab kecelakaan dan kemacetan, karena nyatanya pengendara motorlah yang lebih sering terjebak kemacetan yang seharusnya dapat segera dia lewati karena dimensi motor yang jauh lebih kecil.

Itu saja dulu.

NB: marka jalan gak dianggap, jalur yang seharusnya cuma dipake 2 lajur mobil, eh dipake 3 lajur mobil, ya macet lah, pengendara motor juga gak bisa lewat, mo belok zig zag kiri kanan diantara mobil, e malah dianggep penyebab kemacetan….hmmm….arogan!

 
27 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Mei 2011 in goblog, otomotif, Umum

 

Tag: , ,

Keuntungan Finansial dan Psikologis dengan Make motor buat ke Kantor

si Michael....

Mo mencoba ngitung2 biaya ke kantor kalo naik motor dibandingin kalo naik bis jemputan.

Saya selama ini ke kantor naik motor boncengan ma istri karena memang searah, bahkan perjalanan ke kantor bisa ngelewatin kantor istri, tinggal belok dikit paling 500an meter.

Berangkat dari rumah jam 06.15, maksimal jam 06.25, nyampe kantor paling cepet 07.05, paling telat 07.20.

setelah ngitung speedometer si Michael, jarak rumah -kantor cuma 15km-an, dan ngeliat pengalaman kemarin, seminggu paling ngisi 6 liter doang, ni kalo sabtu minggu gak jalan jauh-jauh. dengan asumsi make Premium, maka seminggu paling habis 30ribu, sebulan 120ribu. ditambah istri pagi masih sempet masak kalo anak gak rewel, jadi buat sarapan bisa bawa dari rumah. luamyan bisa ngirit lah…

Kalo berdua naik jemputan, saya harus berangkat jam 05.45, istri berangkat jam 05.55, so tentunya istri gak sempet masak, soale kalopun masak gak sempet juga bikin bekal buat saya. dan biasanya saya jadi terburu-buru kalo nyempetin nunggu masakan istri siap…So harus sarapan di kantor, nih biaya lagi.

Selain itu, biaya bis jemputan, meski lumayan murah, jemputan saya cuma 100ribu perbulan, jemputan istri 200ribu per bulan. so, kalo cuma ngeliat biaya jemputan dan biaya bensin motor ya gak terlalu material, cuma 180ribu. itupun saya gak capek naik motor.

Tapi, kalo mo dihitung dari uang saku perbulan, naik bis jemputan tentunya butuh tambahan, diantaranya biaya sarapan, biaya ngemil dan minum selama di bis, biaya entertainment (dengerin musik selama di bis), dsb.

Apalagi, kalopun naik bis, biaya psikologisnya juga tinggi, jam 5 sore harus buru2 antri buat absen biar gak ketinggalan, nyampe rumah bakalan lebih malam karena macet so gak bisa maen lama-lama dengan anak karena dah harus segera tidur, apalagi kalo pagi anak belum bangun, dan juga bakalan jadi jarang makan masakan istri, dsb. Dan itulah yang saya tidak mau

So, dengan berbagai pertimbangan diatas, saya tetep memilih naik motor….

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Mei 2011 in goblog, Umum

 

Tag: , ,

[Poll] Motor apa yang harus segera diupgrade?

Banyak motor yang modelnya dianggap sudah ketinggalan jaman, atau malah modelnya tidak dapat diterima di pasaran tanah air. So, ada berbagai usulan agar motor tersebut diupgrade dengan penampilan baru atau malah dibinasakan saja.

Saya mencoba membuat polling terhdap beberapa motor yang seharusnya segera diupgrade. Upgrade disini saya batasi pada hal-hal:

  • – ganti mesin baru dan tentunya body baru, so bener2 bener berubah, tinggal namanya mungkin, atau malah didiscontinue dan keluar produk baru sebagai suksesinya
  • – ganti body baru yang sebagian berbeda dari sebelumnya
  • – penambahan fitur penting yang meningkatkan harga dan nilai motor (misalnya injeksi)
  • – perubahan dan atau penambahan body motor yang lumayan signifikan pengaruhnya terhadap tampilan (misalnya penambahan fairing atau ganti headlamp, atau mengubah posisi stoplamp)
  • -dll tidak termasuk facelift kecil, misalnya ganti striping, nambah macam warna. dan lain semisalnya.

Segera disini saya maksudkan adalah dalam jangka waktu tahun 2011 ini. sudah cukup segera bukan? apalagi saya hanya memasukkan motor-motor yang seingat saya belum pernah diupgrade ataupun difacelift dalam 2 tahun terakhir.

Berikut pollingnya, silakan dipilih untuk 5 motor yang paling harus segera diupgrade untuk masing-masing produk dari tiap pabrikan

Nah, silakan dipilih. Monggo….

Itu saja!

NB: mang bakal direalisasikan, tanya ganang, ya ndak tahu saya tanya pabrikannya langsung saja… harapannya ya pabrikan mo baca hasil polling ini, begitu…

 
29 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in goblog

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,