RSS

Arsip Tag: Suzuki

Motor-motor yang layak ditunggu di 2012

Rencana ganti motor sepertinya gak bisa segera direalisasikan, namun berbagai pilihan yang nyangkut dihati pun bisa disebutkan. Berikut beberap kandidat motor yang sebenarnya belum dijual dimari tapi telah memikat hati.

1. Suzuki GW 250

40jutaan? terlalu mahal.......

Sudah sejak kabar diperkenalkan mootor ini di China, saya tertarik. Tampilannya yang bak moge sempet membuat niat hati menunggu ni motor, tapi begitu ada kabar kalo motor ini bakal dibanderol di 40jutaan, sensasi 2 silinder nakedbike itu rasanya kurang sepadan jika harus memaksakan diri untuk meminangnya….

Motor ini sebanrnya yang paling sesuai dengan kebutuhan, jok yang masih nyambung akan masih terasa nyaman meski bawa anak-anak….

2.KTM Duke 200

dengan jaringan baru? harganya bakalan premium

KTM Duke 200 jelas memikat, tampilan yang sangar sempat memikat hati, apalagi dibekali mesin dari pabrikan jagoan garuk tanah, wuih…rasanya pasti maknyus, meski rasanya gak bakalan nyaman jika harus bawa anak-anak….

Namun, kabar bahwa motor ini akan dibawa KTM dengan membuat jaringan baru, tidak nebeng dengan Bajaj membuat saya pesimis dengan harganya. Rasa-rasanya gak bakal motor ini dijual dibawah 30juta… Jika harus bayar motor 200cc diatas 30 juta, ya saya belum siap…..

3. Bajaj Pulsar 200 NS

22-23juta sangat menjanjikan....

Kabar terbaru diabawa Bajaj, BAI berencana membawa gen terbaru Pulsar ke Indonesia 3-4 bulan sejak diluncurkan di Indaia APril nanti. Dengan tampilan baru dan perpaduan dengan teknologi KTM, saya rasa saya jadi terpikat lagi dengan motor Bajaj setlah P220 yang sebelumnya sempat memikat hati tapi urung dibeli karena berbagai pertimbangan…

Kabarnya motor ini akan dijual direntang 22-23 juta, so rasanya motor ini akan sangat worth it apalagi dibandingkan dengan motor lain yang sekelas yang dijual lebih mahal dan dengan spesifikasi yang jadul….

Hmmmm…akankah saya kembali berencana membeli motor tahun ini? atau saya akan kembali memberikan banyak pertimbangan yang akhirnya kembali menggagalkan renvcana awal saya?Episode bingung MOde: on

katanya mirip cb1000 ya?

Itu saja.

NB: ganang sedang merasa bosan bekerja, pengen minggat aja tapi kok gak tega…..

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2012 in cerita, goblog, motor

 

Tag: , , , , , ,

GSR750 ABS 2012, sekedar mimpi bagi PNS gendut?

Saya bukan PNS muda berekening gendut yang sering diberitakan akhir-akhir ini. Kalo soal PNS, oke saya PNS. Kalo soal muda, ya kalo 28 mah emang masih muda kan ya?

Trus soal rekening, ya tentu saya punya rekening, wong gaji jelas ditransfer kok. Tapi kalo yang gendut, ya jelas itu adalah perut saya, bukan rekening saya.

mimpi PNS gendut?

Oke, gak usah panjang-panjang yang gak penting. Sebenarnya saya cuma mau bilang kalo saya tuh naksir berta dengan motornya Suzuki, si GSR750, tapi selain emang gak atau belum dijual di mari, toh kalo pun dijual dimari, apalah daya yang saya punya untuk membelinya wong gaji aja sering gak nyisa buat biaya hidup ma ngelunasih utang-utang je…

Jelaslah GSR750 ABS 2012 hanyalah mimpi, so nglirik yang lain deh. Yup, tetep dengan produk Suzuki, kini GW250 telah memikat saya, tapi berbagai kabar yang menyebutkan GW250 bakal di banderol 40jutaan, tentu membuat niat saya kembali ciut. Bagi PNS muda yang gendut seperti saya, duit 40 juta berarti tabungan beberapa tahun, dan rasanya gak ikhlas banget 40 juta hanya untuk sebuah motor, meskipun keinginan ini sudah sangat…

semoga bisa beli, meski tak dalam waktu dekat....

40 juta mah mending beliin mobil-mobil seken, macam Toyota Corolla Twincam tahun-tahun awal, biar bisa ngangkut istri dan anak-anak. Kalo motor mah cuma bisa berdua… Secinta-cintanya saya dengan motor, rasanya saya belum akan beli motor 40jutaan sebelum bisa beli mobil….

Nah, kembali ke GSR750 ABS 2012. mungkin PNS muda berekening gendut bisa beli dengan mudah tu mongtor, tapi bagi PNS muda gendut yang satu ini (saya) rasanya GSR750 ABS 2012 hanyalah mimpi…

mobil tua tapi ternyata masih mahal........

Itu saja!

NB: episode curhat, tapi insyaAllah tetep selalu bersyukur…..

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2012 in cerita, goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Berapa harga Suzuki GW250?

Kepastian meluncurnya Suzuki Inazuma GW 250 tahun depan telah dinyatakan oleh SIS sebagai ATPM Suzuki di negeri ini. Kepastian waktunya pun jelas, semester pertama 2012. Namun, harganya akan selalu menjadi tanda tanya sebelum motor ini jelas-jelas diluncurkan. Berbagai spekulasi bisa saja dibuat, namun keputusan ada di tangan SIS. Spekulasi dilakukan bagi yang mau meminangnya, yang mengamati spesifikasinya, atau juga malah yang meremehkannya.

Dan berikut, spekulasi harga menurut saya:

Sebelum melakukan spekulasi harga, berikut akan saya sampaikan beberapa hal, sebut saja kekurangan yang akan berefek menaikkan harga dan beberapa kelebihan yang akan berpengaruh pada rendahnya harga Suzuki GW250 di mata saya. Hal-hal itulah yang akan mempengaruhi harga GW250 nantinya, apakah akan naik atau turun dari harga psikologis 40juta.

1. Kekurangan

1.1. Nama besar Suzuki dan Thunder 250

Meski di Indonesia hanya menempati posisi ke-3 dalam penjualan motor, namun kiprahnya selama ini membuktikan bahwa motor-motor Suzuki diterima masyarakat. Tak ayal, produk2 Suzuki bukanlah produk kelas dua, namun termasuk produk kualitas terbaik. Kalahnya penjualan hanyalah masalah strategi pemasaran dan keberuntungan semata, bukan terletak pada kekalahan produk. Motor-motor Suzuki dikenal sangat berkualitas, sebut saja FXR, Thunder, dan Shogun sangat dikenal di masayarakat kita.

GW250 bukanlah motor sport tourung 250cc pertama di Indonesia, bakal kehadirannya telah didahului Thunder 250 yang sampai sekarang masih menjadi primadona para hobies. Thunder250 menjadi sport touring yang cukup membuat para bikers (touringers) motor sport terpesona.

1.2.Spesifikasi

2-silinder dengan kemampuan memuntahkan tenaga hingga 26hp, serta torsi 22 Nm tentunya memberi kesan mantab bagi para bikers. motor 250cc dengan mesin 2-silinder di tanah air baru dihuni oleh Kawasaki NInja 250, yang man sangat berbeda peruntukannya, karena Ninja adalah sport berfairing sedang GW adalah sport touring.

Dengan desain sport touring, yang berbeda dengan 2 motor 250cc pendahulunya tentunya akan mempengaruhi para penyuka touring yang belum mampu beli moge. Cukuplah motor 250cc, wong sudah 2-silinder juga…

Dengan spesifikasi yang ada, tentunya belum ada motor sport touring lain (selain moge tentunya) yang bisa ngalahin kegagahannya, bahkan si Legenda Honda Tiger pun tak terlihat sebanding…

1.3. Jumlah produksi

Seperti disebutkan di otomotifnet, Indonesia hanya kebagian 200 hingga 300 unit GW250 per bulannya. Ini tentunya akan berpengaruh pada harga jualnya. JIka SIS hanya akan menjual sedikit, tentunya bakal di hargai mahal, untuk mengejar untung gedhe. Sebaliknya, jika mnegjar untung dari kuantitas penjualan barulah bisa GW250 dijual murah.

1.4.Satu-satunya sport touring 250cc 2-silinder, yang bisa dijadikan flagship Suzuki

Keuntungan first mover ada disini. Sbegai pemain pertama di segmen ioni tentunya memberi keuntungan tersendiri, apalagi Suzuki juga dah pengalaman dengan Thunder 250. Gw250 dapat dijadikan flagship motor kecil bagi Suzuki.

2. Kelebihan

2.1. Basis produksi di China

Semua orang juga tahu, bahwa China adalah asal dari segala barang murah, dcari mulai peniti, mainan anak-anak, pakaian bahkan motor pun yang asalnya China pasti dijual murah. Dengan di produksi di China, tentunya biaya produksi si Baby B-King ini juga bisa ditekan serendah mungkin.

2.2. Suzuki bukan penguasa pasar di Indonesia

Suzuki bukanlah penguasa pasar motor di Indonesia, jadi strategi harganya tentunya akan sangat terpengaruh harga para kompetitornya, khususnya dengan pabrikan yang lebih tinggi market share-nya, Honda dan Yamaha. Yamaha memang tidak punya motor sport 250cc, namun dengan Scorpio 225cc yang dihargai di kisaran harga 23 juta tentunya sedikit banyak juga berpengaruh, meskipun tidak signifikan.

Sedangkan Hoinda mempunyai CBR 250R, yang berada di harga 39,9 dan 46 juta. Meskipun spesifikasi CBR 250R adalah inferior dibanding GW250, namun CBR 250R itu dibawa Honda, sang penguasa pasar. tentunya tak mudah bagi Suzuki merebut konsumen setia HOnda.

2.3. Thunder 250 hanya dihargai sedikit diatas Honda TIger (perbandingan dengan sport touring lain)

Pada saatnya dulu, Thunder 250 dihargai 25 juta, sedangkan saat itu HOnda Tiger yang hanya 200cc dihargai sekitar 20juta, dan itupun penjualan Thunder masih kalah jauh dibanding Tiger, so jika saat ini Tiger masih dihargai 25jutam, tentunya harga GW250 yang 40 juta akan terlihat terlalu mahal.

2.4. Pengalaman susahnya sparepart Thunder 250 (aftersales)

Mungkin karena penjualannya yang hanya sedikit, sparepart Thunder GSX 250 saat ini sangat sulit dicarinya, kalopun ada sangatlah mahal. Hal ini tentu akan berpengaruh pada keinginan beli konsumen terhadap penerusnya, GW 250. Konsumen tentu takut jika GW250 nantinya akan bernasib sama dengan GSX 250. Sparepart susah dicari, mahal pula.

Namun, jika SUzuki serius dengan GW250nya, tentu bisa dilihat pula dengan perkembangan layanan aftersalesnya, bukan hanya masalah sparepart, tapi juga masalah keberadaan bengkel yang masih jauh dari sekitar rumah hingga pemasaran yang belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

2.5. Kasus Satria F 150

Awal kemunculan Satria F adalah dengan import secara CBU, kemudian di CKD-kan, dan sekarang sudah diproduksi dalam negeri.

Hal ini bisa saja terjadi pada kasus GW250 ke depan. JIka motor ini laris manis dan permintaan terus meningkat, maka produksi dalam negeri bukanlah kemustahilan. Yang penting disini adalah jika memang ada niat itu tentunya harga GW250 tidak akan mahal. Jika kualitas terbukti tentu harga akan mengikuti seiring waktu. Layaknya kasus Satria F yang semula harganya di kisaran bebek macam Jupiter MX sekarang sudah naik kelas mendekati harga motor sport macam NMP dan Byson.

2.6. Niat Suzuki menaikkan target penjualan total.

Suzuki berniat menaikkan target penjualannya, yang semula 530ribu di 2011, tahun 2012 ditargetkan bisa menjual 700ribu, so penjualannya harus didukung dari semua lini produk, diantaranya dari GW250 ini harus juga terjual dalam jumalh yang banyak, tidak sekdar menjadi flagship semata.

Berdasarkan beberapa faktor diatas, saya pikir harganya tidak akan menyentuh akan 40juta.

Sementara itu saja.

NB: berapapun harganya, saya tetep naksir motor ini, tapi kalo kemahalan ya bakalan gak mampu beli lah.

 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , ,

Satria FU: ternyata produksi dalam negeri lebih mahal dari import!

Itu adalah pernyataan salah seorang karyawan suzuki sendiri, bukan pernyataan saya.

Seperti sudah padsa tahu bahwa pada awal kemunculannya, Suzuki Satria FU 150 diimport secara CBU langsung dari Thailand, kemudian diimport secara CKD dengan beberapa part buatan dalam negeri dan terakhir diproduksi secara penuh dari dalam negeri.

Secara tampilan pun ketiganya dapat dibedakan, CBU Thailand hanya make kick starter, yang CKD udah ada electric starternya dengan headlmap yang masih sama, sdang versi produksi dalam negeri udah beda headlampnya…

Dan pada saat perubahan antara CBU ke CKD maupun dari CKD ke produksi Dalam Negeri (selanjutnya disingkat PDN) harganya sama/hampir sama alias tetap. Namun, ternyata pada saat perubahan CKD ke PDN, total keuntungan Suzuki menurun, padahal kuantitas jualannya nambah lho.

Ternyata ada sedikit ketidakefektifan dalam produksi motor ini pada awal2nya PDN. ada kekeliruan dalam memprediksi beban biaya lain2 sebelum PDN dengan pada saat sudah PDN.

Itu sebabnya, beberapa saat setelah PDN, dengan dalih semakin besar permintaan, harga Satria FU dinaikkan, begitu kata sumber saya yang karyawan Suzuki itu.

Saya sendiri kurang tahu kebenaran info ini karena saat saya nyari di google sejarah harga Satria FU, ternyata saya tidak menemukannya. Mungkin sampeyan2 yang tahu, silakan dishare dimari…

Itu saja!

NB: berapapun harganya selama konsumen masih menganggapnya worth it ya penjualannya akan masih tetap bagus, seperti terbukti hingga sekarang ini….

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Juli 2011 in otomotif

 

Tag: , ,

GW250: Semoga bukan cuma sekedar test pasar ala Suzuki!

Masih berdasar sumber orang dalam Suzuki, bahwa Suzuki Indonesia suka sekali dengan gaya test pasar. Maksudnya Suzuki akan mengeluarkan sebuah produk untuk mendapatkan data reaksi pasar akan produk kendaraan seperti yang ditestkan.

Gini, sebagai contoh saja. Beberapa tahun lalu Suzuki R4 mengeluarkan sebuah varian mobil yang diberi nama Every. Mobil ini 100% impor, lupa nanya darimana impornya. Ini penampakannya:

Setelah beberapa tahun dijual, dengan total penjualan sebanyak hanya 2500 unit, Suzuki menghentikan import dan penjualannya, padahal mobil ini termasuk laris… Dan ternyata setelah beberapa saat, Suzuki mengeluarkan mobil baru racikan dalam negeri yang lumayan mirip dengan si Every, dan mobil ini diberi nama APV. Rupanya Suzuki mengganggap mobil ini mobil yang sesuai pasar Indonesia dan bisa diterima pasar…. Berikut penampakannya

Di roda 2 pun demikian. Para speedlover pasti tahu Suzuki FXR 150 yang diimpor dari Jepang dan dijual Suzuki beberapa tahun lalu. Motor ini paling canggih di zamannya, namun karena kecanggihannya belum diterima masyarakat Indonesia, alhasil penjualan motor ini cuma sekitar 700an unit, dan Suzuki menghentikan import dan penjualannya karena dianggap motor ini tidak cocok dengan pasar Indonesia…

Yang jelas, dari beberapa kasus diatas, terlihat bahwa kebiasaan Suzuki adalah suka ngetest penerimaan pasar atas produknya dengan dijual dulu, kalo laku diteruskan, kalo gak laku ya dihentikan. Dan melihat rencana SIS untuk meluncurkan GW250 tahun depan, akankah kasusnya akan seperti FXR150 atau seperti Suzuki Every yang semula diimpor kemudian diproduksi?

Itu saja!

NB: Nah, kasus Suzuki Satria FU pun demikian…tapi lain kali saja dibahasnya, ada cerita lainnya juga soalnyah…semoga tidak lupa…

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2011 in otomotif

 

Tag: , , , ,

Suzuki GS150R sudah ditest di Tambun, kapan meluncur?

Dapet info lumayan valid (karena dari karyawan Suzuki sendiri), bahwa motor sport Suzuki 150cc sudah ditest di daerah Tambun beberapa waktu lalu… Tapi Doi sendiri gak lihat, cuma begitu kabar-kabar yang tersengar diantara para karyawan Suzuki sendiri

Spekulasi pertama jelas ada pada si GS150R yang udah dijual di Luar Negeri sono, tapi bocorannya sih bilang kalo bentuknya beda, khusunya di headlampnya… Bahkan mesinnya sama dengan GS150R atau gak pun doinya gak tahu… Yang jelas desain dan mesinnya udah di kembangkan sejak akhir 2008 atau awal 2009…

Soal kebenarannya doi gak bisa mastiin, bahkan kepastian mo dijual pa gak pun belum ada…. semuanya hanya sekedar dengar-dengar, begitu kata doi yang masih dianggap karyawan rendahan….

Yang perlu ditanyakan sih kalo jadi dijual di mari, kira-kira peluncurannya kapan ya? Sebelum atau sesudah GW250?

Itu saja!

NB: Saya sih lebih ngarepin GW250, apalagi kalo dibanderol 30juta, wuih……

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in motor

 

Tag: , ,

GW250 terlalu gagah untuk memakai nama Thunder!

asemiks....mantep banget

Suzuki GW 250 dikabarkan oleh kompas akan diluncurkan tahun depan di Indonesia. Pernyataan ini langsung disampaikan oleh GM Marketing 2W-nya SIS, so harusnya kata-katanya bisa dipegang lah…

Lalu, apa kedatangan GW 250 nanti cuma akan menggantikan posisi Thunder 250 yang dulu sempat dipasarkan? Jika memang fungsinya cuma menggantikan rasa-rasanya kok malah terasa nyerah dengan kompetitor ya.

Kenapa?

Pertama, posisi Thunder 250 yang dalam masa peredarannya dulu penjualannya tak pernah mengalahkan Honda Tiger, padahal harganya mirip. Kedua, kasus kelangkaan dan mahalnya sparepart Thunder 250 udah diketahui khalayak umum, jadi mau bikin nasib GW 250 juga seperti itu? seharusnya tidak tho..

Ketiga, image Thunder yang ada sekarang adalah Thunder 125, yang mana setelah ganti mesin pun secara penampakan masih sama. Dan, kasus Thunder 250 adalah versi gede dari Thunder 250. So, dengan bentuk fisik GW250 yang jauh beda dengan Thunder 250, harusnya namanya pun beda.

Suzuki B-King, gambar dari google

Keempat, secara tampilan GW 250 lebih ke arah moge B-King, bukan ke arah mbahnya Thunder 125 (GSXR), jadi harusnya namanya nyerempet2 B-King, atau malah bisa make nama sendiri, entah apa yang penting sesuai tampilannya…

Kelima, secara spesifikasi pun rasa-rasanya jauh beda dengan Thunder 250 yang ada dulu. GW250 dibekali mesin 250 cc, liquid-cooled twin paralel, bertenaga 26 PS @8.500 rpm, dan torsi 24,2 Nm @7.000 rpm dan berat mencapai 180 kg. Sedang Thunder GSX 250 dibekali mesin : 249 cc, 4 Langkah SOHC, TSCC, pendinginan udara dengan¬† Daya maksimum : 20 dk / 7.500 rpm;dan Torsi maksimum : 2,1 kg-m / 6.000 rpm serta berat kosongnya hanya 132 kg. So, jelas beda banget tho…

susah nyari gambarnya yang belum dimodip

Nah, kalo gitu jelas beda banget tho GW 250 dengan Thunder GSX 250, so memang sudah seharusnya GW 250 tak perlu lagi memakai nama Thunder. Apalagi mengingat beberapa perubahan nama produk Suzuki dari Smash menjadi Titan, Shogun menjadi Axelo, serta Skywave menjadi Hayate, masak Thunder 250 yang dulu pun penjualannya gak begitu besar namanya harus dipaksain pada GW 250, ya tho?

Ini sih hanya pendapat saya saja, bagaimana menurut sampeyan?

Itu saja!

NB: nama Thunder GW 250 terdengar kurang pas juga rasanya….

 

 
19 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Juli 2011 in motor

 

Tag: , , ,