RSS

Arsip Tag: KTM

Motor-motor yang layak ditunggu di 2012

Rencana ganti motor sepertinya gak bisa segera direalisasikan, namun berbagai pilihan yang nyangkut dihati pun bisa disebutkan. Berikut beberap kandidat motor yang sebenarnya belum dijual dimari tapi telah memikat hati.

1. Suzuki GW 250

40jutaan? terlalu mahal.......

Sudah sejak kabar diperkenalkan mootor ini di China, saya tertarik. Tampilannya yang bak moge sempet membuat niat hati menunggu ni motor, tapi begitu ada kabar kalo motor ini bakal dibanderol di 40jutaan, sensasi 2 silinder nakedbike itu rasanya kurang sepadan jika harus memaksakan diri untuk meminangnya….

Motor ini sebanrnya yang paling sesuai dengan kebutuhan, jok yang masih nyambung akan masih terasa nyaman meski bawa anak-anak….

2.KTM Duke 200

dengan jaringan baru? harganya bakalan premium

KTM Duke 200 jelas memikat, tampilan yang sangar sempat memikat hati, apalagi dibekali mesin dari pabrikan jagoan garuk tanah, wuih…rasanya pasti maknyus, meski rasanya gak bakalan nyaman jika harus bawa anak-anak….

Namun, kabar bahwa motor ini akan dibawa KTM dengan membuat jaringan baru, tidak nebeng dengan Bajaj membuat saya pesimis dengan harganya. Rasa-rasanya gak bakal motor ini dijual dibawah 30juta… Jika harus bayar motor 200cc diatas 30 juta, ya saya belum siap…..

3. Bajaj Pulsar 200 NS

22-23juta sangat menjanjikan....

Kabar terbaru diabawa Bajaj, BAI berencana membawa gen terbaru Pulsar ke Indonesia 3-4 bulan sejak diluncurkan di Indaia APril nanti. Dengan tampilan baru dan perpaduan dengan teknologi KTM, saya rasa saya jadi terpikat lagi dengan motor Bajaj setlah P220 yang sebelumnya sempat memikat hati tapi urung dibeli karena berbagai pertimbangan…

Kabarnya motor ini akan dijual direntang 22-23 juta, so rasanya motor ini akan sangat worth it apalagi dibandingkan dengan motor lain yang sekelas yang dijual lebih mahal dan dengan spesifikasi yang jadul….

Hmmmm…akankah saya kembali berencana membeli motor tahun ini? atau saya akan kembali memberikan banyak pertimbangan yang akhirnya kembali menggagalkan renvcana awal saya?Episode bingung MOde: on

katanya mirip cb1000 ya?

Itu saja.

NB: ganang sedang merasa bosan bekerja, pengen minggat aja tapi kok gak tega…..

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2012 in cerita, goblog, motor

 

Tag: , , , , , ,

KTM Duke 200 dijual 25 juta? gak bakalan!

Membaca tulisan mbah dukun disini, saya jadi geli. Mosok iyo KTM Duke 200 bakal dihargai 25juta. Opo yo mungkin? Kalo ngeliat gelagat harga jual produk-produk Bajaj sih mungkin saja, liat aja Pulsar 220 yang hanya dihargai 18,6juta saja. Tapi ini KTM bro, bukan KTMnya si Inul, tapi KTM Austria yang namanya aja dah dikenal sebagai kampiun Dakkar. KTM tu jagonya motor garuk tanah, bukan jagonya jualan motor murah.

gambarnya duke 125 sajalah

gambarnya duke 125 sajalah

Memang sih Bajaj punya 39% saham KTM, tapi 39% tu belum tentu pemegang saham mayoritas, jadi keputusan harga jual sih pengaruh 39% itu gak banyak, justru seharusnya kepemilikan saham itu dimanfaatkan Bajaj untuk dapet bagian keuntungan dari KTM, bukan malah ngurangin keuntungan (kalo nurunin harga kan keuntungan jadi berkurang, asumsi biaya produksi sama).

Alih teknologi sih boleh aja, tapi dari KTM ke Bajaj kan? bukan sebaliknya tho? soalnya secara pengalaman dan pendapat pasar, produk KTM lebih diakui di dunia daripada produk Bajaj.

Nah, kalo mo harga murah, solusinya KTM Duke bisalah kalo di spec down, tapi opo yo mau? Konsumen apa yo mau beli kalo tahu produknya adalah produk spec down, beda dengan yang dibeli dari negara lain? Trus yang jelas, apa iya KTM mau jual produk yang gak sesuai standar kualitasnya selama ini? apa gak akan mengurangi nilai nama besar KTM?

Solusi lain, misalnya gabungin gerai KTM dengan Bajaj. Di Indonesia ini, Bajaj sudah datang lebih dulu, jauh sebelum rencana Duke 200 masuk di mari, jika Duke 200 nanti dijual bareng dengan Pulsar di dealernya Bajaj, maka orang akan menganggapnya Duke itu produknya Bajaj, jadinya bisa disebut Bajaj Duke 200, atau Pulsar Duke 200. Apa ya mau KTM yang punya nama lebih besar harus tunduk dibawah Bajaj yang notabene memiliki 39% sahamnya? sekuat itukah 39% itu?

Bajaj konsen ke Pulsar dan Avenger

Firasat saya, KTM Duke 200 akan dijual tersendiri dengan jaringan KTM, lepas dari bayang-bayang Bajaj. KTM akan membuat jaringan baru yang tidak terlalu banyak, hanya akan ada i kota-kota besar saja. Dengan iklan di TV yang lumayan banyak dan sering, baru kemudian KTM bisa membawa nama Bajaj sebagai dealer yang bisa didatangi untuk urusan beli motornya ataupun bengkelnya, khusunya untuk yang di daerah. Yang di kota, tetep di dealer KTM.

Bajaj sendiri untuk tahun 2012 akan lebih konsen pada Avenger dan pengembangan Pulsar versi 2012. Avenger akan dibawa bulan Maret 2012 (baca disini), sedangkan Pulsar yang baru akan dibawa beberapa bulan setelahnya, setelah penjualan Avenger dan Duke 200 mapan.

Soal berita generasi Pulsar 2012 memakai teknologi dan mesin KTM Duke ya mungkin saja. Bagi KTM, itu sih gak masalah, mo dijual murah ya gak papa, yang penting tetap dengan desain dan nama Bajaj, jadi gak akan merusak nama KTM. Nah, soal desain tentunya gak boleh mengarah ke desain Duke, tapi tetep harus berupa mirip Pulsar. Monoshock boleh dipake, mesin boleh dipake, tapi ciri khas Bajaj DTS-i apa juga mo diilangin? Kalo iya, berarti Bajaj yang gak punya identitas. Harusnya setiap pabrikan punya identitas yang berbeda dengan pabrikan lain dan tidak menghilangkannya hanya untuk jualan lebih banyak. Gak semua penyanyi itu harus gabung jadi boyband hanya agar disukai abege!

Wong soal injeksi aja Bajaj gak mau make, masak mau make mesin KTM 100% sih? kan sahamnya cuma 39%? Jika soal injeksi aja gak mau ikut-ikutan kenapa juga harus jual jatidiri DTS-i hanya demi jualan lebih banyak? Pabrikan yang langgeng adalah pabrikan yang punya jatidiri, begitu kira-kira.

Biarkan KTM Duke 200 berjalan sendiri, dengan harga yang pantas sesuai dengan spesifikasi. JIka mampu mengurangi biaya produksi, toh diturunkan sedikit ya gak masalah. Tapi dijual dengan harga murah, hanya demi mengikuti pemilik 39% saham? mbok ya jangan rendah diri!

Oya, jika PUlsar 2012 bener make mesin Duke 100% tanpa spec down tentunya harga Pulsar lah yang harus dinaikkan, bukan harga Duke yang dibikin murah. Pulsar bermesin Duke dihargai seharga motor Jepang, rasanya bisa diterima. Pulsar Duke 200 (bermesin Duke 200, desain dan lainnya khas Pulsar) dihargai sama dengan HOnda Tiger, 25 juta, ini baru bisa…..

Sekian. Itu saja!

NB: tapi sebagai konsumen, harga makin murah sih makin seneng aja….

 

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2011 in goblog

 

Tag: , , , , , , ,

Motor-motor sport yang ditunggu di 2012!

Tahun 2012 adalah tahunnya perang motor sport di Indonesia. Kenapa? liat saja sendiri

Honda

Seperti yang sudah saya sebutkan bahwa Honda tahun depan rencananya akan mengeluarkan 3 varian motor sport baru, apa saja? bisa dilihat disini.

Yamaha

Sepertinya Yamaha masih bangga dengan ketiga motor sportnya yang saat ini menguasai pasar. Byson, Scorpio dan V-ixion belum terkalahkan, sampai-sampai harapan konsumen untuk lahirnya R15 pun ditolak ma YMKI. Kenapa coba? nanti bisa dibahas sendiri lah kalo sempet.

istri suka Byson biru....

Intinya, belum ada rencana apa-apa dari Yamaha terkait motor sport baru untuk tahun depan. Jadi, bagi para FBY ya puas-puas dululah dengan 3 pilihan motor sportnya.

Suzuki

Yup, Suzuki sudah jelas akan menelurkan si Baby B-King, Gw 250 alias Inazuma pada semester pertama 2012. Motor ini akan diimpor secara CBU dari China. Kabar terakhir menyebutkan kalo motor ini bakal dibanderol di kisaran 40 jutaan… Lah mahalnya….. kayaknya gak mampu beli nih, padahal dah pengeeen sangat!

Nungguin ni mongtor rasanya lama, gara-gara terlalu pengen, tapi eh…harganya gak nguatin… Meskipun rasa-rasanya harga pasnya ya segitu tapi kalo mikirin isi kantong kok rasanya gak bakal kebeli ya…..

Nasib…nasib….

Oke, kembali ke Suzuki, apa dengan motor ini saja sudah akan cukup menggaet pembeli yang banyak? hmmmm….kalo ini sih sepertinya bakal sangat tergantung harga… Apalagi Suzuki cuma punya 1 produk motor sport saat ini, hanya si Thunder 125 yang dijual di kisaran 15 jutaan, so kalo GW 250 dibanderol 40 jutaan ya bakal jauh banget lah….

So, Suzuki harus juga ngeluarin produk lain, khusunya di kelas 150cc, biar makin seru…. ya gak harus 2012, 2013 juga gak masalah lah….

Spesifikasi Suzuki GW250

Panjang: 2.145 mm
Lebar: 760 mm
Tinggi: 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.430 mm
Jarak terendah ke Tanah: 165 mm
Berat kosong: 173 kg

Mesin: 2 silinder SOHC
Diameter x Langkah: 53,5 mm x 55,2 mm
Kapasitas silinder: 248 cc
Kompresi: 11,5:1
Sistem Bahan Bakar: Injeksi
Tenaga maksimum: 18 kW @ 8.500 rpm
Torsi maksimum: 22 Nm @ 6.500 rpm

Kapasitas tanki: 14 L
Diameter disk brake depan: 290 mm
Diameter disk brake belakang: 240 mm
Ban depan: 110/80-17M/C 57H
Ban belakang: 140/70-17M/C 66H

Minerva

Seperti sudah di tulis tmcblog, bahwa Minerva juga sudah menyiapkan nakedbike 150cc baru dengan sasis teralis dan mesin si R150VX, dan katanya bakal dibanderol di bawah 15 jutaan…nih mongtor juga bisa jadi pilihan buat para penggemar motor sport murah meriah….

Selain harga murah dan desain yang lebih “nggaya” saya sih kurang tertarik, tapi ya selera tiap orang kan beda, jadi ya silakan saja… Nih mongtor bisa jadi pilihan bagi yang nyari motor sport tahun depan, karena kabarnya bakal dirilis awal 2012 juga….so tunggu aja

Bajaj-KTM

Telah lama ditunggu si KTM Duke untuk lahir di negeri ini, akhirnya ada kepastian bakal diluncurkan di Indonesia di 2012, meski masih berseliweran kabar apakah bakal 200cc atau 150cc atau malah 250cc….

Tapi jika melihat speknya yang bilang bahwa Duke 200 tenaganya mpe 25,52 bhp dan torsinya 20Nm ya rasa-rasanya cukuplah kalo yang dibawa di marih yang 200cc ajah, lagipula biar harganya gak mahal-mahal juga…

gambarnya duke 125 sajalah

gambarnya duke 125 sajalah

Sebagai perbandingan, NMP di India dijual 12jutaan tapi disini 19jutaan. Nah kalo kabarnya Duke 200 di India bakal dijual 27 jutaan kan di marih bisa dijual di kisaran 35-40 jutaan…. masih banyak lah yang mau beli, meskipun jelas bukan saya….

KTM Duke 200 Specifications

Engine: 200 cc, Single-cylinder, liquid-cooled, 4-stroke
Power: 25.51 BHP @ 10000 RPM
Torque: 20 Nm @ 8000 RPM
0 – 100 kmph: 6.5 seconds (est.)
Top Speed: 150 kmph (est.)
Gearbox: 6-speed
Kerb weight: 137 kg
Wheelbase: 1361 mm
Ground Clearance: 170 mm
Fuel Tank capacity: 10.5 litres
Suspension: USD Telescopic forks (front), Adjustable monoshock, alloy swingarm (rear)
Brake: 300 mm (front), 230 mm (rear)
Tires: 110 x 17/17 (front), 150 x 17 (rear)

Next Bajaj Pulsar

Selain KTM duke, BAI ada niatan juga buat make teknologi KTM untuk varian pulsar, seperti yang bisa dilihat di spy shoot – spy shoot yang akhir-akhir ini beredar di dunia maya. Belum ada spesifikasi jelas atau pun tampilan resminya, tapi dari spyshoot tadi jelas terlihat kalo mesinnya pake punya KTM, begitu juga monoshock belakang, tapi tampang generasi Pulsarnya masih jelas…

Yang perlu dipertanyakan, nih mongtor masih bakal make embel-embel DTS-i gak ya?

Kawasaki

Kalo Kawasaki tahun depan sih gak jelas mo ngeluarin apa, tapi yang jelas ER6N, ER6F dan ZX600R dah tinggal dibayar aja, gak lama lagi juga bakal dianter….

Tapi bagi saya nih mongtor gak masuk hitungan, wong harga termurahnya aja 99 juta je, mending tuku mobil…

Oya, kabarnya Kawasaki juga sedang mengembangkan NInja 150 4-tak…. belum jelas kapan tapi kalo pun 2012 pada gak nolak juga tho?

Hyosung

Kabarnya udah lumayan lama, tapi mpe hari ini Hyosung 250R belum dipasarkan juga. Dari prakiraan harga 36 juta, 39 juta bahkan diatas 40 jutaan dah lama keluar, tapi mongtornya kabarnya baru mo rilis di India Maret 2012, so di negeri ini bakal lebih cepet atau malah setelahnya?

Kok harus pake lama segala, bukannya dah ada pabriknya di Semarang?

 
28 Komentar

Ditulis oleh pada 24 November 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Motor-Motor Penggoda Niat…

Dari hasil pemikiran dan pertapaan seperti saya sebutkan disini, disini dan disini, saya telah memutuskan untuk memilih P220, namun begitu TPT saya ajukan pada istri saya, kok langsung ditolak dan disuruh membeli Honda Tiger saja. Maklum, istri saya masih suka dengan kegagahan si macan. Dan niat saya pun kembali mental, karena dalam kondisi si macan sekarang saya tidak akan mau membelinya. Kenapa? telah banyak dibahas segala sisi kekurangannya di banyak blog,,,

Yang jadi masalah saya sekarang adalah, motor mana lagi yang harus saya pilih, wong yang beredar di Indonesia ya sudah saya sebutkan je…Maka saya pun berniat menunda rencana saya beli motor sambil menunggu salah satu dari motor2 dibawah ini dirilis, motor2 yang sebenarnya hanya mimpi untuk membelinya karena prediksi harganya sangat mahal diatas kemampuan saya, tapi dari bebrapa segi yang sudah saya ketahui saja telah membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama…

Langsung saja, motor motor yang membuat saya jatuh cinta hingga menggoda niat ganti motor secepatnya itu adalah

1. All New Tiger

Seperti telah disebutkan di dapurpacu, AHM sedang serius menyiapkan All-New Tiger, yang perubahannya selain pada desainnya juga bakal menyasar mesinnya. Mesinnya bakal memakai basis dari NMP.

So, sebagai orang yang pernah memimpikan memiliki Tiger dan juga karena pengaruh istri, maka pilihan utama jika memang ada segera dirilis ni mongtor ya tentunya si ALL New Tiger ini lah.

Lha kan belum tahu wujud dan spesifikasinya? kalo soal ini tentunya saya percaya dengan AHM, saya yakin AHM tidak akan merusak legenda kegagahan Tiger, apalagi yang akan dijadikan basis adalah NMP yang dimata saya cukup bagus secara desain maupun jeroan mesinnya. Dari GL Pro saja bisa jadi Tiger yang melegenda, apalagi kalo dari NMP akan jadi seperti apa coba?

Kalo soal harga sepertinya motor ini gak akan dijual dengan harga yang jauh dari harga Tiger sekarang….kalo harga sama sepertinya saya akan memilih motor berikut ini dibawah…

2. Suzuki GW250

gambar motor ini sudah sering saya perlihatkan di bebrapa tulisan saya, dan sebenarnya saya tidak terlalu tahu spesifikasinya, yang jelas dia sudah DOHC (baca aja disini) tapi yang jelas dengan motor ini saya sudah jatuh cinta pada pandangan pertama…penampakannya yang dibikin mirip B-King membuat motor berkesan moge, padahal cuma 250cc…

Kalo harga terjangkau, motor ini adalah kemungkinan pertama yang akan saya beli…karena wujudnya yang sudah jelas tak seperti All New Tiger yang baru diawang-awang saya…

3. Yamaha Fazer 250

Kalo motor yang satu ini sebenarnya sudah ada wujudnya di jalanan, tapi bukan di jalanan negeri ini, di jalanan India tentunyah…

Secara penampakan motor ini sangat gagah, tapi wujudnya masih terlihat seperti motor 250cc, tidak seperti GW 250 yang nampak seperti moge…

Soal performa gak usah ditanya deh….yang jelas jauh diatas si Michael, so motor ini akan jadi pilihan kedua untuk dibeli jika harga terjangkau…tapi tetep tergantung timing perilisannya di Indonesia, kalo kelamaan ya bisa fgak 2-2nya nih…

4. KTM Duke 200

Motor ini sudah dibicarakan cukup lama walalupun lebih pada si adik Duke 125, tapi kabarnya yang versi dijual di Asia termasuk Indonesia adalah versi 200 cc yang akan dibawa oleh ATPM Bajaj sebagai salah satu pemegang saham KTM.

Oke, secara tampilan saya sangat suka, soal performa jangan ditanyakan cari saja videonya di youtube tentang si adik Duke 125…

Oya, soal cc mesin kalo yang dipasarkan disini yang 125cc, sudah pasti saya tidak akan beli karena harganya pasti cukup lumayan dan dengan 125cc, mending yang lain sajalah…

Duke 200 pun sepertinya akan dihargai cuup mahal, so gak yakin juga kalo duit bakalan cukup, jadi soal yang ni gak terlalu berharap juga, so motor ini masuk pilihan akhir-akhirlah…

5. Bajaj Pulsar 250

Motor ini belum ada fisiknya, tapi kabarnya bakalan beda dari adik2nya, lebih bagus gitulah…dan dengan melihat harga adik-adiknya sepertinya kalo dirilis di Indonesia harganya paling 25juta, jadi anggaran cukuplah…

Tapi tentunya perlu dilihat juga gimana penampilannya, apa lebih ganteng atau tidak, kalo tidak mah ya gak usah dirilis…

Soal performa gak usah dipermasalahkan, yang diperlukan adalah tampilan dan harganya…

Oya, ada kabar2 kalo ni montor bakal berfairing, kayak gimana ya? sebenarnya gak terlalu mak sreg sama motor berfairing tapi kalo harga dan tampilan oke, ya bisa dibungkuslah…

Udah, motor2 itu saja, karena motor2 yang isunya mo segera rilis ya motor2 itu je… so kangmase tunggu saja keluarnya ntu mongtor2 lah…

siapa cepat, siapa murah, siapa ganteng, siapa oke…Bungkus!

Itu saja!

NB: ganang cuma dehem-dehem….Amiin

 
38 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Mei 2011 in goblog

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Kelas-kelas ATPM: Penguasa, Terjajah, Bertahan, Pendatang Baru

Disini saya cuma pengen mengkelas-kelaskan ATPM motor (gak termasuk ATPM moge), yang sebenarnya sampeyan-sampeyan sudah pada tahu, so langsung saja

1. Kelas penguasa

Kelas penguasa disini maksud saya adalah kelasnya para ATPM yang pernah berada dipuncak mengalahkan ATPM-ATPM lain dalam hal penjualan motor.

Di Indonesia sudah jelas kelas ini hanya diduduki oleh Honda dan Yamaha. Honda hampir selalu menjadi pemenang di negeri ini dalam hal penjualan, sedangkan Yamaha pernah 1 atau 2 kali memanangkan pertarungan ini. Ya meskipun sudah lama tak pernah jadi pemenang lagi, satu atau dua segmen penjualan motor sempatlah yamaha jadi rajanya. Segmen skutik dibebrapa tahun sebelum 2011 dan masih menguasai segmen motor sport hingga sekarang.

2. Kelas terjajah

Kelas ini maksudnya adalah kelasnya ATPM yang penjualannya hampir selalu tergerus oleh kelasnya penguasa. ATPM ini tidak mampu mengikuti perkembangan pasar, pasar naik 20 persen, si ATPM hanya naik 2-3 persen saja, so pangsa pasarnya terus menurun…

Dan kelas ini saat ini dihuni oleh Suzuki, jelas pangsa pasarnya dalam beberapa tahun terakhir terus berkurang, bahkan sudah hampir masuk ke kelas dibawahnya…

Tapi kita lihat saja, bagaimana kiprah si lambang S ini di tahun ini, sepertinya jurus-jurus baru untuk meningkatkan pangsa pasar telah dicoba dari awal tahun. So, lets see…

3. Kelas Bertahan

kelas ini untuk ATPM-ATPM yang telah ada cukup lama (disini saya anggap lebih lama dari 5 tahunan) tetapi pangsa pasarnya hampir tidak pernah meningkat, bahkan cenderung naik turun di porsi yang sangat kecil, dan bahkan beberapa bisa dibilang telah hilang ludes kalah dengan para kompetitornya…

Satu dua ATPM memang mapu bertahan, tentunya karena dia fokus pada market tertentu baik segmen motornya maupun lokasi penjualannya, tapi bagi yang mencoba di marketnya para penguasa, ya wassalam saja lah…

Liat saja kawasaki, viar, kaisar, jialing, jincheng, dayang dan beberapa merk motor China lain yang keadaannya kembang kempis. Viar dan kawasaki memang masih jauh dari kebangkrutan tapisepertinya juga tidak mampu berbuat banyak, yang jelas mereka memang hanya bisa bertahan dengan pasngsa pasar mereka sekarang, sambil mencoba mencicipi sebagian dari pangsa pasar para penguasa ataupun dari yang terjajah…

4. kelas pendatang baru

Ini kelasnya ATPM yang belum 5 tahun disini dan penjualannya masih terus merambat naik…

Ini jelas diduduki oleh Bajaj, TVS dan Minerva. Mereka bertiga sedang maju-majunya saat ini, karena memang untuk 2 pabrikan India ini didukung dengan kualitas dan harga yang lumayan murah , sedangkan Minerva didukung oleh merk Sachs yang terkenal teknologinya di Eropa, so mereka bertiga pun mampu bertahan hingga sekarang dengan kondisi market yang bisa dibilang lumayanlah…

Padahal sebagai pemain baru tentunya banyak aral melintang apalagi jika harus memasuki kelasnya para penguasa… dengan didukung produk yang berkualitas niscaya pangsa pasar mereka bisa mengambil porsi dari kelas terjajah atau malah dari kelasnya para penguasa…

Begitu saja.

NB: jualan kaos oblong hasilnya lebih lumayan daripada jualan motor, gak dipusingin ma aftersales lagi…

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Mei 2011 in goblog

 

Tag: , , , , , , ,

Honda dan Kompetitornya: Honda menguasai semua segmen?

Sudah jelas, selama 40 tahun terakhir, Honda menguasai pasar roda dua di Indonesia. Honda menguasai lebih dari 50% pasar motor di Indonesia setiap tahunnya. Namun, seperti merasa kurang dan kurang terus, Honda merasa perlu untuk mengisi semua segmen perrodaduaan di Indonesia.
Akhir-akhir ini, Honda mengeluarkan beberapa produk baru untuk dipasarkan di Indonesia. Honda ingin agar setiap orang yang ingin membeli motor, dengan spesifikasi apapun yang ingin dibelinya, Honda telah siap dengan produknya. Apalagi, jaringan Honda termasuk yang terluas di negeri ini.
Berikut segmen-segmen roda dua dimana produk Honda berusaha bersaing dengan kompetitornya

1. Bebek 100-115 cc

Produk Honda : Absolute Revo SW, Absolute Revo CW, Revo Fit, Blade, Blade SP

Produk Kompetitor : Yamaha Vega ZR, Yamaha Jupiter Z, Suzuki Titan, Kawasaki Edge, TVS Neo X3i, MAK Vipros

2. Bebek 125-135 cc

Produk Honda : Supra X 125 SW, Supra X 125 CW, Supra X 125 PGM-FI

Produk Kompetitor : Yamaha Jupiter MX (135), Suzuki Axelo, Kawsaki Kaze ZX130, TVS Rockz New

3. Matic 100-125 cc

Produk Honda : Beat SW, Beat CW, Vario CW, Vario Techno, Vario Techno CBS

Produk Kompetitor : Yamaha Mio, Yamaha Mio Sporty, Yamaha Mio Soul, Yamaha Xeon, Suzuki Spin, Suzuki Skywave/Hayate, Suzuki Skydrive, Piaggio ZIP, KymcoTrend/Benson Like

kymco like diambil dari kaskus

4. Bebek Sport

Produk Honda : City Sport 1 (125 cc)

Produk Kompetitor : Suzuki Satria F 150, Kawasaki Athlete

5. Betik

Produk Honda : Revo Techno AT

Produk Kompetitor : Yamaha Lexam

6. Sport dibawah 180 cc

Produk Honda : New Mega Pro SW/CW

Produk Kompetitor : Yamaha Byson, Yamaha V-ixion, Suzuki Thunder 125, Bajaj Pulsar 135, Bajaj XCD 125, TVS Apache RTR 160, TVS Apache RTR 160 DD, Viar VixR 150, Minerva R150VX

viar virx diambil dari https://otomercon.wordpress.com/

7. Sport 180-225 cc

Produk Honda : Tiger Single Hadlight/Double Hadlight

Produk Kompetitor : Yamaha New Scorpio Z, Bajaj Pulsar 180, Bajaj Pulsar 220

8. Sport 250 cc

Produk Honda : CBR 250 R (STD/ABS)

Produk Kompetitor : Kawasaki Ninja 250 R, Minerva Megelli 250 RE/RV

Selain itu, masih ada produk dari Piaggio Group, Kymco-Benson, Kanzen yang sudah jadi motor asli Indonesia, dan MAK yang asli Yogyakarta serta motor-motor China seperti Kaisar, Dayang, Jialing, Jincheng, Viar, dan KTM yang sebagian produknya sudah saya sebutkan.
Dan bahkan keunggulan Honda juga ditunjukkan dengan dua produknya, yaitu Scoopy dan PCX yang belum mempunyai competitor yang mumpuni, kecuali produk Piaggio dan Kymco-Benson. Nasib Kymco pun sepertinya kurang jelas karena sempat merugi dan sempat ditutup, dan sepertinya baru akan mulai lagi sejak ada kemitraan dengan Benson.

No. Segmen/kelas Produk Honda Produk Kompetitor
1. Metik Retro

Produk Honda :Scoopy

Produk Kompetitor : Produk Piaggio

2. Metik Premium

Produk Honda :PCX

Produk Kompetitor : Produk Piaggio dan Kymco-Benson

3. Sport 2 tak 150 cc

Produk Honda : –

Produk Kompetitor : Kawasaki Ninja 150R, Kawasaki Ninja RR

Produk Kompetitor : –

4. Dual Purpose/Off road

Produk Honda : –

Produk Kompetitor : Kawasaki KLX 250 dan 150, Kawasaki D-Tracker 250 dan 150, Kaisar Pearl 200 dan Produk2 Monstrac

dayang bemo, diambil dari mbah gugle

5. Motor Angkut 3 roda

Produk Honda : –

Produk Kompetitor : Kaisar Triseda, Dayang Bemo, Viar Karya 200

6. Naked Bike/Cruiser 250 cc

Produk Honda : –

Produk Kompetitor : Kaisar Ruby

Terdapat beberapa segmen aman yang tidak dimainkan oleh Honda, sehingga diambil merk-merk lain seperti segmen sport 2 tak, dual purpose/off road, motor angkut 3 roda dan cruiser 250 cc. Meskipun saya pribadi mengharapkan adanya motor-motor cruiser 250cc dari ATPM-ATPM besar, misalnya Honda mengeluarkan CBX 250 Twister, Yamaha dengan Fazer 250nya, dan Suzuki dengan GW 250nya.

Itu saja.

NB: ganang masih nungguin dikeluarkannya Fazer 250 atau GW 250, tapi bukan pengen beli, pengen nyobain aja katanya…oya, asyik juga kalo Honda mau ngeluarin motor angkut 3 roda…

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Maret 2011 in goblog, motor, otomotif, Umum

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,