RSS

Arsip Kategori: otomotif

Regulasi Mobil Plat Merah Ga Boleh Pake Premium Sudah Banyak Diakali

Sejak 1 Juni 2012, mobil pemerintahan, BUMN, dan BUMD di Jabodetabek dilarang menggunakan BBM subsidi. Akibatnya Konsumsi premium pun turun 2,4%, dan penjualan pertamax naik 8,4%. (baca disini)

Nah, kok sepertinya mudah banget ya, begitu diperintah maka pejabat pengguna mobil dinas langsung nurut gak pake Premium, apa sebabnya ya?

Kalo yang belum tahu mungkin akan heran kok PNS nurut2 ya? hmmm…sebenarnya PNS pemegang mobil dinas (mobdin) mendapat jatah voucher BBM sejumlah tertentu untuk masing-masing mobdin, misalkan saja untuk satu mobdin dapat 50liter BBM. Disini, ketika ada perintah dari atasan untuk tidak memakai Premium, ada dua hal yang dilakukan oleh Bagian Pengadaan di masing2 instansi.

Pertama, mengurangi jumlah liter yang diberikan untuk masing-masing mobdin, karena toh anggaran untuk pengadaan BBM tidak dinaikkan seiring perintah pelarangan penggunaan Premium. Jadi satu mobdin yang semula mendapat 50 liter BBM jenis Premium akan dikurangi menjadi misalnya 30 liter Pertamax per bulan.

Kedua, mengurangi atau menghilangkan jatah salah satu mobdin untuk diberikan kepada mobdin lain (biasanya mobdin yang dipakai pejabat yang lebih tinggi)

Namun, kenyataannya banyak juga pengguna mobdin yang tetep bandel memakai Premium, karena memang tidak semua pengguna mobdin mendapat jatah BBM bulanan. Biasanya jatah BBM hanya diberikan untuk mobdin yang dipakai eselon 3 ke atas.

Lalu, bagaimana cara menyiasati agar mobdin bisa tetep nenggak Premium

Pertama, ganti plat nomernya menjadi plat hitam. Nah, disini banyak penjaga SPBU tentu tidak bisa membedakan yang mana mobdin plat merah dan yang mana mobil pribadi. Untuk mengetahuinya, ada beberpa cara, salah satunya dengan melihat plat nomornya sendiri. Seperti diketahui bahwa Untuk kendaraan dinas dan operasional pemerintah eselon tinggi seperti menteri dan jajarannya, saat tidak menghadiri acara kenegaraan atau berdinas, maka 3 huruf seri akhir plat akan menggunakan format RF dan huruf pembeda sesuai kategori jabatan. Jika digunakan untuk mengikuti acara kenegaraan atau berdinas makan plat akan diubah menjadi RI-XX. (baca disini)

Jadi misalkan ada mobil yang meskipun warna platnya hitam, tapi nomor platnya B 1234 RFS, maka mobil itu sebenarnya plat merah. Begitu juga dengan nomor RI-12, atau yang lainnya…

Selain itu, yang mungkin masih jarang diketahui adalah pengaturan penomoran mobdin yang lama belum memakai aturan tersebut, namun diserahkan pada masing2 daerah. Sepertti di Jakarta (plat B), tanda mobdin plat merah juga memakai huruf Q, misalnya B 1234 LQ, B 1234 SQN. Yup, penempatan huruf Q ini seperti contoh tersebut, jika ada 3 huruf di belakang angka, maka huruf Q ada ditengah, jika hanya ada 2 huruf di belakang angka, maka huruf Q-nya ada di paling belakang.

Jadi, meskipun nomor polisinya berwarna hitam, namun kalo nomrnya sedemikian, maka sebenarnya mobil dan juga motor tersebut adalah mobdin plat merah yang tidak boleh nenggak pensiun.

Cara kedua, bisa saja bagian Pengadaan BBM tetap membeli Premium dengan mengindahkan perintah atasan, alasannya jika anggarannya tetap dan dipaksa beli Pertamax, maka jatah BBM yang diberikan akan kecil dan tak jarang ada pejabat yang protes dengan keadaan itu, so daripada ada masalah dengan pejabat tersebut ya mending dibeliin premium aja.

Bagaimana dengan penempelan stiker ” Mobil bebas Premium” yang digembor-gemborkan?

Hmmm…sepertinya itu hanya wacana, karena kenyataannya masih banyak banget mobil plat merah yang gak ditempel stiker, apalagi mobdin yang sudah diganti warna platnya jadi item, belum pernah nemuin ditempel stiker itu.

So, …?

Ya kembali ke kesadaran masing-masing aja…

Itu saja dulu.

NB: Banyak pejabat pengguna mobdin (juga motdin) merasa memakai kendaraan yang toh bukan miliknya jadinya ya makainya asal-asalan pun bebas aja, ada anggaran pemeliharaannya ini….

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Juni 2012 in goblog, otomotif, Umum

 

Akhir yg bagus buat VR46 di Le Mans

Runner up….

Karena efek cuaca?

Ato motor dah sesuai keinginan?

Kita liat di race selanjutnya!

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2012 in goblog, otomotif

 

Tag: , ,

GSR750 ABS 2012, sekedar mimpi bagi PNS gendut?

Saya bukan PNS muda berekening gendut yang sering diberitakan akhir-akhir ini. Kalo soal PNS, oke saya PNS. Kalo soal muda, ya kalo 28 mah emang masih muda kan ya?

Trus soal rekening, ya tentu saya punya rekening, wong gaji jelas ditransfer kok. Tapi kalo yang gendut, ya jelas itu adalah perut saya, bukan rekening saya.

mimpi PNS gendut?

Oke, gak usah panjang-panjang yang gak penting. Sebenarnya saya cuma mau bilang kalo saya tuh naksir berta dengan motornya Suzuki, si GSR750, tapi selain emang gak atau belum dijual di mari, toh kalo pun dijual dimari, apalah daya yang saya punya untuk membelinya wong gaji aja sering gak nyisa buat biaya hidup ma ngelunasih utang-utang je…

Jelaslah GSR750 ABS 2012 hanyalah mimpi, so nglirik yang lain deh. Yup, tetep dengan produk Suzuki, kini GW250 telah memikat saya, tapi berbagai kabar yang menyebutkan GW250 bakal di banderol 40jutaan, tentu membuat niat saya kembali ciut. Bagi PNS muda yang gendut seperti saya, duit 40 juta berarti tabungan beberapa tahun, dan rasanya gak ikhlas banget 40 juta hanya untuk sebuah motor, meskipun keinginan ini sudah sangat…

semoga bisa beli, meski tak dalam waktu dekat....

40 juta mah mending beliin mobil-mobil seken, macam Toyota Corolla Twincam tahun-tahun awal, biar bisa ngangkut istri dan anak-anak. Kalo motor mah cuma bisa berdua… Secinta-cintanya saya dengan motor, rasanya saya belum akan beli motor 40jutaan sebelum bisa beli mobil….

Nah, kembali ke GSR750 ABS 2012. mungkin PNS muda berekening gendut bisa beli dengan mudah tu mongtor, tapi bagi PNS muda gendut yang satu ini (saya) rasanya GSR750 ABS 2012 hanyalah mimpi…

mobil tua tapi ternyata masih mahal........

Itu saja!

NB: episode curhat, tapi insyaAllah tetep selalu bersyukur…..

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2012 in cerita, goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Berapa harga Suzuki GW250?

Kepastian meluncurnya Suzuki Inazuma GW 250 tahun depan telah dinyatakan oleh SIS sebagai ATPM Suzuki di negeri ini. Kepastian waktunya pun jelas, semester pertama 2012. Namun, harganya akan selalu menjadi tanda tanya sebelum motor ini jelas-jelas diluncurkan. Berbagai spekulasi bisa saja dibuat, namun keputusan ada di tangan SIS. Spekulasi dilakukan bagi yang mau meminangnya, yang mengamati spesifikasinya, atau juga malah yang meremehkannya.

Dan berikut, spekulasi harga menurut saya:

Sebelum melakukan spekulasi harga, berikut akan saya sampaikan beberapa hal, sebut saja kekurangan yang akan berefek menaikkan harga dan beberapa kelebihan yang akan berpengaruh pada rendahnya harga Suzuki GW250 di mata saya. Hal-hal itulah yang akan mempengaruhi harga GW250 nantinya, apakah akan naik atau turun dari harga psikologis 40juta.

1. Kekurangan

1.1. Nama besar Suzuki dan Thunder 250

Meski di Indonesia hanya menempati posisi ke-3 dalam penjualan motor, namun kiprahnya selama ini membuktikan bahwa motor-motor Suzuki diterima masyarakat. Tak ayal, produk2 Suzuki bukanlah produk kelas dua, namun termasuk produk kualitas terbaik. Kalahnya penjualan hanyalah masalah strategi pemasaran dan keberuntungan semata, bukan terletak pada kekalahan produk. Motor-motor Suzuki dikenal sangat berkualitas, sebut saja FXR, Thunder, dan Shogun sangat dikenal di masayarakat kita.

GW250 bukanlah motor sport tourung 250cc pertama di Indonesia, bakal kehadirannya telah didahului Thunder 250 yang sampai sekarang masih menjadi primadona para hobies. Thunder250 menjadi sport touring yang cukup membuat para bikers (touringers) motor sport terpesona.

1.2.Spesifikasi

2-silinder dengan kemampuan memuntahkan tenaga hingga 26hp, serta torsi 22 Nm tentunya memberi kesan mantab bagi para bikers. motor 250cc dengan mesin 2-silinder di tanah air baru dihuni oleh Kawasaki NInja 250, yang man sangat berbeda peruntukannya, karena Ninja adalah sport berfairing sedang GW adalah sport touring.

Dengan desain sport touring, yang berbeda dengan 2 motor 250cc pendahulunya tentunya akan mempengaruhi para penyuka touring yang belum mampu beli moge. Cukuplah motor 250cc, wong sudah 2-silinder juga…

Dengan spesifikasi yang ada, tentunya belum ada motor sport touring lain (selain moge tentunya) yang bisa ngalahin kegagahannya, bahkan si Legenda Honda Tiger pun tak terlihat sebanding…

1.3. Jumlah produksi

Seperti disebutkan di otomotifnet, Indonesia hanya kebagian 200 hingga 300 unit GW250 per bulannya. Ini tentunya akan berpengaruh pada harga jualnya. JIka SIS hanya akan menjual sedikit, tentunya bakal di hargai mahal, untuk mengejar untung gedhe. Sebaliknya, jika mnegjar untung dari kuantitas penjualan barulah bisa GW250 dijual murah.

1.4.Satu-satunya sport touring 250cc 2-silinder, yang bisa dijadikan flagship Suzuki

Keuntungan first mover ada disini. Sbegai pemain pertama di segmen ioni tentunya memberi keuntungan tersendiri, apalagi Suzuki juga dah pengalaman dengan Thunder 250. Gw250 dapat dijadikan flagship motor kecil bagi Suzuki.

2. Kelebihan

2.1. Basis produksi di China

Semua orang juga tahu, bahwa China adalah asal dari segala barang murah, dcari mulai peniti, mainan anak-anak, pakaian bahkan motor pun yang asalnya China pasti dijual murah. Dengan di produksi di China, tentunya biaya produksi si Baby B-King ini juga bisa ditekan serendah mungkin.

2.2. Suzuki bukan penguasa pasar di Indonesia

Suzuki bukanlah penguasa pasar motor di Indonesia, jadi strategi harganya tentunya akan sangat terpengaruh harga para kompetitornya, khususnya dengan pabrikan yang lebih tinggi market share-nya, Honda dan Yamaha. Yamaha memang tidak punya motor sport 250cc, namun dengan Scorpio 225cc yang dihargai di kisaran harga 23 juta tentunya sedikit banyak juga berpengaruh, meskipun tidak signifikan.

Sedangkan Hoinda mempunyai CBR 250R, yang berada di harga 39,9 dan 46 juta. Meskipun spesifikasi CBR 250R adalah inferior dibanding GW250, namun CBR 250R itu dibawa Honda, sang penguasa pasar. tentunya tak mudah bagi Suzuki merebut konsumen setia HOnda.

2.3. Thunder 250 hanya dihargai sedikit diatas Honda TIger (perbandingan dengan sport touring lain)

Pada saatnya dulu, Thunder 250 dihargai 25 juta, sedangkan saat itu HOnda Tiger yang hanya 200cc dihargai sekitar 20juta, dan itupun penjualan Thunder masih kalah jauh dibanding Tiger, so jika saat ini Tiger masih dihargai 25jutam, tentunya harga GW250 yang 40 juta akan terlihat terlalu mahal.

2.4. Pengalaman susahnya sparepart Thunder 250 (aftersales)

Mungkin karena penjualannya yang hanya sedikit, sparepart Thunder GSX 250 saat ini sangat sulit dicarinya, kalopun ada sangatlah mahal. Hal ini tentu akan berpengaruh pada keinginan beli konsumen terhadap penerusnya, GW 250. Konsumen tentu takut jika GW250 nantinya akan bernasib sama dengan GSX 250. Sparepart susah dicari, mahal pula.

Namun, jika SUzuki serius dengan GW250nya, tentu bisa dilihat pula dengan perkembangan layanan aftersalesnya, bukan hanya masalah sparepart, tapi juga masalah keberadaan bengkel yang masih jauh dari sekitar rumah hingga pemasaran yang belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

2.5. Kasus Satria F 150

Awal kemunculan Satria F adalah dengan import secara CBU, kemudian di CKD-kan, dan sekarang sudah diproduksi dalam negeri.

Hal ini bisa saja terjadi pada kasus GW250 ke depan. JIka motor ini laris manis dan permintaan terus meningkat, maka produksi dalam negeri bukanlah kemustahilan. Yang penting disini adalah jika memang ada niat itu tentunya harga GW250 tidak akan mahal. Jika kualitas terbukti tentu harga akan mengikuti seiring waktu. Layaknya kasus Satria F yang semula harganya di kisaran bebek macam Jupiter MX sekarang sudah naik kelas mendekati harga motor sport macam NMP dan Byson.

2.6. Niat Suzuki menaikkan target penjualan total.

Suzuki berniat menaikkan target penjualannya, yang semula 530ribu di 2011, tahun 2012 ditargetkan bisa menjual 700ribu, so penjualannya harus didukung dari semua lini produk, diantaranya dari GW250 ini harus juga terjual dalam jumalh yang banyak, tidak sekdar menjadi flagship semata.

Berdasarkan beberapa faktor diatas, saya pikir harganya tidak akan menyentuh akan 40juta.

Sementara itu saja.

NB: berapapun harganya, saya tetep naksir motor ini, tapi kalo kemahalan ya bakalan gak mampu beli lah.

 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , ,

Pembodohan Otomotif ala Bajaj?

Bicara soal Bajaj Pulsar 220, saya jadi inget saat pertamanya dilauncing di negeri ini. ” Buat yang suka kencang” begitu tagline motor kasta tertinggi Bajaj.

Pertama mendengarnya, sebenarnya gak kepikiran apa-apa. Cuma ngerasa gak enak di denger aja. ATPM kok ngajarin ngebut, padahal jelas Bajaj belum ikutan balapan di sirkuit. Jadi, tagline itu rasa-rasanya membuat saya merasa Bajaj mengajak konsumen pembeli P220 buat ngebut di jalanan. Bagi saya yang gak beli P220 sih gak terlalu masalah, paling was-was aja kalo ketemu P220, takut pengendaranya negbut di jalanan sempit trus nyenggol saya.

Selama ini saya punya pandangan baik buat para pengendara Pulsar, kecuali setelah ada insiden beberapa waktu lalu (baca disini).

Namun, setelah membaca berita dari detik oto disini, saya jadi ragu dengan niat baik Bajaj masuk Indonesia.

dalam berita di detik oto itu disebutkan bahwa

“Kami belum akan menggunakan sistem injeksi,” ujar Vice President Director, Dinesh Kulkarni, di Jakarta, Kamis (8/12/2011).Dinesh pun mencoba menjelaskan apa yang menjadi alasan produk Bajaj tidak akan menggunakan sistem injeksi di varian mereka. “Tidak menggunakan injeksi pun mesin kami irit dan masih mampu mengeluarkan tenaga besar,” tambahnya (Detik oto).

Nah lho, apa ATPM lain make mesin injeksi tu sekedar buat ngirit aja? Bukan sekedar itu coy…. Injeksi salah satu alasannya buat menyongsong aturan Pemerintah tentang standar emisi Euro 3 tahun 2013. Lah ini malah njawabnya tentang irit. Iritnya motor berinjeksi itu adalah side effect aja coy… Tujuan make injeksi tu biar pencermaran udara gak makin parah, biar manusianya bisa bernafas dengan lebih banyak menghirup Oksigen, bukan biar motor irit dan tenaga gedhe.

Naiknya tenaga karena make mesin injeksi tu ya sama aja kayak iritnya, keduanya sekedar efek samping yang baik aja. Tujuan utamanya ya biar langit negeri ini makin bersih.

Dua hal di atas membuat saya berfikir kembali tentang komitmen Bajaj di Indonesia, sekedar urusan bisnis atau ada kepedulian dengan negeri ini. Dan ternyata jelas hanyalah masalah bisnis semata. Dan saya menyebutnya sebagai pembodohan otomotif ala Bajaj. Jika kata “pembodohan otomotif tidaklah benar, maka mungkin ada yang menyarankan saya menggunakan kata lain? Karena saya sejujurnya tidak terlalu tahu pasti apa maksud “pembodohan otomotif”

Oya, jika memang produk Bajaj sudah memenuhi standar Euro 3, kenapa tidak bilang kalo mereka tidak memakai mesin injeksi karena produknya sudah lolos standar emisi?

Atau

Kalo memang Bajaj merasa tidak perlu memakai mesin injeksi untuk lolos Euro 3, kenapa juga gak bilang kalo Bajaj gak perlu make mesin injeksi karena ada tambahan alat yang bisa bikin produk Bajaj lolos Euro 3?

Lha

Kok malah bilang gak mau make mesin injeksi karena motor Bajaj sudah irit dan tenaga gedhe?

Hmmmmm….

Itu saja!

NB: ide diambil dari tulisan ini.

 
39 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Desember 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , ,

Kangen kemacetan Jakarta

Tulisan ini seharusnya ditulis beberapa saat setelah Lebaran kemarin, namun karena kesibukan di kantor baru berhasil ditrulis sekarang.

Alkisah sebagai orang kampung yang terpaksa hidup di ibukota, maka setiap menjelang lebaran pun pulang kampung. Yup, lebaran kemarin saya mudik ke rumah orangtua selama seminggu dan seminggu kemudian ke rumah mertua. Dua minggu di daerah, dengan jalanan yang masih lancar bin lengang karena memang penduduknya belum seberapa jika dibanding Jakarta, nyatanya begitu terasa menyenangkan….

Ketika harus balik ke ibukita karena jatah cuti dah habis, rasanya kok males banget, tapi begitu nyampe rumah di pinggiran ibukota rasanya nyaman juga, mungkin karena udah rumah atas nama istri jadi dah ngerasa rumah sendiri…

Begitu harus masuk ke kantor rasanya bersemangat, dan bahkan ketika saya harus merasakan kemacetan Jakarta, saya merasa senang, kangen dengan adegan-adegan aneh di jalan raya di antara mobil-motor yang macet di jalanan. Ada aroma menyenangkan melihat segala sesuatu itu… Mandegnya motor di belakang metromini, selap-selipnya pengendara matic alay, saling srobot jalan sempit, pokoknya segala hal dalam kemacetan membuat kesenangan tersendiri di hati saya… Sepertinya ada sisi lain diri saya yang sangat menikmatinya…

Namun, itu semua hanya saya rasakan ketika saya baru beberapa hari di Jakarta setelah 2 minggu mudik ke kampung. Saat ini, saya sudah merasa muak lagi dengan kemacetan yang ada ketika berangkat dan pulang kantor. Sering saya terpaksa masuk gang-gang kecil mencari jalur alternatif hanya untuk menghindari srobot sana -srobot sini di antara mobil-mobil.

Istri yang sedang hamil besar sebenarnya gak merasa nyaman ketika membonceng ke kantor jika harus lewat jalan dan gang-gang kecil karena disitu biasanya banyak polisi kurang kerjaan yang rebahan di tengah jalan. Terpaksa jalan motor harus pelan-pelan, sehingga waktu tempuh pun makin panjang….

Yang tidak habis pikir adalah bagaimana bisa dulu ketika selesai cuti kok bisa-bisanya saya merasa kangen dan senang dengan kemacetan, apa yang salah dengan diri saya?

Itu saja.

NB: ganang udah gak merasa heran lha wong katanya kesukaan saya dengan serial killer aja itu udah aneh je…

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2011 in goblog, otomotif

 

Tag: , ,

Motor-motor sport yang ditunggu di 2012!

Tahun 2012 adalah tahunnya perang motor sport di Indonesia. Kenapa? liat saja sendiri

Honda

Seperti yang sudah saya sebutkan bahwa Honda tahun depan rencananya akan mengeluarkan 3 varian motor sport baru, apa saja? bisa dilihat disini.

Yamaha

Sepertinya Yamaha masih bangga dengan ketiga motor sportnya yang saat ini menguasai pasar. Byson, Scorpio dan V-ixion belum terkalahkan, sampai-sampai harapan konsumen untuk lahirnya R15 pun ditolak ma YMKI. Kenapa coba? nanti bisa dibahas sendiri lah kalo sempet.

istri suka Byson biru....

Intinya, belum ada rencana apa-apa dari Yamaha terkait motor sport baru untuk tahun depan. Jadi, bagi para FBY ya puas-puas dululah dengan 3 pilihan motor sportnya.

Suzuki

Yup, Suzuki sudah jelas akan menelurkan si Baby B-King, Gw 250 alias Inazuma pada semester pertama 2012. Motor ini akan diimpor secara CBU dari China. Kabar terakhir menyebutkan kalo motor ini bakal dibanderol di kisaran 40 jutaan… Lah mahalnya….. kayaknya gak mampu beli nih, padahal dah pengeeen sangat!

Nungguin ni mongtor rasanya lama, gara-gara terlalu pengen, tapi eh…harganya gak nguatin… Meskipun rasa-rasanya harga pasnya ya segitu tapi kalo mikirin isi kantong kok rasanya gak bakal kebeli ya…..

Nasib…nasib….

Oke, kembali ke Suzuki, apa dengan motor ini saja sudah akan cukup menggaet pembeli yang banyak? hmmmm….kalo ini sih sepertinya bakal sangat tergantung harga… Apalagi Suzuki cuma punya 1 produk motor sport saat ini, hanya si Thunder 125 yang dijual di kisaran 15 jutaan, so kalo GW 250 dibanderol 40 jutaan ya bakal jauh banget lah….

So, Suzuki harus juga ngeluarin produk lain, khusunya di kelas 150cc, biar makin seru…. ya gak harus 2012, 2013 juga gak masalah lah….

Spesifikasi Suzuki GW250

Panjang: 2.145 mm
Lebar: 760 mm
Tinggi: 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.430 mm
Jarak terendah ke Tanah: 165 mm
Berat kosong: 173 kg

Mesin: 2 silinder SOHC
Diameter x Langkah: 53,5 mm x 55,2 mm
Kapasitas silinder: 248 cc
Kompresi: 11,5:1
Sistem Bahan Bakar: Injeksi
Tenaga maksimum: 18 kW @ 8.500 rpm
Torsi maksimum: 22 Nm @ 6.500 rpm

Kapasitas tanki: 14 L
Diameter disk brake depan: 290 mm
Diameter disk brake belakang: 240 mm
Ban depan: 110/80-17M/C 57H
Ban belakang: 140/70-17M/C 66H

Minerva

Seperti sudah di tulis tmcblog, bahwa Minerva juga sudah menyiapkan nakedbike 150cc baru dengan sasis teralis dan mesin si R150VX, dan katanya bakal dibanderol di bawah 15 jutaan…nih mongtor juga bisa jadi pilihan buat para penggemar motor sport murah meriah….

Selain harga murah dan desain yang lebih “nggaya” saya sih kurang tertarik, tapi ya selera tiap orang kan beda, jadi ya silakan saja… Nih mongtor bisa jadi pilihan bagi yang nyari motor sport tahun depan, karena kabarnya bakal dirilis awal 2012 juga….so tunggu aja

Bajaj-KTM

Telah lama ditunggu si KTM Duke untuk lahir di negeri ini, akhirnya ada kepastian bakal diluncurkan di Indonesia di 2012, meski masih berseliweran kabar apakah bakal 200cc atau 150cc atau malah 250cc….

Tapi jika melihat speknya yang bilang bahwa Duke 200 tenaganya mpe 25,52 bhp dan torsinya 20Nm ya rasa-rasanya cukuplah kalo yang dibawa di marih yang 200cc ajah, lagipula biar harganya gak mahal-mahal juga…

gambarnya duke 125 sajalah

gambarnya duke 125 sajalah

Sebagai perbandingan, NMP di India dijual 12jutaan tapi disini 19jutaan. Nah kalo kabarnya Duke 200 di India bakal dijual 27 jutaan kan di marih bisa dijual di kisaran 35-40 jutaan…. masih banyak lah yang mau beli, meskipun jelas bukan saya….

KTM Duke 200 Specifications

Engine: 200 cc, Single-cylinder, liquid-cooled, 4-stroke
Power: 25.51 BHP @ 10000 RPM
Torque: 20 Nm @ 8000 RPM
0 – 100 kmph: 6.5 seconds (est.)
Top Speed: 150 kmph (est.)
Gearbox: 6-speed
Kerb weight: 137 kg
Wheelbase: 1361 mm
Ground Clearance: 170 mm
Fuel Tank capacity: 10.5 litres
Suspension: USD Telescopic forks (front), Adjustable monoshock, alloy swingarm (rear)
Brake: 300 mm (front), 230 mm (rear)
Tires: 110 x 17/17 (front), 150 x 17 (rear)

Next Bajaj Pulsar

Selain KTM duke, BAI ada niatan juga buat make teknologi KTM untuk varian pulsar, seperti yang bisa dilihat di spy shoot – spy shoot yang akhir-akhir ini beredar di dunia maya. Belum ada spesifikasi jelas atau pun tampilan resminya, tapi dari spyshoot tadi jelas terlihat kalo mesinnya pake punya KTM, begitu juga monoshock belakang, tapi tampang generasi Pulsarnya masih jelas…

Yang perlu dipertanyakan, nih mongtor masih bakal make embel-embel DTS-i gak ya?

Kawasaki

Kalo Kawasaki tahun depan sih gak jelas mo ngeluarin apa, tapi yang jelas ER6N, ER6F dan ZX600R dah tinggal dibayar aja, gak lama lagi juga bakal dianter….

Tapi bagi saya nih mongtor gak masuk hitungan, wong harga termurahnya aja 99 juta je, mending tuku mobil…

Oya, kabarnya Kawasaki juga sedang mengembangkan NInja 150 4-tak…. belum jelas kapan tapi kalo pun 2012 pada gak nolak juga tho?

Hyosung

Kabarnya udah lumayan lama, tapi mpe hari ini Hyosung 250R belum dipasarkan juga. Dari prakiraan harga 36 juta, 39 juta bahkan diatas 40 jutaan dah lama keluar, tapi mongtornya kabarnya baru mo rilis di India Maret 2012, so di negeri ini bakal lebih cepet atau malah setelahnya?

Kok harus pake lama segala, bukannya dah ada pabriknya di Semarang?

 
28 Komentar

Ditulis oleh pada 24 November 2011 in goblog, motor, otomotif

 

Tag: , , , , , , , , , , ,