2 minggu yang lalu, saya ke bengkel karena tengki bensin Michael kembali bocor untuk yang kedua kalinya. Karena haru sabtu gak dipake kemana-mana, maka hari Minggu sore baru nyadar kalo ntu tengki motor bocor. Maka saya pun bergegas ke bengkel langganan untuk nambalin ntu tengki, yang langsung ditangani ntu pemilik bengkel.
Ketika sedang nguras tengki, datenglah sebuah motor Yamaha New Jupiter Z, yang ketika pemiliknya bilang cuma mo servis saja, si pemilik bengkel langsung nyuruh anak buahnya terus ngerutu ke saya. Dia bilang motor Yamaha sekarang nyusahin bengkel. Mo nyervis alias bersihin karburator aja kudu buka body motor seluruhnya, dari tebeng depan mpe body belakang, semuanya. Gak praktis babar blas.
Motor Yamaha yang dimaksud ya Jupiter Z dan satu lagi, kalo gak salah sih ntu pemilik bengkel nyebut juga Vega ZR. Dua-duanya harus bongkar body seluruhnya buat ngambil karburator…
Saya pun mencoba membuktikan, ketika si mekanik anak buah membuka ntu body mongtor hingga lepas semuanya, saya liatin ternyata butuh waktu hingga 12menit, memang sih ntu mekanik juga keliatan ogah2an, males gitu, sudah tahu bakal susah barangkali mangkanya waktunya cukup lama. Saya liatin, kok semua part body serba gak praktis, banyak sekali potongan body yang menempel di body ntu Jupie Z…
Hmmmm….ngeliat saya ngeliatin ntu mekanik buka body Jupie, si pemilik yang dah mulai nambal tengki si Michael ngomong kalo motor barunya Honda gak gitu, meski tampilannya baru, potongan2 body motornya masih praktis, buka salah satu body depan aja udah pada bisa diambil ntu karburator…dan yang dimaksud adalah si Absolute Revo karena ntu pemilik bengkel nunjuk motor yang sedang leawat.
Hmmmmm…sepertinya Yamaha harus juga mempertimbangkan kemudahan bengkel untuk menservis ntu mongtor produksinya, bukan cuma asal bikin model bagus aja. Kayak Honda dong, mpe rangka NMP aja dicoak buat mudahin bengkel menservis je….
Itu saja,
NB: hasil tambalan tenki si Michael jelek, kayak tambal panci doang, gak rata ba bar blas….
AX125
31 Mei 2011 at 11:29
ribet ya kalo gitu…..
tapi kalo ane jadi mekanik pasti minta ongkos servisnya lebih mahal dari motor yang lain biar adil.
gugun d'farel (@1069gugun)
25 Maret 2015 at 10:18
klo kamu yang jadi mekaniknya psti ongkos pengerjaanya aku kasih banyak deh
Sansiro
31 Mei 2011 at 11:49
mang bengKel jalanan skrng mah mekanikny pada males”…klo lgi ngerjain apa” kya ogah”an.. ..klo mo service mnding d BERES dah..
kangmase
31 Mei 2011 at 13:01
lha, apalagi beres… wong beres deket rumah isinya anak2 SMK baru 1-2 tahun lulus je, tanpa mekanik senior lagi… besok deh ditulis pengalaman buruk di beres…
Amama Ali
31 Mei 2011 at 21:00
betul, beres kebanyakan cuma anak magang, suka ngawur
asmarantaka
31 Mei 2011 at 13:21
kan biar designya puturistik..xixiixix
yah emng gitu sih..semakin tmbah modern..semakin susah..tapi yg namanya rejeki kudu di terima..salah tuh si mekanik..mending dibongkar dengan semangat..baru biaya servisnya dijadiin 2x lipat…kan susahnya 2x lipat
Takumi ©2011
31 Mei 2011 at 13:45
desain body udah beda,bongkarnya juga beda.
biasanya yang lebih kerén yg susah di buka.
xixixi
piss
agoey
31 Mei 2011 at 13:47
ganti baru aja bro….. motornya..
smartf41z
31 Mei 2011 at 13:57
Tangki ditambal bikin ulah lagi sekitar tambalan itu. Buruan ganti dah. sport honda yang baru kok penyakitnya sama ya. Tiger ane thn 2004 sampe sekarang ga bocor tuh
Basho
31 Mei 2011 at 16:12
Betul masbro, Tiger adik saya setelah 4 tahun akhirnya kena juga tangki bocor. Ditambal percuma. Mending ganti tangki baru
Basho
31 Mei 2011 at 16:02
Betul masbro. Saya juga ngalamin. Kebetulan saya pake Vega ZR. Waktu pertama kali bawa ke bengkel biasa (setelah sebelumnya selalu servis di beres), saya kena biaya servis 30ribu. Saya protes. Lha wong biasanya di beres cuma kena 25ribu kok. Ternyata alasannya sama seperti kata masbro di atas. Cuma yang saya bingung, kok kalo servis di beres ngga sampe kaya gitu, cuma body depan aja yg dibuka. Tapi emang kalo ngomongin kualitas servis, lebih bagus di bengkel biasa. Makanya biarpun biaya servisnya lebih mahal, saya lebih suka ke bengkel biasa. Kalo di beres, servisnya payah banget…..
ipanase
31 Mei 2011 at 16:24
motor bebek koq tankinya bocor,,aneh,,,ikut2an motor batangan aja bang,,,………….DULU yang bikin ogah2an bengkel buat servis JUpiter MX,,sekarang kok jupiter Z???
kangmase
31 Mei 2011 at 16:28
apa saya yang salah tulis atau sampeyan mbacanya gak kumplit? si Michael yang bocor (megapro), pas nambalin liat Jupie Z lagi diservis…..
umarabuihsan
31 Mei 2011 at 21:24
Weh br tau nih, nice inpoh
dolanclinick
31 Mei 2011 at 21:25
pengalaman ku, pas nyervis MX, wah ribet . . .
dolanclinick
31 Mei 2011 at 21:27
NB : rata rata tek servis sendiri
tigereng69
31 Mei 2011 at 21:53
Makanya pilih aja honda,biar gak repot…………………….
mik
31 Mei 2011 at 22:34
korban tangki tiger bocor…umur baru 3 tahunan.skr udah ganti tapi tangki penyok gara2 distandar samping tanah amblas jatuh.mkin lain kali bawa papan untuk alas kali ya.
hoi ahm bisa ga bikin tangki yang ga bocor… kualitas aja diburukin harga dimahalin.tapi dah kadung sayang ma tigerku ya gimana lagi….(dongkol)
pendekar cbr
1 Juni 2011 at 06:22
tambal tengki biar g bocor lagi pake tambal panci trus dilapisi ditambah tambal campur yg item itu gan,,,dijamin amannnnnnnnnn
Virus
1 Juni 2011 at 08:05
klo ane berpendapat beda (brdasar studi kasus body motor honda vs body motor yamaha)…
itu jupiter Z memang ribet buka nya, tpi satu kesatuan saling menguatkan…di motor om ane (dlu sering ane pinjam) bahkan ampe skrg gak geter-geter…nah beda ama body honda simple buka nya tpi geter-geter ny buat risih…jd masing-masing ad kekurangan dan kelebihan nya…mnurut ane loh ya…
yudibatang
1 Juni 2011 at 08:23
pto tambalan pancinya nggak ditongolin?
dnugros
1 Juni 2011 at 08:52
Itu mekanik belum nyoba servis Jupi MX, kalo sudah dijamin puyeng, lha wong banyak baut diseluruh body nya
Mercon C FireBlade Rider Stabilizer Nasi Kotak
1 Juni 2011 at 09:11
apalagi jupi mx, motor sejuta baut
AX125
1 Juni 2011 at 12:47
resiko pekerjaan mekanik….
kalo males-malesan mendingan tidur aja ga usah kerja.
AAA
1 Juni 2011 at 14:16
yg paling banyak baut yaa MX lama… New MX dah mendingan
joetrizilo
1 Juni 2011 at 21:26
untung semua bautnya gak model L semua kayak Jupi MX…. tambah repot gitu…..
gogo
1 Juni 2011 at 21:58
ternyata ribet to jupiter baru.. emang baru kadang gak musti enak..
newblogger
2 Juni 2011 at 01:26
numpang liwaattt kangmas…
tvs tormax 70 jam nonstop uji ketahanan di sirkuit sentul
riki
4 Juni 2011 at 18:58
Bukanya bagus susah dibuka? kan kalo ada maling mau nyolong jeroan motor jadi kerepotan…..
ferrarista
5 Juni 2011 at 12:15
Yang cihui mah bodynya new smash, ngebongkarnya gampang tapi gak geder2
seven
4 Oktober 2011 at 00:51
wakakakakkkkk…. commmenn2 nya cukup menghibur….. yang pasti kalo bocor di tambal n kalo ribet kudu sabar……… karna qta suka kan satu jenis/merk motor bukan cuma karna tangkinya ato ribet ga servisnya, tapi mungkin juga cinta pada pandangan pertama, so terima aja apa adanya, dan cintailah mereka seperti kekasihmu, kalo bisa tambal sendiri ato servis sendiri harus pake jurus kasih sayang, supaya tidak dongkol ato tidak steresssss…… btw NMP tu kalo di geber mentok2 ampe brp bro…. pny q std : 120 km/j suda poolll.
abdullah
8 Januari 2012 at 06:09
Betul gan, saya yang suka nyerpis sendiri motor New Jupiter anak saya juga merasakan itu. La kalo untuk ganti busi dan nyerpis karburator saja mesti bukain semua tebeng body ya memang repot. Saya perlu setengah hari untuk bongkar dan pasangnya. Ladalah tobil..tobil..ribet banget, tapi apa daya anak saya sdh kadung jatuh cinta ama motor itu.
rere_blackmore
8 Mei 2012 at 19:57
xixixixixi….. dipretelian aja bodinya (modif drag) mas2 bro biar ga rempong servisnya…
Fernando Sihotang
25 November 2012 at 18:49
y udahhh klu mnurut aku kereta yyyyy ganti sidiai y ajjjjjjj
wongdermayu
1 November 2014 at 07:40
Ah…
tkang bngkelnya aja kgk nsa kang,sya pke jupiter z wrna biru klo servis cma tebeng dpan doang yg di lepas,mlah prnah servis kgk di bongkar sm skali lngsung ambil krbunya…
hafiz rapz
29 Agustus 2021 at 21:36
new jupiter vega zr mx ahhhh ribettt….
tapsuri
17 Januari 2016 at 11:10
Hahahahaaaaa…..yg sabar baelah…..namanya jg barang serba baru /model baru…makanya d buat lebih unik Ms’e… 🙂
jak r
30 Maret 2017 at 05:45
motorku semua aku perbaikin sendiri dari metik ampe bergigi.. kalo bawa ke bengkel males .. bengkel sering lupa isi oli mesin . baut baut pada ilang .. lain yg rusak lain yg di ganti.. bongkar karbu NJZ new aja kudu bongkar semua body . aku bongkar sbagian aja udah bisa lepas karbu… huh itu bengkel gadungan namanya..
andre
30 Maret 2017 at 05:51
yg ri bet tuh bongkar karbu satria 2tak tuh
Najib
1 Mei 2019 at 22:51
Emang nyusahin tuh jupe robot.
Gawe ribet tok, kalo mo service karburator.
Ora praktis jupe robot