RSS

Bukan Honda vs Yamaha, tapi Pabrikan Jepang vs Non-Jepang

01 Mei

Setelah membaca tulisan ini, saya jadi berfikir jangan2 Honda dan Yamaha tak benar2 bertarung dalam penguasaan pangsa pasar sepeda motor di dunia, termasuk di Indonesia.

Mungkin dulu mereka memang gontok2an tapi seiring majunya industri sepedamotor dari negara lain, sekarang mereka hanya sekedar memperlihatkan pada konsumen bahwa mereka tetap bersaing, padahal bisa saja mereka memang saling bagi keuntungan.

Oke, selain absennya CBR150/CBR125 disetiap negara yang sudah ada R15 atau sebaliknya, berikut beberapa alasan lainnya :

  • Kawasaki bekerjasama dengan Bajaj, so meskipun Kawasaki pabrikan Jepang produknya NInja CBR250 harus dicounter oleh CBR250, dan Yamaha tidak mau ikutan nyemplung karena sudah bagi2 kelas. Untuk kelas 250cc fairing diambil Honda, yang naked bike bakal diambil Yamaha.
  • Persaingan Honda Yamaha di Indonesia harus terlihat semakin keras, maka NMP dan Byson dikeluarkan hampir bersamaan biar pangsa pasar yang akan ke Bajaj dan TVS.
  • Sebelum KTM Duke diluncurkan harus ada produk Honda yang diluncurkan dikelas yang sama, di Eropa dengan 125cc, kalo di Asia tugas Yamaha so bisa diprediksikan bentar lagi (akhir tahun) bakal ada produk Yamaha dikelas 200-250cc naked bike.
  • Segmen bebek di Indonesia masih menjadi tulang nadi Honda, tapi segmen skutik telah pindah dari Yamaha ke Honda, ini hanya strategi mengecoh kompetiror saja, nanti kalo penjualan dari pabrikan non jepang naik, maka bisa jadi segmen skutik dibalikin ke Yamaha…
  • Honda dan Yamaha berusaha mengeluarkan produk sebanyak mungkin agar pabrikan lain tidak dapat masuk dan mengembangkan pasar karena konsumen sudah disuguhi banyak model motor dari kedua pabrikan
  • Di sektor penjualan Honda memang tiada tanding tapi agar nama Yamaha tidak hilang maka di ajang balapan paling berkelas didunia, MotoGP Yamaha didukung untuk menang.
  • Honda Scoopy yang gak adalawan dari Yamaha, kalo emang gontok2an mbok ya Yamaha ngeluarin Fino, ya tho? Begitu juga V-ixion, belum ada lawan tho? Trus PCX?
  • Di tingkat 3S, dimana ada jaringan 3S dari pabrikan non Jepang maka disitu banyak sekali jaringan 3S dari Honda dan Yamaha, dan di jaringan tersebut akan lebih mudah mendapatkan produk kedua pabrikan. Jadi yang pengen beli Byson, cari aja yang dealer Yamahanya dekat dekngan dealer Pulsar atau TVS.
  • dsb./.bisa sampeyan tambahkan sendiri

Oke, pada dasarnya ini hanyalah analisa saya saja. Betul tidaknya ya sampeyan bisa memutuskan sendiri. Itu saja.

NB: pantes saja indent byson ganang lama banget wong dikiri kanan gak ada dealer lain selain Yamaha dan Honda je…. Lha iya wong ngindennya di kampung yang kiri kanan dealer saja masih sawah, batin saya!

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Mei 2011 in motor, otomotif, Umum

 

Tag: , , , , , , , , ,

17 responses to “Bukan Honda vs Yamaha, tapi Pabrikan Jepang vs Non-Jepang

  1. Virus

    1 Mei 2011 at 05:28

    ane rasa bener om, bahkan di artikel vanz21 di temukan fakta dimana ad R15 beredar di situ gak ad CBR150 bgitu juga sebalik ny…jd sbnrny lebih kepada tingkat bgaimana pabrikan jepang menguasai pasar kendaraan roda 2 khusus nya di seluruh dunia…

     
    • kangmase

      1 Mei 2011 at 07:02

      nah lho…emang itu yang mo saya sampekan disinih…

       
  2. vanz21fashion

    1 Mei 2011 at 07:45

    hmmm.. entahlah, tapi keliatannya kalo untuk pasar domestik, Honda dan Yamaha benar2 berkompetisi, kalo untuk pasar global entahlah. Karena pada dasarnya setiap negara kan punya dealership atau ATPM masing2, setiap negara punya iklim kompetisi yg berbeda2 dan cbr & r15 hanyalah sedikit dari kompetisi itu sendiri. siapa tau di negara lain persaingan cbr dan r15 bukanlah hal yg booming, so segment light sport bike MUNGKIN istilahnya ga perlu ditanggapi terlalu serius satu sama lain. mengingat di negara2 macem thai sekarang lg lebih mengarah ke skuter, negara amerika latin sendiri moge udah ada yg diproduksi di dalam negeri..

    yg perlu diingat juga di negara amerika latin untuk pasar motor kecil (di bawah 300cc) kaliatannya naked bike dan dirt bike lebih booming mengingat produk dirt bike-nya cukup banyak..

     
  3. Invincible Tetik

    1 Mei 2011 at 20:20

    hemmmm gak mudeng….
    salam ja untuk yang punya rumah >_<

     
    • kangmase

      1 Mei 2011 at 20:44

      sama, saya sendiri yang nulis pas baca lagi aja juga bingung maksudnya apaan kok mbulet2, hehehe…

      *sorry, ya gini kalo nulisnya ndadak…

       
  4. Goyip

    1 Mei 2011 at 22:58

    Yang jelas setiap tahun(annual report) dijepang dilihat dari negara dan regionalnya…dan itu gabungan dari semua sektor termasuk total dari otomotif…jadi pas rapat laporan pemasukan ya hasil dari honda,yamaha,suzuki,kawakk,dll dah jadi 1

     
  5. riri

    2 Mei 2011 at 10:02

    oooh… gitu ya Mas…. baru tahu aku …..

     
  6. warwer

    2 Mei 2011 at 10:42

    po iyo??

     
  7. Ra Mutu

    2 Mei 2011 at 12:24

    yang nulis sok tau

     
  8. Cicakmerah

    3 Mei 2011 at 00:23

    masalahnya ni yg bersaing ya AHM n YMKI.. bukan honda n yamaha global.. ane ga tau klo YMKI, tapi klo AHM, kan astra. yg jualannya ga cm motor doang, tapi mobil jg… malah di sektor mobil, ga cm gaet produk jepang, peugeot contohnya…

     
  9. Ndeso Kluthuk

    3 Mei 2011 at 11:10

    ya bs aja terjadi gitu…. kt cmn jadi ajang persaingan semu mereka orang asing….. tp gak kerasa….. soalnya mau menang yamaha or honda, tetep aja profit terbesar ya ngalir ke negeri sakura jg to….. bnr2 ueeedaaan penjajahan ekonomi skrg ini….

     
  10. cah nglegok

    4 Mei 2011 at 16:04

    mudeng seeh…lah Suzuki melu sopo?……ha ha

     
  11. gogo

    12 Juni 2011 at 12:11

    tidak ada terawangan, bisa iy bisa engga. nmnya dunia bisnis apapun bisa terjadi. besok kawan skrg musuh… yg penting konsumen Indonesia gak dirugikan..

     
  12. vegadeth

    23 Juni 2011 at 06:47

    yg gontok gontokan justru FBH dan FBY yg sama sama lebay.

     
  13. Luckman R

    18 November 2011 at 10:35

    🙂 cara pandang yang unik🙂 bagus2..

    dimana antar dealer saling berlawanan

     
  14. motorninja250.com

    16 Februari 2016 at 01:02

    wohh ngono to ceritanee..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: