RSS

Sejarah Permotoran: Dari RX Special, Tornado, A100X, Jincheng City hingga Vespa

02 Mei

Oke, sejarah permotoran yang akan saya tulis ini adalah sekedar sejarah permotoran saya saja, mulai dari pertama kali belajar naik motor hingga sekarang…

1. Yamaha RX Special

Sebenarnya saya gak yakin dulu motor in yang pertama kali saya pakai untuk belajar naik motor pas SMP kelas 2, yang saya inget hanya motornya Yamaha, trus ada tulisan Specialnya. Itu saja. Setelah saya googling kok kayaknya adanya cuma RX Special ini, so saya simpulkan demikian.

Intinya, pertama, pas kelas 2 SMP saya baru belajar motor, beda dengan anak2 sekarang SD juga sudah bisa naik motor. Kedua, saya belajar langsung pakai motor laki, gara2nya ya disuruh latihan ma bapak sekalian ngajarin kakak(perempuan) trus punya motornya ya cuma itu, ya belajarnya pake motor itu.

Ketiga, karna gak ngerti gimana makenya, setelah lepas kopling saya langsung tancap gas, trus begitu ngerasa kok kenceng banget ya, baru deh direm. Rem depan, rem belakang dan kopling dipegang sekuat tenaga wong mau nabrak tembok pager orang je… anehnya yang dateng buat nolong bukan bapak, tapi sepupu saya…

Sejak saat itu saya tidak boleh naik mmotor lagi sama Ibu…hingga motor ini dijual, dan bapak ganti motor Suzuki A100X

2. Suzuki Tornado GS 110

Motor ini dibeli pas saya SMA kelas 2 dibeliin buat kaka saya yang mulai susah kalo mo bolak2 tempat kuliah-rumah tiap minggu, dan buat mobilitas kuliahnya yang mulai harus muter2, apalagi motor ini juga bekas sodara sendiri. Saat ini, saya sudah mulai bisa naek motor, sudah dari kelas 1, gak pake belajar langsung pinjem motor temen eh ternyata gampang, so ngakunya bisa…

Nah, motor ini lumayan sering saya pakai karena kakak sering ngalah, apalagi kalo emang kuliahnya gak mengharuskan banyak muter-muter. Kejadian yang lumayan berkesan selama make motor ini antara lain

  • kena tilang gara2 gak punya SIM pas razia, padahal lagi boncengin temen cewek, dan dia punya SIM tapi gak bisa bawa motor. 20 ribu melayang
  • stang lepas dari tangan dan motor jatuh muter sendiri di depan sekolahan, untung cuma foostepnya doang yang bengkok
  • ganti rantai di bengkel pinggir jalan karna putus pake rantai bekas, trus bayarnya kurang baru dibayar beberapa hari kemudian
  • pernah mbarengin cewek yang ditaksir, eh diboongin kalo rumahnya belok sini padahal saya tahu kalo rumahnya masih dibelokan depan
  • topspeed nyampe 110 kpj pas awak kelas 2, trus jadi 90 kpj gara-gara dipake kakak 3 bulan pas kelas 3. persnel dah diinjek bolak-balik gak nambah juga..

Motor ini dijual pas saya masih kuliah di jakarta, gak inget kenapa diual.

3. Suzuki A100X

SEbenarnya begitu Bapak menjual Yamaha RX Specialnya, Bapak mendapat motor dinas ini, kalo gak salah pas kelas 3 SMP. Namun, saya baru make ini montor  begitu saya SMA kelas 2, setelah Bapak membeli motor China (di Nomor 4) diselingi dengan Suzuki Tornado.

Motor dinas ini secara penampilan sudah hancur, emblem di tanki bensinnya dah ilang, menyisakan lubang bekas baut/klemnya… Karena lumayan sering saya pake ke kosan, say mencoba menutup tanki bensin pake cutting stiker masang sendiri, dan hasilnya tentu jelek…apalagi ketika beberapa bulan kemudian ternyata tanki bensinnya bocor, so kebingungan deh… So, motor ini pun gak dipake, cuma disimpen aja di gudang, dan baru dibalikin kantor pasa saya sudah kuliah… dan saya balik gonta-ganti sama kakak make Tornado.

Oya, selama saya pake ke sekolah, biarpun plat merah ternyata teman saya yang make Satria 2tak ternyata suka, so kadang dia suka ngajak tukeran, saya yang make Satria, dia make A100nya. Nah, disinilah saya jadi suka Satria, soale kenceng coy…

4. Jincheng City JC-110-2

Yup, bapak saya kemakan harga murah. Niatan pengen beli motor baru tapi duit gak cukup ya jadinya beli ni montor, terpengaruh temennya yang juga beli. Padahal Ibu dan Kakak sudah nyaranin buat beli Supra aja tapi kredit atau ngutang sodara, dan saya nyaranin Grand second aja, eh Bapak tetep pengen beli motor baru.

Padahal tiap hari ni montor dipeke bapak bolak balik kantor-rumah hampir 100km dengan jalanan naik turun khas pegunungan. Akhirnya belum 5 tahun ni montor dah bolak-balik ke bengkel.

Kenangan dengan motor ini ya paling sering kena masalah dijalan, ya gak mau hiduplah, jok gak mau nutuplah, kick-starter berat bangetlah, pokoknya banyak deh masalahnya. Oya, make motor ni juga pernah sekali nyerempet anak SMP sampai harus bawa sepedanya ke bengkel, untungnya orangnya gakpapa.

Motor ini sempat dibiarin aja dirumah, cuma saya pake kalo saya lagi mudik, hingga setahun lalu dijual ke pembantunya kakak senilai 2,5juta tapi pajak 10tahunannya masih harus dibayar bapak, itupun mbayarnya dicicil pake potong gaji, gak tahu sekarang lunas belum…

5. Vespa Tahun 81/89

Saya lupa ni vespa tahun berapa, wong termasuk vespa PX ato bukan saya juga gak ngerti.

tertarik Vespa pas SMA ada temen bawanya Vespa, tertarik karena belum bisa bawa saja, kok rasane susah ya kalo kopling juga ditangan.

Yang jelas bapak beli ini dari tetangga karena tentangga lagi butuh duit saja, dibeli pake 2,5juta saya pasa saya kuliah di Jakarta. Tentunya kalo pulang saya kebagiannya cuma montor ini saja. Jadi ya kemana-mana makenya ni montor. Tapi yang ada cuma prasaan kaloVespa tu boros banget ya, masak dari rumah ke kota kalo pake Tornado aja cuma butuh 1 liter, kok ni Vespa butuh 2 liter. padahal sama 2-tak.

Pernah sekali ni montor mogok dijalan, gak jelas kenapa kalo habis jalan 20 meter mati sendiri, begitu didiemin bentar bisa jalan lagi, tapi kalo dah 20meter mati lagi, sampai ada pengendara Vespa lain yang nyoba bantu tapi gak berhasil.

Kemarin pas adik kuliah, Vespa ini sempat dibawa karna motornya Supra X dijual habis dipake jatuh. Smapai di kosan, Vespa ini udah gak bisa jalan lagi, so hampir 1 tahun Vespa ni gak keluar dari garasi kosan adik saya. Kalo disuruh bawa pulang, jawabnya  pasti mo diangkut pake apa…

Baru beberapa hari kemarin Ibu bilang kalo Vespanya dah dianter pulang ma temannya adik pas selesai wisuda.

Nah, sekarang ini kalo pas pulang mudik paling tinggal ada Vespa yang belum dipake, atao kata bapak kemarin ada motor dinasnya bapak yang baru Honda Win entah tahun berapa tapi bapak sudah keluar biaya padahal baru make beberapa hari saja… tar dicobainlah….

Begitu saja dulu lah…

NB: ganang nanya kok cuma beberapa aja, bukannya dirumah ada yang lainnya? yang lainnya kan cuman sesekali dipake kalo mudik saja, toh ditempat kerja saya sudah pake si Michael…

 
19 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2011 in goblog, motor, Umum

 

Tag: , , , ,

19 responses to “Sejarah Permotoran: Dari RX Special, Tornado, A100X, Jincheng City hingga Vespa

  1. extraordinaryperson

    2 Mei 2011 at 10:46

    wah mantap kenangannya

     
  2. Virus

    2 Mei 2011 at 11:56

    xixixixi…crita nya seru…

     
  3. Nanobiker

    2 Mei 2011 at 12:23

    Yah hampir mirip ma ane.. Bljr pk 90z,alfa,vespa 76,jinceng city,binter mercy,fizr n skrng mio.tp dah bosen… Pgn pulsar

     
    • kangmase

      2 Mei 2011 at 13:03

      tambah bos, dikampung ada kharisma ma supra x 125, disini makenya si Michael (megapro 2006), pengan Pulsar 220 juga, hehehe…..

       
  4. smartf41z

    2 Mei 2011 at 14:55

    NEXT bike, ga jadi Scorpio nih ceritanya? ato ditunggu aja thn depan siapa tahu fazer 250, pulsar 250, kawasaki 150 brojol smua disini, biar tambah bingung. he3…

     
  5. rock snipper

    2 Mei 2011 at 15:20

    Pernah punya Tornado 110, max speed emang 110km/jam. Kendalanya gambang nge-jammed pistonnya. ganti piston sampe 2x setahun, lalu dijual ganti ama RGR150. ini mah sampe 160km/jam +.

     
  6. Triyanto Banyumasan

    2 Mei 2011 at 15:51

    banyak kenangane ya.. manteb

     
  7. dnugros

    2 Mei 2011 at 17:11

    wuihhh…banyak sekali motor kenangannya

     
  8. blognyamitra

    2 Mei 2011 at 20:16

    Tornado GS110 saingannya F1Z…

     
  9. budakbaong

    2 Mei 2011 at 21:18

    setau saya vespa nya bukan taun segitu. diliat dari bentuk body keluaran taun kepala 6 tapi udah dikasih bagasi px150 dibelakang sayap. kyknya sktar taun 62-65, “collector item” tuh dicari orang

     
    • kangmase

      2 Mei 2011 at 21:21

      kalo soal gambar ntu nyuri doang dari GOOGle, intinya ada bagasi ditebeng depan, trus tempat ban serep ada di samping kiri… tahunnya seingat saya ya tahun 80an bos…

       
  10. nobody

    3 Mei 2011 at 09:22

    [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah…
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan “Sang Maha Pencipta Sistem” dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    “Rasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    “Wahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.””
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah…
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah…
    ________________
    “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. 4:147)
    “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (Q.S. 40:61)

     
  11. rakhmad

    5 Mei 2011 at 09:42

    Assalamualaikum, mas bro ceritanya kok agak mirip mirip saya ya xixixixixi.

    kalau boleh / mau di jual vespa nya tapi yg sama dg foto di atas , boleh saya beli .

    salam kenal dari sidoarjo

     
  12. novriexx

    6 Mei 2011 at 08:43

    vespany buat aku aja bung

     
  13. gogo

    8 Mei 2011 at 21:17

    keren sejarahnya.. mantab, finaly in the end only vespa..

     
  14. ipanase

    10 Juni 2011 at 23:23

    unic semua

     
  15. alfin

    22 September 2012 at 17:55

    vespa nya gag di jual
    ato di kasih saya pasti gag gampang macet dah

     
  16. Firdaus Achmad Effendi

    24 Oktober 2012 at 08:05

    keren ceritanya, kenanganya gak ada yang naik mobil ..

     
  17. winnymarch

    22 Mei 2013 at 17:07

    gan klo ada inof jual motor kash tw ane ya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: