RSS

KTM Duke 200 dijual 25 juta? gak bakalan!

18 Des

Membaca tulisan mbah dukun disini, saya jadi geli. Mosok iyo KTM Duke 200 bakal dihargai 25juta. Opo yo mungkin? Kalo ngeliat gelagat harga jual produk-produk Bajaj sih mungkin saja, liat aja Pulsar 220 yang hanya dihargai 18,6juta saja. Tapi ini KTM bro, bukan KTMnya si Inul, tapi KTM Austria yang namanya aja dah dikenal sebagai kampiun Dakkar. KTM tu jagonya motor garuk tanah, bukan jagonya jualan motor murah.

gambarnya duke 125 sajalah

gambarnya duke 125 sajalah

Memang sih Bajaj punya 39% saham KTM, tapi 39% tu belum tentu pemegang saham mayoritas, jadi keputusan harga jual sih pengaruh 39% itu gak banyak, justru seharusnya kepemilikan saham itu dimanfaatkan Bajaj untuk dapet bagian keuntungan dari KTM, bukan malah ngurangin keuntungan (kalo nurunin harga kan keuntungan jadi berkurang, asumsi biaya produksi sama).

Alih teknologi sih boleh aja, tapi dari KTM ke Bajaj kan? bukan sebaliknya tho? soalnya secara pengalaman dan pendapat pasar, produk KTM lebih diakui di dunia daripada produk Bajaj.

Nah, kalo mo harga murah, solusinya KTM Duke bisalah kalo di spec down, tapi opo yo mau? Konsumen apa yo mau beli kalo tahu produknya adalah produk spec down, beda dengan yang dibeli dari negara lain? Trus yang jelas, apa iya KTM mau jual produk yang gak sesuai standar kualitasnya selama ini? apa gak akan mengurangi nilai nama besar KTM?

Solusi lain, misalnya gabungin gerai KTM dengan Bajaj. Di Indonesia ini, Bajaj sudah datang lebih dulu, jauh sebelum rencana Duke 200 masuk di mari, jika Duke 200 nanti dijual bareng dengan Pulsar di dealernya Bajaj, maka orang akan menganggapnya Duke itu produknya Bajaj, jadinya bisa disebut Bajaj Duke 200, atau Pulsar Duke 200. Apa ya mau KTM yang punya nama lebih besar harus tunduk dibawah Bajaj yang notabene memiliki 39% sahamnya? sekuat itukah 39% itu?

Bajaj konsen ke Pulsar dan Avenger

Firasat saya, KTM Duke 200 akan dijual tersendiri dengan jaringan KTM, lepas dari bayang-bayang Bajaj. KTM akan membuat jaringan baru yang tidak terlalu banyak, hanya akan ada i kota-kota besar saja. Dengan iklan di TV yang lumayan banyak dan sering, baru kemudian KTM bisa membawa nama Bajaj sebagai dealer yang bisa didatangi untuk urusan beli motornya ataupun bengkelnya, khusunya untuk yang di daerah. Yang di kota, tetep di dealer KTM.

Bajaj sendiri untuk tahun 2012 akan lebih konsen pada Avenger dan pengembangan Pulsar versi 2012. Avenger akan dibawa bulan Maret 2012 (baca disini), sedangkan Pulsar yang baru akan dibawa beberapa bulan setelahnya, setelah penjualan Avenger dan Duke 200 mapan.

Soal berita generasi Pulsar 2012 memakai teknologi dan mesin KTM Duke ya mungkin saja. Bagi KTM, itu sih gak masalah, mo dijual murah ya gak papa, yang penting tetap dengan desain dan nama Bajaj, jadi gak akan merusak nama KTM. Nah, soal desain tentunya gak boleh mengarah ke desain Duke, tapi tetep harus berupa mirip Pulsar. Monoshock boleh dipake, mesin boleh dipake, tapi ciri khas Bajaj DTS-i apa juga mo diilangin? Kalo iya, berarti Bajaj yang gak punya identitas. Harusnya setiap pabrikan punya identitas yang berbeda dengan pabrikan lain dan tidak menghilangkannya hanya untuk jualan lebih banyak. Gak semua penyanyi itu harus gabung jadi boyband hanya agar disukai abege!

Wong soal injeksi aja Bajaj gak mau make, masak mau make mesin KTM 100% sih? kan sahamnya cuma 39%? Jika soal injeksi aja gak mau ikut-ikutan kenapa juga harus jual jatidiri DTS-i hanya demi jualan lebih banyak? Pabrikan yang langgeng adalah pabrikan yang punya jatidiri, begitu kira-kira.

Biarkan KTM Duke 200 berjalan sendiri, dengan harga yang pantas sesuai dengan spesifikasi. JIka mampu mengurangi biaya produksi, toh diturunkan sedikit ya gak masalah. Tapi dijual dengan harga murah, hanya demi mengikuti pemilik 39% saham? mbok ya jangan rendah diri!

Oya, jika PUlsar 2012 bener make mesin Duke 100% tanpa spec down tentunya harga Pulsar lah yang harus dinaikkan, bukan harga Duke yang dibikin murah. Pulsar bermesin Duke dihargai seharga motor Jepang, rasanya bisa diterima. Pulsar Duke 200 (bermesin Duke 200, desain dan lainnya khas Pulsar) dihargai sama dengan HOnda Tiger, 25 juta, ini baru bisa…..

Sekian. Itu saja!

NB: tapi sebagai konsumen, harga makin murah sih makin seneng aja….

 

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2011 in goblog

 

Tag: , , , , , , ,

18 responses to “KTM Duke 200 dijual 25 juta? gak bakalan!

  1. cafebiker

    18 Desember 2011 at 21:42

    lantas soal KTM yang dijual murah di India gimana bro…:mrgreen: apa di Indonesia tidak bisa dijual murah?

     
    • kangmase

      18 Desember 2011 at 21:49

      Kalo soal di India, banyak alasannya:
      1. di India, nama besar pabrikan gak terlalu ngaruh, yang penting produknya kuat, bahkan finishing jelek pun gak masalah….
      2. Bajaj jual Kawasaki Ninja 250 pun gak masalah di India. Coba kalo di Indonesia?
      3. Bajaj di India adalah penguasa pasar nomro 2, di Indonesia? jual 3000 unit sebulan aja belum mampu.
      4. dll… perlu pembahasan kultur India yang saya belum tahu karena belum pernah kesana… tulisan di atas ditulis karena saya tinggal di Indonesia, sedikit banyak tahu tabiat orang di marih….

       
      • Rendi

        19 Desember 2011 at 13:24

        kalau nggak salah sekarang saham bajaj di KTM udah 51%.
        Bajaj di India Adalah Penguasa no 1, bahkan hondapun kalah, ane pernah baca tapi lupa diman, cmiiw……🙂

         
  2. Rendi

    19 Desember 2011 at 14:31

    nggak mungkin harganya 25jt ke bawah, jangan mimpi…

     
  3. Raden mas kenceng

    21 Desember 2011 at 01:44

    Yah kalo harga 25jt gak mungkin,tp kalo 30-35jt an masih mungkin,jangan sampe deh untuk menekan harga trus si duke di speckdown dari mesin sampe bahan material kaya tangki kaleng kerupuk,stang gampang oblak, baut karatan dll, malah blunder itumah.imho

     
  4. salmanpedrosa

    21 Desember 2011 at 02:48

    ente sering ke kraksaan ya bro,rumah ane juga daerah kraksaan

     
    • kangmase

      21 Desember 2011 at 05:46

      paling setahun sekali bro, rumah mertua di krejengan. Sampeyan kraksaannya dimana?

       
  5. wendakalubis

    24 Desember 2011 at 14:09

    Kalau ngeliat langsung barangngnya pantas dihargai lebih dari 30jt

    http://wendakalubis.wordpress.com/2011/12/14/ktm-duke-200-mengintip-harga-ideal-sang-bangsawan/

     
  6. hamara bajaj

    25 Desember 2011 at 13:35

    skarang bajaj adalah penguasa utama motor india, seiiring bubarnya perusahaan motor terbesar india yaitu Hero-Honda, hero(india) kini jadi atpm sendiri dan honda(JEPANG) juga begitu dengan nama HMSI langsung di bawah management honda jepang,,!
    KTM tentu saja dipengaruhi bajaj,,liat aja pembuatan KTM duke 125 adalah permintaan bajaj…,dan yang penting duke 200 itu dibuat di india,,contohnya rem dah pake bybre dsn ban mrf yang juga dipake pulsar…!

     
  7. boerhunt

    28 Desember 2011 at 14:42

    setuju kang..sepertinya DUKE200 akan tetep bermain premium..ini prediksiku..

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/12/28/antara-new-pulsar-2012-dzoo-duke200-dan-pricing-strategi-sebuah-prediksi/

     
  8. edoyok

    31 Desember 2011 at 08:06

    Ga usah ngikut trend harga motor2 jepang…
    kalo mau menguasai pasar, ya duke 200 harus berani kasih harga dibawah 25 jt. Ato dekati aja harga vixion. otomatis dah vixion, NMP, Tiger, Minerva, Scorpio & bahkan new cbr 150 bakal mampus…

     
  9. herimoko@skakmat

    7 Januari 2012 at 14:06

    Biarkan para petinggi kedua merk yang berfikir……. yang penting konsumen mendapatkan motor bagus…. syukur murah…… nggak usah mikir rendah diri…. daripada operpress, kan KTM baru mau buka lapak dimari. bajaj sudah terkenal dengan harga murah kwalitas bagus…….

     
  10. theblueschealsea

    5 Februari 2012 at 00:47

    Gue sih setuju kalo Duke 200 harganye bisa sama kayak vixion atau tiger lah,,,biar kejangkau sama masyarakat kebanyakan…..

     
  11. gogo

    12 Maret 2012 at 14:48

    memang liat spek ktm duke ,susah dibikin murah.. di spek down habis2an ntar bikin brand tercoreng..
    hnya bs berharap, klo duke dah keluar, mampu meminangnya..

     
  12. danny

    31 Maret 2012 at 12:03

    21 juta dijokul di india cuiiii.

     
  13. fauzan

    2 April 2012 at 18:55

    mari kita tunggu ajja…
    masalah harga urusan nanti,kita berharap bermain sekitaran 25….

     
  14. Jemmi

    3 April 2012 at 16:28

    Berdasarkan Informasi dari Dealer Bajaj di Indonesia, Pulsar 200 NS kemungkinan besar akan mundur masuk ke Indonesia nya, karena Launching di India nya juga mundur…
    Kalau boleh milih, sy pilih motor ini, cuma sayang budget nya msh kurang…kemungkinan besar dilepas di kisaran 25-28 jt an…
    Tehnologi 3 Busi, 200cc, Model nya Laki banget…Top Markotop

     
  15. bedjo kartoloyo

    14 April 2012 at 22:28

    kalo harganya sama dengan produk jepang,ya mending beli punya jepang,ninja kayaknya keren

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: