RSS

Iklan Gratis di blog, gak yakin masih independen!

18 Jul

ganang mempertanyakan tentang adanya beberapa blogger otomotip yang memberikan layanan iklan gratis di blognya…. dan sebenarnya saya tidak mau menjawab, tapi demi adanya sebuah kepastian bagi ganang, akhirnya saya mencoba juga menulisnya…

menurut saya iklan gratis di blog otomotif itu berarti blog tersebut sudah gak independen!

sumber google

tapi ini khusus jika iklannya adalah ATPM, bukan iklan usaha lain. Kalo iklan lain buat usaha lain mah silakan aja….

Tapi khusus untuk iklan ATPM, saya menganggap blog tersebut tidak lagi independen. Kenapa begitu?

Kita perlu kembali kepada apa arti independen sendiri. Independen sepanjang yang saya mengerti bisda diartikan merdeka, tidak terikat oleh suatu pihak lain baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saat belajar audit, independensi seorang auditor bisa dipilah jadi 2, independence in appearance dan independence in fact. penjelasannya silakan tanya mbah google…

Jika seseorang misalkan saja A menerima bayaran dari B, maka pendapat B atas A sudah tentu tidak independen. Ini jelas, makanya blog yang ada iklannya (yang bayar) termasuk di golongan ini.

Namun, untuk menghindari adanya prasangka tidak independennya blog, si pemilik blog memasang iklan gratis di blognya. Tapi apa ini berarti bloggernya masih independen? menurut saya tidak, khusunya kalo bloggernya orang Indonesia…

Nah lho,

Pertama, jika si pemilik blog ngarepin info dari ATPM ketiga ada ATPM yang mo masang iklan secara gratis, maka bisa dibilang bahwa info itulah bayaran bagi si blogger atas dimuatnya iklan gratis tersebut.

gambar dari google

Kedua, Dengan memasang banner iklan ATPM A pada sebuah artikel/tulisan yang membahas salah satu produk dari ATPM A, maka saya yakin tulisannya tersebut tidak akan pernah berisi suatu tulisan yang menyerang (berisi kritikan) ATPM A. Beda dengan yang gak masang iklan, tulisan yang nyerang/ngritik salah satu ATPM bisa langsung diikuti gambar ATPM tersebut. Samapai sekarang belum nemu tulisan blogger yang masang iklan ATPM gartis yang dibarengin dengan sindiran/kritikan atas ATPM tersebut….

Ketiga, Bagi blog yang isinya hanya sekedar berita, baik kopas atau nulis ulang berita, iklan gratis di blog otomotip lain itu merugikannya karena dia gak menjual pendapat tapi hanya menjual informasi, jadi biasanya blogger seperti inilah yang ngarepin ada ATPM yang masang iklan dan membayarnya. meski gak semua blogger kopas dan tulisa ulang berita begitu…

Keempat, iklan gratis di blog bisa juaga berarti merugikan bagi blogger2 yang ngarepin ada bayaran dari dipasangnya sebuah iklan ATPM di blog. Meski saya tidak termasuk yang ngarepin bayaran ini, saya yakin ada sebagian blogger(gak melulu otomotif) yang trafficnya cukup tinggi ngarepin ada yang masang iklan dan bayar di blognya. Kenapa? karena gak semua orang itu punya cukup waktu untuk melakukan sesuatu yang gratisan. ada yang berfikir harus ada imbal balik atas segala hal yang dilakukannya, termasuk juga nulis di blog. Dan sebagai orang yang pengen kebanyakan orang Indonesia itu suka baca dan nulis, saya mendukung semua orang yang mau ngeblog, apapun alasannya, termasuk alasan nyari uang.

Kelima, lupa euy….apa ya? Oya, independen tidaknya sesuatu atau seseorang termasuk sebuah blog dan bloggernya tidak ditentukan oleh si pengelola blog/bloggernya, tapi ditentukan oleh si pembaca. Dan bagi pembaca awam semacam Ganang, sebuah blog otomotip yang dipasang iklan ATPM A ya bisa dianggap sebagai corongnya ATPM A, meski atas iklan itu ada bayarannya ataupun gratis. Yang orang awam liat ya ada iklan ATPM A di blog itu.

Orang awam macam Ganang akan lebih suka kalo si pemilik blog sekalian bilang kalo dia itu corong ATPM A aja, jadi sekalian bisa dilihat kalo emang mo nyari info tentang ATPM A ya ke blog itu. Gitu….

dari google

Keenam, jika diumpamakan dengan profesi seorang auditor, adanya sebuah suguhan macam makan siang atau sekedar segelas kopi oleh pihak yang diaudit kepada auditor sedikit banyak sudah bisa dianggap mengurangi independensi. Bahkan di lingkungan kerja saya, Auditor Pajak yang menerimasebuah pemberian (termasuk makan minum) dari Wajib Pajak, maka sudah termasuk melanggar kode etik dan dapat dijatuhi sebuah punishment.

Tentu ini beda dengan blogger yang tak selalu dan tak banyak yang berperan sebagai pengamat dan auditor dari ATPM, jadinya ya gak bisa 100% dipersamakan.

Nah, itu semua hanya pendapat saya dan sesuai kondisi orang awam macam Ganang. Bagi yang gak sependapat dengan saya dan juga gak seawam macam ganang ya monggo saja berbeda pendapat.

Bagi para bloggernya, pepatah ” blog aing kumaha aing” tetap berlaku tho….

Itu saja!

NB: ya, ganang juga merasa sebagai orang awam, begitu juga saya merasa sebagai blogger awam….

 
36 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Juli 2011 in goblog, otomotif

 

Tag: , , , ,

36 responses to “Iklan Gratis di blog, gak yakin masih independen!

  1. pakdeguh

    18 Juli 2011 at 12:00

    setubuh bro, biasanya kalo diminta review suatu produk, tidak di beri kelemahannya dg alasan waktu test tidak cukup… Iya… Mungkin

     
  2. joetrizilo

    18 Juli 2011 at 14:33

    *******Keempat, iklan gratis di blog bisa juaga berarti merugikan bagi blogger2 yang ngarepin ada bayaran dari dipasangnya sebuah iklan ATPM di blog. Meski saya tidak termasuk yang ngarepin bayaran ini, saya yakin ada sebagian blogger(gak melulu otomotif) yang trafficnya cukup tinggi ngarepin ada yang masang iklan dan bayar di blognya. Kenapa? karena gak semua orang itu punya cukup waktu untuk melakukan sesuatu yang gratisan. ada yang berfikir harus ada imbal balik atas segala hal yang dilakukannya, termasuk juga nulis di blog. Dan sebagai orang yang pengen kebanyakan orang Indonesia itu suka baca dan nulis, saya mendukung semua orang yang mau ngeblog, apapun alasannya, termasuk alasan nyari uang.

    Kelima, lupa euy….apa ya? Oya, independen tidaknya sesuatu atau seseorang termasuk sebuah blog dan bloggernya tidak ditentukan oleh si pengelola blog/bloggernya, tapi ditentukan oleh si pembaca. Dan bagi pembaca awam semacam Ganang, sebuah blog otomotip yang dipasang iklan ATPM A ya bisa dianggap sebagai corongnya ATPM A, meski atas iklan itu ada bayarannya ataupun gratis. Yang orang awam liat ya ada iklan ATPM A di blog itu*******

    ada sebuah contoh :
    Pabrikan A memberi bonus 2 helm kepada setiap konsumen yang membeli produk A. Sedangkan Pabrikan B tidak memberikan apa-apapun konsumen yang membeli produknya. nah apakah semua konsumen akan berbondong-bondong membeli produk A dan meninggalkan produk B???? monggo dijawab sendiri…..
    Berbagi kepada sesama itu bisa melalui berbagai macam cara. Tidak hanya memberi barang/uang namun bisa segala hal termasuk iklan gratis…. lha wong memberi saran yang baik kepada kawan itu juga termasuk berbagi kepada sesama……
    **** Jangan kuatir semua pengiklan akan lari dan menyerbu ke blog gratis iklan dan meninggalkan blog berbayar, lha wong di blog saya http://www.joetrizilo.wordpress.com belum ada yang ndaftar kok….. biasa aja mas…. semua rejeki itu Allah yang ngatur****

    Maaf nih, ane kan juga dangkal pengetahuanne, setahu ane Independensi sebuah blog itu berasal dari diri bloggernya. kalo pembaca menilai mah itu urusan pembacanya….. yang penting nawaitu ngeblognya, mau independen ato miring…. kalo pembaca itu mah sebodotuing…..

    Maaf nih komentar yang asal-asalan dari bloger yang asal-asalan…….

     
  3. gogo

    18 Juli 2011 at 15:15

    begitulah, yg penting pengunjung blog senang dan blogger pun bahagia..

     
  4. dnugros

    18 Juli 2011 at 15:54

    kalo gitu aq mo nekad pasang iklan di blog ini aj ahhh…

    http://dnugros.blogspot.com

     
  5. Angga

    18 Juli 2011 at 16:25

    Cuma setuju sama poin yg no.4, tapi yang lainnya ngga.

    Poin 1, 2, & 6: Semangat dasar iklan gratis adalah semangat untuk berbagi. Jadi klo blogger mendapat informasi dari ATPM, itu adalah timbal balik yang diberikan oleh ATPM kepada blogger. Mau disampaikan atau tidak itu hak bloggernya. Corong? Jelas ngga. Ngga independen? Belum tentu. Blogger masih punya otoritas penuh terhadap artikel. Wong ngiklannya gratis kok. Mo ditampilin/ngga juga suka-suka bloggernya. Seharusnya blogger ngga punya beban moral untuk tidak mengkritik ATPM.

    Poin 3: Ngga tau, no comment.

    Poin 5: Independen/ngga memang ditentukan oleh sudut pandang pembaca. Tapi ngga juga ditentukan dari iklan. Independensi bisa diliat dari cara penulis dalam menyajikan sebuah tulisan (berat sebelah/ngga, menghujat/sekedar mengkritik, mengapresiasi/memuji berlebihan). Setau saya ada blogger yang diblognya ada iklan Ducati, AHM, & YMKI sekaligus. Apakah tulisannya berat sebelah? Selama ini yang saya tau dia blogger paling netral.

    Sekalian nitip warung deh: http://spaceromantic.wordpress.com/2011/07/18/pedrosa-is-back-to-business/

     
  6. bajigur

    18 Juli 2011 at 18:55

    time will tell lagh…

     
  7. B M W ©2011

    19 Juli 2011 at 00:46

    kasihan,gak dapet duit dari iklan.
    yang mau ngiklan lari ke yang gratis. wkwkwkwk

     
  8. absoluterevo

    19 Juli 2011 at 04:03

     
  9. absoluterevo

    19 Juli 2011 at 04:05

    Sekarang bloger roda2 kaya ada dua kubu ga kaya waktu jaman bebeksableng dan ilham❓❓ kompak abis sekarang❓ untung dulu saya pada di tolak pingin ikutan jadi netral:mrgreen:

     
    • joetrizilo

      19 Juli 2011 at 09:49

      Blog barat & blog timur gitu????😀 …. nggak segitunya mas….😀 nggak ada kubu-kubuan… ntar yang takutnya malah kubur-kuburan….. hayo … nggak baik kan…..

      kalo berbeda itu sih wajar, toh kita tidak pernah jotos-jotosan Xxixixixiiiiiiii…….

      Dari Jogja mau ke Jakarta itu bisa naik darat ato laut, dua-duanya berbeda…. satuuu pakai sayap dan satu paki sandal…. tapi kan tujuannya sama kan Jakarta……

      nah kalo masih bingung, aku juga masih bingung juga….. iklan gratis mau iklan berbayar yo silahkan….. mau independen ato tidak yo silahkan…. tergantung nawaitunya sendiri-sendiri… gitu aja kok direpotkan…..😀

       
  10. Engine Enforcer

    19 Juli 2011 at 13:16

    setuju Bro, dengan iklan gratis, itu yang gratis khan hanya secara duit, lha secara materi lainnya, informasi dan relationship. khan bisa dibeli gak hanya dengan uang. gratis tapi bukan percuma.
    bisa saja gara-gara iklan gratis tapi ujung2nya pemberitaan juga good news melulu karena ada arus informasi dan hubungan emosional.. Who knows?

     
  11. Maskur

    19 Juli 2011 at 15:12

    mmmmmmmmm……………..mosoooooooooooooooooooooookkkkkkkkkkk

     
  12. absoluterevo

    19 Juli 2011 at 22:35

    Hanya Tuhanlah yg tau😆

     
  13. absoluterevo

    19 Juli 2011 at 22:42

    bukan blog barat dan timur tapi blog R2 coba perhatikan di blog2 R2😀

     
  14. Long'S

    19 Juli 2011 at 23:31

    Gratis tp dapet bingkisan yha sama aja boong

     
  15. nunoe

    20 Juli 2011 at 07:47

    maksudnya ngiklan tapi dibayar dengan value lain selain uang..
    ya make sense sih, tapi seperti yg dibilang oom angga di atas, kayaknya tingkat ke kritisan para blogger itu udah diatas rata2…jadi walopun ada ATPM yg ngiklan di blognya, bakal tetep kena kritik kalo emang harus ada yg di kritik…kritik itu masukan, bukan menjelekkan…

    untuk poin 4, ya ibarat ada 2 warung jual barang yg sama…dan keduanya tetep laku…ya gak masalah…rejeki udah ada yg atur…gak usah takut…yg penting, usaha dan berserah diri…😀

    *komen gak jelas dari blogger gak jelas:mrgreen:

     
  16. jape methe

    20 Juli 2011 at 20:41

    mau gratis atau tidak, independen atau tidak, kw 1 atau kw 2000 kan ga penting. yang penting bikin artikel dan dibaca orang. kalaupun isinya tidak bagus kan resiko bloggernya sendiri. justru yg pasang iklan berbayar punya tanggung jawab lebih besar ga cuma pada dirinya tapi juga pada yg pasang iklan. klo masalah perbedaan yang menjurus perpecahan ya memang ada (katanya:katakan hitam jika hitam katakan putih jika putih). kalo kata joni : “pak ada upil”..

     
  17. dani

    21 Juli 2011 at 07:35

    Iklan Gratis silahkan, yang penting jangan yang terlalu eye catching jadi pas baca gak kebelah konsentrasinya ( padahal Iklan memang harus Eye Catching Yaa ahh Cacing ) tapi ya itu kalu iklan gratisnya diantara paragraf malah suka gaggu keseriusan nyimak artikel mending disamping kiri atau kanan kolom biar berjajar sekaliah weblink dll

     
  18. nobu

    21 Juli 2011 at 09:31

    ini yg saya suka dr para blogger saat ini kritis men..ga perlu adu otot tapi adu argumentasi..ini baru indonesia yg mau saya lihat..gpp pro dan kontra yg penting itu meng-edukasi para pembacanya..biasanya tulisan para blogger nular ke pembacanya..(secara tidak sadar)..sah” aja ada yg mau bilang komersil dan indie toh kami pembaca tidak dirugikan kok..walaupun tulisan blogger memihak dan terkesan promosi dan tidak netral kami juga pembaca bisa membedakan..kita ambil positifnya aja kok..

    salam indonesiaku..

     
    • jape methe

      21 Juli 2011 at 13:45

      betul mas. masak kita mau beli motor a ga jadi gara2 lihat iklan motor b di blog yg kita baca. justru yg lebih mungkin berpengaruh itu artikel blog ga peduli independen atau tidak, pasang iklan atau tidak. itupun yg baca juga tidak serta merta ngikutin. memang yg baca pada tidak punya pemikiran sendiri?

       
  19. karis

    24 Juli 2011 at 08:40

    Kritis adalah ciri khas yg harus dimiliki blogger, itu yang membedakan blogger dengan wartawan! Mengenai iklan gratis di blog-blog sebenarnya emang ga salah, tapi ya itu mbok ya tolong dianalisa lebih dalam tentang itu, soalnya banyak urusan perut yang bergantung dari iklan di blog-blog yang memang mengkhususkan cari duit. So, secara tidak langsung blog yang menampilkan iklan gratis akan mengurangi asupan mereka. Mungkin kalau memang ingin beramal dengan iklan gratis, sebaiknya tampilkan saja iklan-iklan dari usaha kecil menengah (UKM) yang punya budget promosi kecil atau bahkan ga ada. Dari pada iklan gratis dr ATPM atau Dealer2 yang jelas2 mereka punya anggaran untuk promosi iklan! iya tho…
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/07/24/jl11-abis-ndlosoorr-pole-position/

     
    • jilan

      28 Agustus 2011 at 10:55

      Setujuuuuuuuu

       
  20. ipanase

    24 Juli 2011 at 21:05

    terlanjur kaya

     
  21. Pr@szt

    25 Juli 2011 at 12:45

    Ada beberapa Blogger otomotif yang terkadang dari tulisannya terkesan “maling teriak maling” ke blogger yang lain…
    btw mantep mas sentilannya…keep posting

     
  22. husni

    25 Juli 2011 at 17:44

    Untuk case-nya ATPM pasang iklan gratis di Blog.. imho, yang judulnya gratis pastinya secara ikatan akan jauh lebih lunak dan bisa membuat ATPM dan blogger sama2 produktif.. seperti yg terjadi untuk iklan gratis ATPM akan dibales dgn akses informasi blogger ke ATPM sendiri… berarti sama2 untung.. tinggal yg males masang iklan gratis dan males ngasih akses informasi saja yg gak ngambil opportunity.. konsekuensi bagi blogger yg males nulis bisa jadi gak ada yg mau masang iklan (padahal gratis).. hehe..

    Untuk nulis kan perlu bahan.. kalo diperhatiin mainstream news blog R2 kan tetep berkaitan langsung dengan produk dan pabrikan… imho lg, daripada mainstream news hanya diberitakan oleh blogger komersil, now ada pembanding-nya..

     
  23. agoey

    26 Juli 2011 at 09:10

     
  24. blogpejuang

    30 Juli 2011 at 21:15

    nggak begitu ngeh,
    sya sepakat dengan “blog aing kumaha aing”
    btw ATPM teh naon? maklum newbie

     
  25. TEDDA Rent Car Solo

    31 Juli 2011 at 17:46

    Rental Mobil Solo | “Profesional Handal Terpercaya”
    TEDDA Rent Car “Sahabat Perjalanan Anda”, siap melayani kebutuhan transportasi anda utk keperluan dinas, liburan keluarga, wisata dan tamasya, setle penjemputan, big/small event dll.
    Hub : Bpk. Anton 0271-7581293 / 081567629043
    Senantiasa berusaha memberikan sajian kenyamanan terbaik utk kepuasan Anda , dgn harga yg kompetitif tanpa mengurangi kualitas layanan yg ada.
    Tersedia berbagai Armada pilihan sesuai kapasitas dan kebutuhan anda,

    – Kijang Innova, Avanza, Xenia, Grand Livina,GrandMax
    – Toyota Camry, Mrcy, Altis
    – Toyota Alphard / Fortuner
    – Pregio / Travello 10seat
    – Isuzu ELF 12seat
    – Bus pariwisata

    Reservasi 24 jam
    lebih lengkap kunjungi web kami
    http://www.RentalMobilSolo.info
    http://www.SoloRentCar.co.cc
    http://www.RentCarSolo.co.cc

    Juga melayani Area JOGLOSEMAR ( Jogyakarta, Solo,Semarang), Magelang, Klaten, Delanggu, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Salatiga, dsb

    sewa mobil solo, rental mobil solo, sewa mobil di solo, rental mobil di solo, persewaan mobil di solo, harga sewa mobil di solo, persewaan mobil solo, info sewa mobil di solo, tempat sewa mobil di Solo, sewa kendaraan di solo, tarif sewa mobil solo, sewa mobil

     
  26. ok my friend, I never forgot Your Site! look my web site every day ok? and Don't forget to follow my blog ! Thanks for you

    3 Oktober 2011 at 17:27

    ok my friend, I never forgot Your Site! look my web site every day ok? and Don’t forget to follow my blog ! Thanks for you

     
  27. Sihir cinta

    1 Desember 2011 at 23:20

    manstap infonya gan jangan lupa kunjugi lagi blog ane yach

     
  28. luckybet777

    22 Maret 2012 at 13:12

    ayo gabung bersama luckybet777 depo>>bonus>>main>>menang>>motor baru
    Bravo betting mania!!

    Luckybet777 melayani pembuatan account bagi para bettor yang ingin bermain di game game sportbook,casino dan tangkas/MM..
    Produk yang kami sediakan :
    Sportbook : * SBOBET
    * IBCBET
    * 368BET
    * AFB88
    CASINO : * SBOBET CASINO (338a)
    * CBO855
    * ASIA8BET
    * Green Dragon
    * SOA888
    B.TANGKAS : * TANGKASNET
    * 368MM
    * B.TANGKAS88
    * 9 NAGA TANGKAS
    * TANGKASCOM
    * B.TANGKAS 2
    * TANGKAS777
    ToTo : *ISIN4D

    Ayuk bergabung dengan http://www.luckybet777.com dan dapatkan bonus yang menarik dari kami buat para member promo.
    Sportrbook : extra credit 20%
    Casino : extra credit 10%
    B.Tangkas/MM : extra credit 10%
    Dapatkan cashback 5% dari luckybet777.
    Informasi lebih lengkap hubungi CS kami :
    Email : agent.luckybet777@gmail.com
    Phone : (+855)8181 2208
    PIN BB : 28BA21E3
    via YM :lucky_bet777@yahoo.com
    website: http://WWW.LUCKYBET777.COM
    fb :www.facebook.com/profile.php?id=100003647234376
    “KEPUASAN ANDA ADALAH PRIORITAS KAMI,EVERYONE CAN GAMING WITH US”
    happy enjoy gaming.

    -ANDA ADALAH PEMENANG-

     
  29. sedotwcjakarta88

    26 Juli 2012 at 22:03

    kami melayani Penyedota WC untuk Wilayah JAKARTA SELATAN.
    jasa jasa yang kami sediakan antara lain :

    1. Penyedotan WC
    2. Penyedotan STP
    3. Penyedotan LUMPUR
    4. Memperlancar WC mampet
    5. Memperlancar saluran air mampet
    6. Membuat Septictank baru
    7. Membuat Saluran air mampet

    HUB:

    021-74631310
    021-70492265
    081281872434

    HARI LIBUR TETAP BUKA.

     
  30. wayan

    6 September 2012 at 12:27

    H2H MURAH BERKWALITAS – TERMINAL PULSA

    H2H TERMINAL PULSA Menyediakan :
    – ALL OPERATOR PULSA HRGA MURAH
    – ALL PAYMENT LISTRIK/TELKOM/SPEEDY (Admin 1600)
    – VOUCHER JAWAPOS DIGITAL
    – TOKEN PLN PRABAYAR MURAH
    – VOUCHER GAME ONLINE
    – TRANSAKSI BANYAK BISA NEGO

    Untuk Mendaftar ketik : DAFTAR.SERVER H2H.NAMA.KOTA.ID YM

    Contoh : DAFTAR.SERVER H2H.WISNU.SURABAYA.wisnu_flash@yahoo.com

    send ke id ym : terminal_pulsa1

    KANTOR:
    Graha Pena (DBL ARENA – JAWAPOS) Lt. 11
    Jln A.Yani 88 Surabaya.
    website : www[dot]terminal-pulsa[dot]com
    Tlp. 031-8202128 / Ym : Terminal_pulsa1
    INFO: 0812315066494(SMS +CALL)

     
  31. petro

    24 Maret 2014 at 10:07

    PT PETROKIMIA GRESIK merupakan perusahaan milik negara dan produsen pupuk terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk, seperti: Urea, ZA, SP-36, NPK Phonska, DAP, NPK Kebomas, ZK dan pupuk organik yaitu Petroganik. PT Petrokimia Gresik juga telah memproduksi produk non pupuk seperti Asam Sulfat, Asam fosfat, Amoniak, Dry Ice, Aluminum Fluoride, Cement Retarder, dll. Keberadaan PT Petrokimia Gresik adalah untuk mendukung program Pemerintah meningkatkan produksi pertanian nasional.

    Petrokimia Gresik yang pabriknya berada dikota Gresik, Jawa Timur ini termasuk prosusen pupuk terbesar di Indonesia . PT Petrokimia Gresik saat ini sedang membuka Penerimaan calon karyawan baru dengan kandidat sebagai berikut

    LOWONGAN KERJA 2014
    PT Petrokimia Gresik membuka kesempatan kerja kepada putra-putri Indonesia lulusan:
    S1-S3,D1-D3,SMA,SMK

    1. Teknik Informatika
    2. Teknik Elektro
    3. Teknik Fisika
    4. Teknik Sipil
    5. Teknik Mesin
    6. Teknik Kimia
    7. Teknik Industri
    8. Agribisnis
    9. Ilmu Tanah
    10. Budidaya Pertanian
    11. Agronomi
    12. Agroteknologi
    13. Sumberdaya Lahan
    14. Teknologi Pertanian
    15. Mekanisasi Pertanian
    16. Biologi
    17. Bioteknologi
    18. Akuntansi
    19. Ilmu Komunikasi
    20. Manajemen

    SMA
    SEKOLAH Jurusan/Program Studi Keahlian Kompetensi Keahlian
    SMA IPA –
    SMK Teknik Kimia
    Kimia Analis

    SMK Teknik Bangunan
    Teknik Konstruksi Baja
    Teknik Konstruksi Kayu
    Teknik Konstruksi Batu dan Beton
    Teknik Konstruksi Bangunan

    SMK
    Teknik Ketenagalistrikan
    Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
    Teknik Distribusi Tenaga Listrik
    Teknik Transmisi Tenaga Listrik
    Teknik Instalasi Tenaga Listrik
    Teknik Otomasi Listrik

    SMK Teknik Mesin
    Teknik Permesinan
    Teknik Pengelasan
    Teknik Fabrikasi Logam
    Teknik Pengecoran Logam
    Teknik Gambar Mesin
    Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri

    SMK Teknik Elektronika
    Teknik Elektronika Industri
    Teknik Mekatronika

    Kelengakapan berkas lamaran :
    1. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup.
    2. Foto Copy ijazah dan transkrip
    3. Fotokopi KTP.
    4. Pasphoto ukuran 4 x 6 cm
    Kirim ke Email : pt.petrokimia@gmail.com
    Alamat : Jl. Jenderal Ahmad Yani – Gresik 61119

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: