RSS

Piaggio, SYM, Viar, dan Bajaj, perlukah Honda mewaspadainya?

10 Jul

yang 250cc

Honda mengeluarkan banyak motor baru untuk menyerang penjualan saingan terberatnya, Yamaha. Tahun ini aja dudah ada beberapa motor baru, CBR 250, Revo Fit, Spacy dan CBR 150. bahkan kabarnya akan ada 3 motor baru lagi sampai akhir tahun.

Kenapa Honda menggelontor banyak motor? jawabnya jelas untuk meningkatkan total penjualan dan pangsa pasarnya.

Yang jadi masalah, tahun ini juga banyak pemain baru yang masuk ke industri sepedamotor negeri ini, yang paling baru ya Piaggio dan SYM seingat saya. Keduanya bermain di skutik. Meski baru, kualitas produk Piaggio sudah terbukti, sedang SYM meski belum dikenal tapi kualitasnya sudah dianggap sepadan dengan saudara sepupunya, Kymco.

Ada juga beberapa pemain yang sudah beberapa tahun terakhir ini penjualannya nampak lumayan, macam Viar, Bajaj dan yang lainnya. Viar dengan Viornya yang lumayan laku di daerah karena harganya yang murah dan Bajaj dengan kualitas motor sport yang sudah diakui, rasa-rasanya sudah sedikit mengambil porsi penjualan motor nasional.

Meskipun pemain baru, dengan brand dan kualitas pastinya akan ada market share sekian kecil persen yang masuk ke para pemain baru ini. Dan meskipun juga ke4 pabrikan motor ini belum menjadi anggota Aisi, yang berarti data penjualannya belum bisa diketahui dengan pasti, namun secara pelan bisa saja gabungan penjualan para pemain baru ini bisa mengambil market share yang lumayan.

Intinya, meski data penjualannya tidak terdeteksi, bukan berarti tidak ada penjualan sepda motor sekian ribu dari para pemain baru ini. Yang tentunya secara tidak langsung meningkatkan jumlah penjualan motor secara nasional. Misalkan saja penjualan sepedamotor tahun 2008 menurut data Aisi adalah. 7,3 juta. Nah, ini kan belum termasuk penjualan non Aisi, bisa saja kenyataannya mencapai 7,5juta, yang 200ribu ya dari pabrikan non Aisi ini.

Yang menjadi pertanyaan saya, apa Honda sebagai pabrikan terbesar juga memikirkan ini. Pangsa pasarnya yang 50%an tentunya kenyataannya kurang dari itu. Misalkan semua pabrikan non Aisi masuk ke Aisi, bisa aja market share Honda menjadi dibawah 50%, karena masuknya data2 penjualan pabrikan2 tersebut.

Layaknya Pemilu, apa artinya memeperoleh suara 60% jika 50% penduduknya golput?

Memang tak seekstreem itu kipraah pabrikan non Aisi, tapi apa Honda tidak kawatir kalo para pabrikan baru itu akan menjadi besar di kemudian hari dan mencuri sebagian pangsa pasarnya? Adakah usaha Honda untuk menangkal penjualan para pemain baru ini seperti Honda berusaha menangkal meningkatnya pangsa pasar Yamaha?

Akhir kata, ya semuanya terserah Honda gimana menyikapi para pemain baru itu…

Itu saja!

NB: semoga cara2 yang dilakukan dalam persaingan memperebutkan pangsa pasar penjualan sepeda motor ini masih memakai persaingan yang sehat, baik pemimpin pasarnya maupun para kompetitornya….begitu kata si ganang.

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Juli 2011 in otomotif

 

Tag: , , , , , ,

12 responses to “Piaggio, SYM, Viar, dan Bajaj, perlukah Honda mewaspadainya?

  1. extraordinaryperson

    10 Juli 2011 at 10:21

    AHM tetep nomor satu biarpun semua pabrikan masuk AISI

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

     
  2. ipanase

    10 Juli 2011 at 11:26

    honfa tetap honda

     
  3. agoey

    10 Juli 2011 at 13:49

     
  4. uDien d'kab

    10 Juli 2011 at 14:00

    pepatah mengatakan, sekecil apapun gerakan “musuh” perlu diwasapadai …

    http://udiendkab.wordpress.com/2011/07/10/pak-tanio-adil-polisi-teladan-saluut-lah/

     
  5. tigereng69

    10 Juli 2011 at 14:55

    Mewaspadai sih perlu,tapi bukan ancaman buat honda.Honda adalah brand dunia yang semua orang pasti sudah tau,kecuali bagi mereka yg tau tapi pura2 tak tau itu yg perlu diwaspadai. Siapa mereka itu…………? Mereka adalah orang2 yg tau keunggulan produk honda,tapi mereka tak seneng oleh kedigdayaan honda,sehingga segala cara dia lakukan untuk menjatuhkan nama besar honda dengan menyebarkan propaganda2 miringnya/BC.Kita sering mendengar/membaca ditulisan2 para blogger betapa banyak komentar2 para pengujungnya yang emank mungkin 7 turunan gak suka sama honda,dengan mengatakan motor honda itu jadul,lemot dan gak hi-techlah/teknologinya gitu2 ajalah,nah orang2 semacam inilah yg perlu diwaspadi oleh AHM.Karena orang2 semacam ini kemungkinan bagian dari mereka.Mungkin bagi kita dan teman2 semua gak terpengaruh oleh BC nya,tapi bagi mereka yg lum paham betul bisa saja terpengaruh dan gak jadi beli produk honda.Nah hal2 semacam inilah yang perlu diwaspai oleh honda,bukan oleh Bajaj,Piagio SYM apalagi Viar.
    Begitu saja pendapat dari saya…………………………………..

     
  6. rexraider

    10 Juli 2011 at 23:14

    Waspada itu perlu.
    Kompetitor itu Vitamin😀
    Andai saja ada dealer SYM diTempat saya.
    Saya Boyong SYM Shark😀

    Nitip Jemuran
    http://rexraider.wordpress.com/2011/07/09/say-no-buat-metik-shock-mono/

     
  7. Maskur

    11 Juli 2011 at 04:17

    Honda….
    Sudah besar…tidak perlu diberi perhatian berlebih….

     
  8. adminhot

    11 Juli 2011 at 20:31

     
  9. hafid

    17 Juli 2011 at 21:38

    Saya setuju bgt ma Tigereng69… Kalo ane Honda Tetap Nomor 1 biarpun merk lain menawarkan tehnologi ini itu . Ane tetap percaya ma Motor Honda.. Udah 3 tahun ane pake Honda megapro 2008 mesin masih oke.. Pernah 6 bulan ga ganti Oli begitu ke bengkel.. Kata ntu montir mesin masih bagus… N tarikannya masih oke.. Malah motor gw di bilang kalo di jual masih laku 15jt.. Buset.. !!

     
  10. hafid

    17 Juli 2011 at 21:39

    Saya setuju bgt ma Tigereng69… Kalo ane Honda Tetap Nomor 1 biarpun merk lain menawarkan tehnologi ini itu . Ane tetap percaya ma Motor Honda.. Udah 3 tahun ane pake Honda megapro 2008 mesin masih oke.. Pernah hampir setaon ga ganti Oli begitu ke bengkel.. Kata ntu montir mesin masih bagus… N tarikannya masih oke.. Malah motor gw di bilang kalo di jual masih laku 15jt.. Buset.. !!

     
  11. biker jakarta

    27 Juli 2011 at 15:02

    sebetulnya saya bangga atas merek besar honda makanya dulu saya beli honda tapi semua material plastiknya kualitasnya juelek (lampu belakang) getar akhirnya lepas, suspensi honda terkenal paling keras dibanding semua merek motor kompetitornya, suara mesin ga halus/kasar…kalau anda mengerti kualitas akan tinggalkan merek besar honda tetapi kalau anda cuma bangga merek ya silahkan pilih honda.

     
  12. cbr150r46@gmail.com

    25 November 2012 at 08:56

    Honda memang paling canggih.mana ada motor 4tak 150cc yang bisa ngalih cbr 150r sama”standar pabrikan di negri kita tercinta ini.cbr kalah masih ada nsr.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: