RSS

Duet NMP dan CBR 150R, bisakah duet sparepart?

29 Jun

Sebelum meluncur besok, pembahasan si CBR150R habis-habisan. Mumpung belum dilaunsh, segala spekulasi masih bisa dibenarkan, lha wong belum liat sendiri fisiknya kok (saya)…

Menilik kembali tulisan pak haji taufik bahwa paten kedua motor ini diduetkan bin dibarengkan, dan juga hasil selidikan SLR tentang kemiripan kedua motor tersebut (baca sendiri disini), apa benar Honda sekreatif itu (kalo para FBH gak mau Honda disebut gak kreatif) hingga mencangkokkan sebagian desain motor sport berfairing pada streetfighternya?

Kalo yang mikir strategi ATPM akan bilang itu adalah usaha menghemat cost produksi biar untungnya tetap gedhe dengan harga yang bisa ditekan serendahnya. Penghematan itu salah satunya bisa dengan memiripkan desain (biaya desain lebih murah), apalagi kalo mau menyamakan penggunaan sparepart, wuih…bisa makin murah nih….

Nah, tapi apa iya, sparepartnya mau disamain antara 2 motor yang jelas beda? Kalo menurut saya sih mungkin-mungkin aja, lha wong nyamain sparepart itu sah-sah aja apalagi kan sama-sama produk Honda. Wong motor China aja gak bikin sparepart cuma ngandelin sparepartnya motor Jepang je…

Namun, yang jadi masalah adalah jika disamain plek antara kedua motor tersebut, apa ndak akan menurunkan nilai motor yang dijual lebih mahal? Gini, jika sparepartnya plek, kan bisa aja dengan biaya yang kecil tampilan NMP diubah jadi CBR 150R hingga jika dilihat sekilas gak akan ada bedanya gitu. Meski performa mesinnya tentu gak bisa dibohongin selama cuma ubah tampilan doang… Kalau mesinnya juga dipermak?

NMP plus CBR 150R sotoshop, sumber googgle

Sedangkan kesamaan sparepart sih bisa aja dilakukan untuk hal-hal kecilnya, misalnya beberapa seal, baut, kaliper rem juga bisa, atau kopling dan kabel koplingnya gitu….

Yah, kesamaan desain awal bisalah dilakukan, toh alasan besarnya bakal bisa mendongkrak pamor motor yang lebih murah, dalam hal ini NMP.

Okelah, begitu saja….

NB: kalo fairing CBR kira2 bisa dipake si Michael gak ya?

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Juni 2011 in motor

 

Tag: , ,

12 responses to “Duet NMP dan CBR 150R, bisakah duet sparepart?

  1. semakin gendandapan

    29 Juni 2011 at 15:34

    pertamax

     
  2. agoey

    29 Juni 2011 at 15:57

    kalau bisa juga dut harga yang gak jauh2 ma NMP.. (mimpi)

    http://agoey.wordpress.com/2011/06/29/yamaha-akan-luncurkan-fz125-ke-indonesia/

     
  3. enth

    29 Juni 2011 at 16:00

    kalo memang benar bisa saling tuker malah bagus lah

     
  4. ipanase

    29 Juni 2011 at 16:23

    kalo bodi bisa lah,,diakalin

     
  5. nubierider

    29 Juni 2011 at 21:29

    hmm,, beli cbr dibikin naked biar mirip nmp aja kali yaks,,hihi

     
  6. smartf41z

    29 Juni 2011 at 21:38

    Megapro jelas bisa pake olinya CBR. kqkqk…

     
  7. absoluterevo

    29 Juni 2011 at 22:37

    Pragawati roknya sobek ga pake cawet lagi cekidot yang ga kuat jangan liat ya😀
    http://absoluterevo.wordpress.com/2011/06/29/yah-celananya-sobek-deh-kasian-banget-jadi-pragawati/

     
  8. absoluterevo

    30 Juni 2011 at 02:44

    ini gan saya dapat full pic ruyati ngeri banget gan yg ga kuat jagan liat
    http://absoluterevo.wordpress.com/2011/06/29/full-pic-gan-korban-pancung-pahlawan-devis/

     
  9. anton_cilegon

    30 Juni 2011 at 03:40

    jo larang larang……

     
  10. yuwonoyekti

    30 Juni 2011 at 07:12

     
  11. dnugros

    30 Juni 2011 at 09:50

    sayang harganya mahal, sebagai salah satu kaum buruh kelas bawah hanya bisa melongo kalo lihat motor gituan….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: