RSS

Pelayanan ASKES kok jadi gini ya?

24 Jun

gedung askes, gambar dari google

Selasa siang kemarin (21 Juni 2011) saya pergi ke gedung Askes si daerah Pancoran, mumpung lagi ada tugas daerah situ.

Tapi, Paginya saya ngecek dulu, nanya bukanya jam berapa sam satpam disana, dan karena dijawab jam8, maka saya pun berniat siangnya ajalah soalnya masih setengah 8 takut cengok dan inget pelayanan Askes dua bulan lalu kok jadi males.

SEbagai gambaran aja, 2 bulan lalu (akhir April 2011, lupa tanggal brapa), saya sempet ke gedung Askes buat nganter temen buat mutasi Askesnya yang ternyata karena sesuatu dan lain hal temen saya merasa dipersulit, berkas yang gak lengkaplah, harus ngurus ke kantor Akes di kota asal lah, pokoknya waktu itu sia-sialah…

Tepat jam 12.30 setelah selesai makan dan sholat, saya berangkat ke Ged. Askes. 5 menit dah nyampe, setelah parkir, saya langsung masuk dan berniat ke lantai dua, tapi dicegat ma satpam ditanyain mo ada perlu apa, setelah saya jelasin dibilang kalo sekarang pelayanannya dibawah di bekas ruang apotik yang dulu.

Oke, masuk ke ruangan pelayanan, ambil antrian, nunggu beberapa menit karena ada 2 ibu-ibu yang lagi antri…

Nomer antrian saya dipanggil, saya maju, trus bilang mo upgrade kartu Askes saya dari golongan II ke golongan III, dimintain SK terakhir.si Bapak ngomongnya ramah, gak ketus kayak yang 2 bulan lalu….

Sambil bapaknya mengupdate data saya, iseng2 saya nanya soal adanya teman2 kantor yang punya Askes yang gabung dengan Taspen, BKN dan Jasa Raharja dalam satu kartu. Dijawab sama bapaknya dengan ramah kalo itu program dulu yang sekarang sudah tidak berlanjut karena adanya kesulitan di PT Taspen dan Jasa Raharja. Lagipula, yang bikin kartunya juga swasta yang sempet nawarin, tapi belum disetujui udah bikin kartunya dan udah diedarin. Askesnya diujicoba di RS Fatmawati ternyata gak sukses juga…

Selesai update data, saya minta juga untuk menambahkan kartu askes bagi anggota keluarga (istri dan anak saya). Disini aturannya sesuai aturan yang saya sempet minta 2 bulan lalu, saya harus menyertakan kopi surat nikah. kopi akte anak, kopi kartu keluarga dan juga foto istri 3×4 berwarna.

Tapi saya cuma membawa kopi KK dan foto istri 4×6, waduh bakalan disuruh balik lagi nih kayak teman saya 2 bulan lalu, begitu pikir saya…

eh, ternyata tidak juga…kopi KK dianggap cukup, fotonya ya karena kegedean terpaksa digunting… Ngomongnya pun dengan ramah…

Selesai ngupdate data istri dan anak, ternyata kartu Askesnya pun langsung jadi…lha kirain bakal disuruh nuggu berapa hari gitu baru jadi kartu Askes buat istri dan anak saya…hmmm…kemajuan juga nih Askes…padahal 2 minggu lalu mo ngurus Tasp*n aja ribetnya minta ampun… dah jadinya seminggu kemudian, disuruh bawa SK mutasi lagi (padahal dah beberapa kali mutasi juga)

Saya jadi kagum dengan Askes, sudah jam istirahat pelayanan tetp buka (gantian jaga, soalnya dari 4 counter cuma 2 counter yang nerima antrian), petugasnya ramah, gak ribet ngurusnya lagi…

contoh kartu askes, gambar dari google

Semoga layanan ini juga bakal tetep bagus ketika ada klaim dan terus ditingkatkan… juga pelayanan di RSnya semakin diperbaiki lah, biar gak ribet bin lama kayak di daerah asal istri yang pemegang askes masih saja suka ditelantarkan….

Oya, nama petugas pelayanannya pak Dewani, orangnya ramah dan enak diajak ngobrol….makasih pak atas layanannya….

Itu saja!

NB: Semoga PT Tasp*n bisa niru, mosok mo bikin kartu Taspen aja mpe seminggu jadinya…muales bolak-baliknya…apalagi kalo sempet keurangan berkas kayak saya kemarin…dongkol!

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Juni 2011 in cerita, goblog, Umum

 

Tag: ,

9 responses to “Pelayanan ASKES kok jadi gini ya?

  1. smartf41z

    24 Juni 2011 at 14:57

    Ortu ane pensiunan PNS. seumur hidup ga pernah pake askes. Setelah pensiun baru mau pakai. Pelayanan Ribet! semoga aja sekarang lebih baik

     
    • kangmase

      24 Juni 2011 at 20:38

      weuih wong sugih…..

       
    • harikuhariini

      26 April 2012 at 13:31

      Coba sebutkan asuransi mana yg ga ribet? Semua asuransi sama, pasti ribet, cuman tingkat keribetan nya aja yg beda. Tergantung iuran yg qt bayarkan toh..

       
  2. ipanase

    24 Juni 2011 at 19:29

    emang susah bro

     
  3. Rental Screen & Projector

    1 Juli 2011 at 15:05

    Bkinya gk susah ngantri nya ini panjang bngt……

     
  4. KTB

    13 Januari 2012 at 09:50

    Tanya dimana ya?

    ASKES Ibu sy issued di Denpasar, katanya gak bisa di pake di RSUD Singaraja Bali, apakah ASKES hanya berlaku pada tempat pembuatannya saja? tidak diseluruh Indonesia?

     
    • gisell

      1 Mei 2012 at 20:55

      bukan ngk bisa,mungkin datanya belum di ubah kali gan…🙂

       
  5. gisell

    1 Mei 2012 at 20:53

    NGK semua yang loe bilang itu bener,, jaman udh makin maju
    website askes juga udh ada,,rata2 perusahan dan instansi juga udah punya website
    semuanya lengkap gan,klo mau baca

    hahahahah…….

     
  6. nopan

    9 Februari 2013 at 19:53

    Klaimnya gampang ga klo pake askes? Untuk general medical check up katanya cm buat yg usianya 30 thn ke atas ya? -,-

     

Tinggalkan Balasan

 
