RSS

Yamaha vs Honda, Yamaha keliru memilih image

20 Mei

Honda: mesin irit, body elegan

Yamaha: mesin kencang, body futuristik

Begitu kira-kira image yang saya peroleh ketika dulu saya baru mengenal motor. Saya tidak tahu apakah itu benar image yang berusaha ditanamkan ATPM masing-masing ketika merilis produknya di pasar tanah air, atau hanya image yang berhasil saya tangkap saja sebagai konsumen…

Karena itulah, jika image yang saya tangkap ini salah, maka tulisan dibawah ini tidak seharusnya sampeyan baca. Cukup stop membaca sampai disini saja. Jika sampeyan tetap terus membaca maka saya anggap sampeyan setuju dengan image yang saya tangkap seperti diatas.

Oke, Jika memang benar image yang ditanamkan YMKI sebagai ATPM Yamaha seperti diatas, bahwa Yamaha itu kenceng dan bodynya futuristik, maka saya anggap image yang dipilih itu keliru.

Kenapa?

Pertama, image kenceng berarti menuntut motor2 Yamaha harus bisa dibandingkan dengan motor produk lain dan seharusnya selalu atau hampir selalu menang. Maksudnya, motor Yamaha akan selalu dipake untuk adu balap.

Kedua, setiap varian motor Yamaha dituntut untuk selalu lebih kenceng daripada motor sekelasnya dari pabrikan lain. So, semua produk motor yang akan dirilis harus selalu dikembangkan untuk selalu menjadi kencang. dan R n D ini biayanya besar, apalagi kalo sering mengeluarkan motor dengan basis mesin yang berbeda. Beda dengan Honda yang ingin meanmpilkan image irit, jika motor yang mo dirilis lumayan boros, ya tinggal sematin aja fitur injeksi. Disinilah bedanya, image kenceng tergantung mesin, sedangkan image irit bisa diakali dengan menambah atau mengurangi fitur, yang tentunya RnDnya gak perlu dilakukan dengan biaya besar karena toh fitur ini untuk beberapa motor gak perlu penanganan yang terlalu berbeda.

Ketiga, image futuristik berarti menuntut Yamaha untuk selalu up to date dengan perkembangan bentuk motor dan selera konsumen dimasing-masing rentang waktu. Facelift dan major change bentuk body harus sring dilakukan agar gak kehilangan image ini. Dan ini tentunya biayanya gak murah juga. Sedang image elegan Honda lebih bisa bertahan lama, buktinya motor2 lawas Honda masih terlihat elegan hingga sekarang…

Keempat, balik ke image kencang lagi, Yamaha harus selalu meriset mesin yang gak kalah dengan mesin2 pendahulunya. Hilangnya si raja, RX KIng dan tanpa pengganti yang sepadan menunjukkan kegagalan Yamaha menciptakan pengganti kekencangannya. Ini berarti juga bahwa image kencangnya sudah mulai luntur… Belum lagi dengan datangnya pemain baru seperti Bajaj Pulsar 220 yang juga membawa tagline kencang di produknya, tentunya semakin memudarkan image kencang dari Yamaha

Kelima, image futuristik berarti harus selalu meriset selera konsumen, padahal selera konsumen terus berubah, dan konsumen satu dengan lainnya tak sama, so Yamaha lah yang seharusnya menentukan bahwa gini lho motor futuristik itu, yang berarti butuh dana yang besar dan ditunjang banyak produk yang ada di semua segmen dan kelas. So, dengan terbatasnya pilihan motor Yamaha di pasaran negeri ini, maka bisa dikatakan image futuristik itu juga telah mulai hilang…

Keenam, dalam kondisi krisis atau daya beli konsumen terhadap motor turun, biaya RnD untuk mempertahankan image futuristik dan kencang tetep tinggi, padahal konsumen gak mau beli motor mahal, so Yamaha bakalan susah untuk menurunkan harga. Kalo honda justru akan semakin dipilih karena image irit berarti akan sedikit keluar duit buat beli BBM.

Ketujuh, image kencang juga memberi efek samping berupa image boros, so dengan harga minyak dunia yang terus meningkat, konsumen kelas bawah khususnya akan lebih memilih motor yang irit BBM

Kedelapan, dalam kondisi keuangan ATPM yang kekurangan, biaya RnD untuk terus menerus mempertahankan image futuristik akan berkurang sehingga image futuristik tak dapat dikembangkan secara makssimal.

Nah, jika sudah demikian, maka menurut saya Yamaha sedari awal memang sudah salah memilih image kencang dan futuristik. Tinggal bagaimana Yamaha akan menyikapinya, terus mempertahankannya atau akan mengubahnya dengan image-image yang lain? Ini tentunya jika memang benar image itu yang coba ditancapkan di mind set konsumennya. Jika bukan itu image yang coba ditancapkan, maka itu kesalahan saya saja dalam menagkap image motor2 yamaha.

Sekian saja lah. Itu saja

NB: kemarin dah diserang FBH, kata ganang, apa saya gak takut diserang FBY? hmmm…ini kan pendapat dan saya sudah mewanti-wanti dari depan, so…..

 
54 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2011 in goblog, otomotif, Umum

 

Tag: ,

54 responses to “Yamaha vs Honda, Yamaha keliru memilih image

  1. yuwon

    20 Mei 2011 at 08:09

     
  2. Maksain Didepan

    20 Mei 2011 at 08:17

    Analisa menarik gan. Image yg ada dibenak saya dulu Yamaha itu kencang & boros, sdgkan image sekarang kencengnya udah pudar, cuma borosnya masih tetep ya? Kesimpulannya Yamaha berhasil mempertahankan image borosnya, sementara tidak berhasil mempertahankan image kencangnya. Ini murni pendapat pribadi saya.

     
  3. Takumi Fujiwara

    20 Mei 2011 at 09:34

    kalau kenceng tu urusan rider.

    semua motor tu lemot,tiap hari macet je xixixi

     
  4. agoey

    20 Mei 2011 at 09:37

    Yang bisa nandingin kencangnya yamaha cuma suzuki..

    http://agoey.wordpress.com/2011/05/20/terobsesi-jadi-pembalap/

     
  5. GSF 400 BANDIT

    20 Mei 2011 at 09:48

    Mau cari motor berteknologi ya ke HONDA
    Mau cari motor dengan model okeh ya ke YAMAHA
    Mau cari motor kenceng ya KAWASAKI
    Mau nyari motor yg nyaman ya SUZUKI
    Mau nyari motor murah ya BAJAJ

     
  6. extraordinaryperson

    20 Mei 2011 at 09:50

    bvetul juga sih….image kencang tapi di line produk gak ada 2 tak ….coba kalo ad aTZM😀

     
    • Virus

      20 Mei 2011 at 10:54

      eaaa klo ad TMZ sangar tenan…
      *ayo YMKI barangkali mau mbrojolin lg yamaha TZM reborn dgn desain yg fresh…xixixixi

       
  7. Mas Agus Riyanto

    20 Mei 2011 at 10:55

    ada benarnya sih image yamaha sbg motor kencang atau gampang dibikin kencang sehingga banyak dipakai anak muda CMIIW.

     
  8. NanaRedPr☺

    20 Mei 2011 at 11:04

    gara2 image kenceng vs irit itu yang bikin bini harus ngeluarin veto gak boleh ambil yamaha byson dan bolehnya honda nmp,takut lakinya kenapa2 katanya.*takut lakinya dilirik celengan laen kali*
    SALAM KARET BUNDARâ„¢

     
    • kangmase

      20 Mei 2011 at 12:46

      byson bukannya gak kenceng ya? dan gak boros2 amat juga…

       
  9. ngukur dalan

    20 Mei 2011 at 11:14

    emang kalo standartnya nggak lagi kencang, tapi mudah di bikin kencang…, rata2 part racing yamaha dari yg murah sampai mahal bejibun…akibatnya liat sendiri , mio pun di jalan larinya kayak setan…besok bahas” inovasi yg terhenti ” ya….

     
    • kangmase

      20 Mei 2011 at 12:45

      yup, disini dibahas standartnya aja bro…

       
  10. inot

    20 Mei 2011 at 11:24

    kencang = top speed.
    yang paling pas ya SUZUKI MOTOR INTERNATIONAL

    HAYABUSA, TL 1000, B-King, GSXR series, GSF series, semuanya punya top speed tinggi, bahkan di Indonesia, Shogun juga jadi motor ekonomis yang terkenal sangat kencang, dengan beraninya suzuki memasang CDI non-limiter di produk ekonomis ini sehingga dengan mudahnya meraih top speed 120km/h.
    di 2 stroker ada RGR dan Satria RU.
    Masih ada lainnya lagi di 4 stroker ada FXR dan FU dengan mesin DOHC nya, setara dengan teknologi moge..

    Suzuki jor2an teknologi kenceng, gimana dengan Yamaha, Kawazaki dan Honda?

     
    • moen

      21 Mei 2011 at 08:52

      walah mas sampeyan apa gak pernah liat motor gp? Buka dunk dan ikutin trus perkembangan motor gp mestinya,sebelum komentar .Di motor gp,motor suzuki gak pernah naik podium selalu dibarisan belakang padahal di moto gp adalah ukuran setiap pabrikan untuk memamerkan setiap keunggulan produk dan teknologinya.Yang ada juga keikut sertaanya malah dikurangi jadi 1 pembalap saja.Jadi kesimpulanya pabrikan manakah yang punya teknologi lebih unggul?

       
      • kangmase

        21 Mei 2011 at 08:58

        spertinya yang dibahas motor versi jalanan yang dijual di Indonesia deh, lagian motogp mah tergantung dana, lagipula motogp kan cc-nya gedhe, bukan motor kecil (250 cc kebawah) yang seperti saya maksudkan….

         
  11. agungsevi

    20 Mei 2011 at 12:04

    bener mas bro..
    kalu dipikir pikir, yamaha kudu berubah, kudu punya inovasi layaknya honda! dengan kekuatan dan kemampuan kompetitor lain yang mempunyai inovasi dalam rangka efisiensi bahan bakar maka yamaha harus bergerak lebih cepaat! dan lebih canggih tentunya.. eit jangan lupa lebih murah juga!! xixixix

     
  12. salmanpedrosa

    20 Mei 2011 at 12:25

    gak tau di motogp ada rc212v paling kenceng, fxr masih dijabanin sama cbr150, apalagi RGR ya langsung tewas sama NSR-SP ,kalau di oprek CBR1000RR fireblade yang paling enak dan tahan lama, raider 125 thai yang dohc masih kalah sama sonic 125 sohc,kalau raider150(fu) emang cc nya lebih tinggi,era gp500cc 2tak honda NSR-series merajai,jadi gak selalu pabrikan tertentu yang paling kencang dikelasnya

     
    • kangmase

      20 Mei 2011 at 12:39

      sorry saya gak mbahas motor balapan….

       
    • ncham

      21 Mei 2011 at 03:03

      Betul sekali

       
  13. salmanpedrosa

    20 Mei 2011 at 12:26

    motor irit nan kuenceng ya cuma HONDA

     
  14. azizyhoree

    20 Mei 2011 at 12:38

    sing penting sreg di hati mana motor yg mau di pinang

     
    • kangmase

      20 Mei 2011 at 12:48

      Suzuki GW250 bro, tapi kapan keluarnya?

      *nungguin, tapi cuma nyiapin duit 25 jeti…

       
  15. dnugros

    20 Mei 2011 at 14:05

    intinya sekarang yamaha lagi kehilangan tag line nya, semua kata2 yang ada di yamaha udah bergeser ke pabrikan sebelah, terus gimana ini?

     
  16. salmanpedrosa

    20 Mei 2011 at 15:56

    wah blogna fbs ,kabur ah

     
  17. Darmawan

    20 Mei 2011 at 19:57

    Yamaha indo hmm standar – standar ajalah.. xixixi

     
  18. simoncelli

    20 Mei 2011 at 20:17

    kayaknya yamaha sering mengatakan semakin di depan yg lain semakin pasrah,, tapi jika di lihat realita yamaha justru semakin ketinggalan,, dan tagline yamaha selalu meremehkan pabrikan lain tidak seperti honda,suzuki dan kawasaki

     
  19. Triyanto Banyumasan

    20 Mei 2011 at 20:57

    ada masa didepan ada masanya dibelakang

     
  20. sero

    20 Mei 2011 at 22:09

    makanya Yamaha selalu bikin motor dengan cc lebih gede dari kompetitor

     
  21. Goyip

    20 Mei 2011 at 22:28

    Kan biar kelihatan lebih kenceng makanya cc nya dilebihin…tapi ngomong2 masalah kenceng motor yamaha apa sih yang paling kenceng diantara kompetitor sekelas…jangan ngomong part racing bejibun…kita ngomong standar harian aja…

     
    • Who Am I

      21 Mei 2011 at 00:54

      Mikir dulu sebelum ngomong.
      sekelas?150 cc.SOCH
      lo pake NMP standar.aq pake vixi standar.
      Berani gak?
      LEBAY

       
      • yamaha Alfa '97

        21 Mei 2011 at 02:05

        Vixi Standar….. Emange Kenceng….. Aku dah Coba pake HSX 125 Standar aja bisa ngimbangin tuh motor… ga cuman gue.. temen** gue jua dah nyoba buktiin… apalagi klo buat pulang kampung… dijamin ga bakal bs lari tu vixi….. ( Ini bukti bro… dan ga cuman 1 orang aja yg nyoba… )

         
        • Who Am I

          5 Juni 2011 at 20:17

          Stop and Go aja.
          201 m ato 400 m ato 1000 m.
          Loe boleh pake HSX 125 ato NMP.
          aq vixi standar.
          Berani gak?
          kalau niat balapan, HSX TIDAK AKAN PERNAH NGALAHIN vixi.

           
          • FU Rider's

            12 Desember 2011 at 01:02

            Dan Vixi Tidak akan Prnh Ngalahin NMP Or CB Unicorn Dazzler… klo HSX yg Injeksi Mngkn ane prcaya Msh Bisa Buntutin c vixi,, tp klo HSX Krbu,, Ane msh ragu Klo msh sama2 Standar,., Selama ane Pake NMP Blm Prnh kalah Dlam Berakseeeeeeeeeeeleeeerasiiii,,, Ma vixi Yg Mesin ny Oversroke, 4 klep, cungkring, mtor sport yg brat ny cuma 120 kg, n Ban standar ny pake ban sepeda ( Kta ny c bwt ngejar Topspeed) n fuel injeksion yg kata ny standar ny bs 140 kpj itu tuh… Dan wlpn C Vixi udh di dpan NMP ane,, Ane msh Bs Ngejaarrrr tuh Vixi ampe ke ujung dunia sekalipun… N knyatan ini Bner2 ane alamin… ane g fanatik merk gan,, slain NMP ane jg Pny FU.Pa Lg Mw lwan FU ane?? Konyol nama ny,, Klo cuma Vixi NMP aja CUkup Bwt Ngeladenin Vixi… hahahaaaaaaaaaaaa… Ini Cerita Hidupku, Bagaimana Cerita Hidupmu?

             
  22. SAMBOGA

    20 Mei 2011 at 22:52

    Kencang2 yg penting bisa rem “abs”

    ASAL BERHENTI SYUKUR

     
  23. bento

    21 Mei 2011 at 00:44

    spontan nya brow
    kalo honda guyurrrr maning

     
  24. Pino Kio

    21 Mei 2011 at 07:38

    sayang sekarang motor2 yamaha malah lemot2.
    cc-nya naik tapi malah lebih lemot.

     
  25. avatarx

    21 Mei 2011 at 07:44

     
  26. 1098

    21 Mei 2011 at 09:33

    bener juga ya bro, kalo liat iklannya Y, lebih ke arah kenceng futuristik, tapi ya di iklannya aja, salah satu tempat bangun image. inget kan komeng ngerubuhin jembatan😛, ngacak2 bengkel yg “semakin pasrah”.
    no offense

     
  27. ken arok

    21 Mei 2011 at 11:10

    gimmick iklan doang tuh… Aslinya sesama pabrikan jepang mo H,Z,Y,K itu sama saja tegantung spesiesnya…

     
  28. Goyip

    21 Mei 2011 at 11:38

    yang bilang vixion ama NWP sekelas orang idiot…Vixi harusnya lawan CBR 150 ntar…jiahhhh…tambah jauh lagi dah…

     
  29. Goyip

    21 Mei 2011 at 11:39

    yang bilang vixi sekelas ama cbr juga idiot ya…harusnya R15 lawan cbr 150…lahhh baru kereeennn…

     
    • Who Am I

      28 Mei 2011 at 21:27

      awal nya loe bilang sekelas.aq asumsikan 150 cc SOCH.
      loe yg gak bisa baca cc&SOCH ya?
      vixi 150cc SOCH
      NMP 150cc SOCH
      sama kan?

      CBR tu 150cc DOCH.wah loe tu dah rabun ya?
      kl adil tu standar vs standar.SOCH vs SOCH.DOCH vs DOCH.

       
      • FU Rider's

        12 Desember 2011 at 01:13

        heheheheeee…. Vixi Lg Dah, Napa Ya klo di jalan tiap x ane liat c vixi sllu aja emosi pzti ane dluan yg sllu cari mslh,, hahahaaaaaaaaaaaa… Vixi Koq mau Ngeladenin CBR, Lwan NMP aja dlu yg msh 2 klep,, teknologi jadul yg msh pake krbu aja ngoz2an.. hahahaaaa.. aneh ni Orang….. Biasa ajah Maz Bro..!! Oea Lupa, Sblm lwan CBR, Ngimpi Dlu lawan FU yg Mesin ny Jg DOHC.. hahhaaaa,,, ada2 saja,,,

         
  30. Goyip

    21 Mei 2011 at 11:46

    yg jadi masalah kalo R15 mesinnya sama ama vixi…apes…

    @ Who Am I …cobain NMP dah baru koment jgn sampe dibutakan ama merk…gw dah coba tu motor lumayan kenceng dibanding gw nyoba vixi standar juga…jangan fanatik terlalu over ntar malah benci lho…

     
    • Who Am I

      28 Mei 2011 at 21:21

      Bkn nya loe yg di butakan oleh merk???gini aja.loe pake NMP standar.aq vixi standar.
      track 201 m ato 400 m.
      berani gak?

       
  31. menone

    21 Mei 2011 at 13:58

    tapi yamaha…..emang mantaaaaaaaaaaaaaaapppppppp

    salam persahabatan selalu dari menone

     
  32. pelangiituaku

    21 Mei 2011 at 22:43

    temen-temen, aku lagi ikutan lomba blog, mohon bantuannya untuk membaca dan memberikan komentar ya diblog saya. silakan klik http://pelangiituaku.wordpress.com/2011/05/09/hipnotis-fatamorgana/
    makasih untuk kunjungan dan komentarnya, semoga amal kebaikan dibalas oleh Tuhan. amin🙂

     
  33. PIESformer

    22 Mei 2011 at 01:51

    ane setuju dgn komentar balik dr penulis, dan tepat sekali, yg dibahas adalah motor kencang versi produk massal/komersial, bukan motogp yg notabene hasil racikan khusus balap, kalo produksi masal/komersial tetap terkencang Hayabusa (dr byk review di internet, maklum gk punya duit nyoba sendiri..hehehe)..analisa bagus masbro..like this..

     
  34. bebe

    15 Juli 2011 at 10:45

    sekarang ntu tinggal msyarakt na aj mna yang mau dipilih nya
    yg elegn tau furturistik

     
  35. avatarx

    14 Agustus 2011 at 23:48

    update motogp.. stoner menang di brno..

    lihat videonya disini :
    http://otobizz.blogspot.com/2011/08/video-motogp-brno-2011-casey-stoner.html

     
  36. erclickbutton

    6 September 2011 at 13:19

    Motorku Vixi tapi pengen ganti mesin sama Suzuki satria FU bisa ndak ya?? rencana mesin vixion mau kubuang aja,mesin lemot n Mbrebet gitu.

     
  37. Rudy KatsuKi

    6 September 2011 at 13:53

    orang indo kadang ndak butuh irit,fitur canggih.tapi yang penting mesinya canggih dan bisa cepat di topspeed. coba bikin polling tarikan awal cepat tapi topspeed ngedrop vs tarikan awal rada lemot tapi topspeed cepat.aku yakin pasti bakal banyak yang suka awal ngedrop tapi topspeed cepat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: