setelah membaca banyak tulisan tentang CBR 150R, saya tertarik dengan data spesifikasi yang disebutkan bahwa ni mongtor meski cuma 150cc, tapi tenaga maksimumnya mencapai 19,5hp. dan saya pun ternganga…
Wuih, motor cuma 150cc tenaganya gedhe banget euy, …sorry kalo udik, tapi biasalah saya membandingkan dengan si Michael yang notabene 160cc tapi tenaganya cuma sekitar 14hp saja..
So, searching data lengkap spesifikasinya pun dimulai, dengan mengetikkan frase spesifikasi cbr 150 di sitenya WP, dan didapatkan data spesifikasi yang njelimet, maka akan saya bahas sesuai alasan kenapa saya jadi ngiler saja
1. Mesin 150 cc 4-tak, fuel injection
Saya suka dengan fitur injeksinya, yang selain bikin motor jadi ngirit BBM, tentunya bikin saya harus lebih melek tentang teknologi inih…
2. Maximum Power: 19.5bhp@10500rpm
Nah, ini jelas, saya minat banget dengan motor tenaga gedhe tapi meski di rpm yang lumayan gak terlalu tinggi (update: dianggep tinggi atau gak ya? monggo sampeyan lah). Tapi, alasan kenapa saya nyari2 spesifikasi ni mongtor ya karena tenaga maksimum ni mongtor
3. Maximum Torque: 17NM@8500rpm
torsi gedhe, manteblah. di jalanan macet juga gak masalah soalnya beratnya masih bisa ditolerir tubuh ini (updated)…
4. Top Speed: 160kph
saat ini saya cuma butuh motor dengan speed 100kpj saja, gak mau ngebut lagi lah, jadi ini terlalu berlebihan untuk saya…
5. Gears: 6 speed manual
setelah make si Michael yang giginya cuma 5, make motor bergigi 6 bakal lebih manteb kayaknyah…
6. Seat Height: 783mm
posisi duduk gak terlalu tinggi, lumayanlah gak bakal jinjit
7. Dry/Curb Weight: 138kg
lumayanlah, gak berat2 amat, palingan berat isinya 150kg-an
8. Tyre size: front β 100/80-17, rear β 130/70-17
Tyres: Tubeless
Sudah pengen pake ban belakang lebar, tapi si Michael gak bisa, harus ganti arm lah, mahal. Mo naikin 1 tingkat pake ban Tiger aja, standar si Michael dah mentok. So, ban lebar CBR 150 R bakal sesuai keinginan lah…
9. Brakes(front) 276mm Disk
Brakes(rear) 220mm Disk
Double diskbrake, harusnya lebh pakem, apalagi kalo agak cepet dikit saya udah takut ngeremnya bakalan gak sempet (pengalaman nabrak tukang sampah), so yang lebih pakem akan sangat membantu gaya berkendara saya
10. Fuel Capacity: 13.1 litres
Ini penting karena saya orangnya males ke pom bensin, hehehe…
Dari beberapa alasan diatas, saya memasukkan ni mongtor dalam motor2 penggoda niat sebagaimana telah saya tulis disini, meskipun jenisnya sudah beda, motor yang bener2 saya inginkan adalah naked bike, tapi ini sport berfairing….
Itu saja
NB: semoga harganya gak nyampe 28juta lah, biar ada kemunkinan beli….
warung DOHC
15 Mei 2011 at 07:51
kalau mau terawang secara “orang awam”, kenapa tenaganya bisa segitu, lihat aja dari ciri2 bentuk engine nya yang ruwet bro!
belum pernah lihat isi dibalik tangki nya jika dilepas ya? kapan2 dech tak posting xixixixi π
btw tuch gambar versi rumor jaman jebot π
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/05/15/bocor-alus-yamaha-fino-sepertinya-memang-akan-diproduksi-ymki/#comment-10551
kangmase
15 Mei 2011 at 07:54
belum liat bos…monggo dipost….
gambar asal ngambil bos, gak ngerti beda ma aselinya yang sekarang…
Takumi Fujiwara
15 Mei 2011 at 08:25
njlimet tenan og,banyak selang/pipa ngalor ngidul di mesinnya(gak ada ruang kosong),
beda sama vixion yang ringkes,tp ya itu tenaganya juga ringkes,cm14,8hp.
Amama Ali
16 Mei 2011 at 08:17
kok DOHC-nya gak ditulis mas bro, awas lho ntar dimarahi klo juragan DOHC π
kangmase
16 Mei 2011 at 08:37
DOHCnya kelupaan bos, anggep aja di point satu lah….
EXYBAND
15 Mei 2011 at 08:17
hmmm…
emang bikin ngiler bro, tp klo CBU ya alamat cuma bisa ngiler doank.
kangmase
15 Mei 2011 at 10:39
kan rencananya CBUnya awal doang, trus mo diCKD-in, kalo gak salah info sih…
Hourex150L
15 Mei 2011 at 08:18
hehehe, seandainya Saya belum punya sipaIJO keknya bakalan ngandangi satu yang ini Mase..
*podho, Saya yo ngiler sama Motor iki..
Srigala
15 Mei 2011 at 08:22
Kepingin
kangmase
15 Mei 2011 at 10:41
podho….
yuwon
15 Mei 2011 at 09:13
moga aja dibawah 20 juta
numpang pemean
Peluang Yamaha X-Max 250 ABS Sangat Besar
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/peluang-yamaha-x-max-250-abs-sangat.html
Yamaha R4 YZF-250
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/yamaha-r4-yzf-250.html
Drag Race: Ducati Diavel VS Yamaha V-Max
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/05/drag-race-ducati-diavel-vs-yamaha-v-max.html
Ninja 250 R VS CBR 250 R Termignoni Exhaust
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/03/ninja-250-r-vs-cbr-250-r-termignoni.html
kangmase
15 Mei 2011 at 10:40
kalo dibawah 20 juta kayaknya gak mungkin bro, wong motor yang gak berfairing aja dah 20jutaan kok….
Cicakmerah
15 Mei 2011 at 10:13
cm mw nanya.. sat fu tenaganya brp HP ya? kan sama2 150cc dohc π
kangmase
15 Mei 2011 at 10:17
ndak tahu bro, tapi karena bentuk FU yang kecil, gak cocok buat saya, so dah gak masuk hitungan saya… lagian lebih suka motor laki…
daru vixionr15
15 Mei 2011 at 10:18
yah siapa sih yang gak mau 19,5 hp 150cc ? cuma sayangnya beratnya keringnya sampe 130++kg ,
kangmase
15 Mei 2011 at 10:41
justru itu bro, anteb (berat) banget….
daru vixionr15
15 Mei 2011 at 14:17
Yup, disinyalir rasio power sama aja dengan yg lama wong yg lama 17hp berat keringnya 11-12 sama vixy kok.
aiefz
15 Mei 2011 at 10:31
Tenaganya emang gede ampir sama kaya FXR…
Tapi lebih fresh dan keren…
IMHO
Goyip
15 Mei 2011 at 10:46
2. Maximum Power: 19.5bhp@10500rpm
Nah, ini jelas, saya minat banget dengan motor tenaga gedhe tapi di rpm yang gak terlalu tinggi. alasan kenapa saya nyari2 spesifikasi ni mongtor ya karena tenaga maksimum ni mongtor
10500rpm 1tu tinggi lho bos…dia dah masuk putaran atas…karena maksimum dengan strooke baby cbr ini bisa 12500rpm dengan limiter yg udah bikin breber brebet
kangmase
15 Mei 2011 at 10:52
yo wis manut lah kalo dianggep tinggi, soale kalo saya ngebut biasanya kan sampai redline, ni masih lumayan ada jarak dari redlinenyah… …
Goyip
15 Mei 2011 at 10:59
Naik yang mana bos megapro???bisa jadi ngebutnya sampe redline tapi sebenarnya dah overdrive….karena max powernya dah dari 8000an didapetnya…kalo ada grafiknya rpm naik tapi power dah turun dari tadi.
kangmase
15 Mei 2011 at 11:06
megapro dah gak bisa dipake ngebut, lagian sekarang dah gak berani ngebut…
palingan dulu make motor temen ninja 150…
Goyip
15 Mei 2011 at 10:51
3. Maximum Torque: 17NM@8500rpm
torsi gedhe, manteblah di jalanan macet juga gak masalahβ¦
Torsi juga ada diatas justru kurang sip buat macet…bedain ama yg strooke panjang paling 6000 dah dapet torsi max…motor ini siip buat lurus kenceng…dibawa nanjak kepuncak gunung aja masih enakan kharisma/supra X 125…
kangmase
15 Mei 2011 at 10:56
8500rpm kayaknya gak tinggi2 amat deh,…
yakin enakan supra x125? dah komparasi bos? share dong hasilnyah….
Goyip
15 Mei 2011 at 11:07
kharisma termasuk motor dengan torsi gede dibawah bos mirip jupiter z cuma….kalo nanjak kita butuh torsi di awal2 rpm bukan diatas….gw dulu rider FXR&CBR setiap sabtu seringan naik yg deket2 aje macem puncak…kalo diajak nanjak cibie tu mau ganti gigi salah…gak ganti gigi rpm dah nggerung….mau ganti gigi gimana orang lagi nanjak…tapi karisma,supra,jupie…dengan enaknya wusss….wusss….kalo dipaksain sih kesalip karena cc mereka lebih kecil….tapi masalah dengan grip gas baru setengah dah cepet nanjak dan tenaga terasa lebih enak.
kangmase
15 Mei 2011 at 11:12
sorry kalo motor dg torsi gedhe dibawah sih sepertinya megapro saya jauh diatas SupraX125, pernah nyobain 2-2nya di Ciwideuy n lembang, bandung dan kebetulan bareng CBR (yang lama) milik temennya temen dan dia jauh lebih nyaman keliatannya…tapi gak tahu juga, gak nyobain….
yah, sebagian udah takralat tuh….
Goyip
15 Mei 2011 at 12:04
Langsam aje 1300san bos…kalo macet pake 8500rpm didapet pake gigi berapa 1&2??pasti suaranya dah kayak helikopter kalo gigi 1,2 dipaksa segitu…gigi 3&4?? masak macet pake gigi 3,4…macet tuh ya enakan gigi 1…seperti tunggangan saya sekarang gigi1 nya bisa nyampe 110kph…lha wong matic.
kangmase
15 Mei 2011 at 12:07
lah kalo gak mo ngebut ngapain juga nyampe nyari tenaga maks? yang penting mah jalan dulu, lagian saya juga sudah tidak srunthulan lagi… jadi ya mbuntutin pengendara di depan saja pelan2 ngikutin kemacetan….
Goyip
15 Mei 2011 at 10:54
Siap2 punya motor sama ma ane bos kalo githu…
kangmase
15 Mei 2011 at 11:14
ni juga belum tentu, niatnya tetep nungguin yang naked bike ajah…
Maskur
15 Mei 2011 at 11:06
foto cbrnya jadul.

cuma isu.
yang beneran yang ini
kangmase
15 Mei 2011 at 11:14
tar kalo sya ganti gak ada yang komentar lagi dong, hehehe….
ngukur dalan
15 Mei 2011 at 12:20
..coba ungkap sisi negatif motor ini, jamin kobong…!!!, kalo begini mah fbh leyeh2 sambil udad-udud…klepas-klepus…
kangmase
15 Mei 2011 at 12:42
besok2 lagi lah, mosok obong2 terus
wekekeke
umarabuihsan
15 Mei 2011 at 12:20
keluwesan motor naked kadang2 yang bikin ngerem untuk berpikir labih jauh mengganti piksen njlitengku, walaupun benernya ikut ngiler…
http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/05/15/dalam-hal-varian-model-motor-sebaiknya-mencontoh-atpm-mobil/
kangmase
15 Mei 2011 at 12:43
yup, sebenere lebih suka motor naked juga, tapi belum ada yang sreg di hati untuk nggantiin si Micahel….
ax125
15 Mei 2011 at 15:46
katanya ni motor dipakenya anteb…
emang udah pernah nyoba ya…..????
kangmase
15 Mei 2011 at 16:54
apakah ada kaitannya antara anteb (berat) dengan harus memake kalo dengan disebutkan berat kosongnya yang 138 saja sudah jelas lebih berat dari motor saya yg sekarang?
oya, tahu kan anteb tu khusus menggambarkan berat suatu barang secara subyektif?
*piss
dumsky
15 Mei 2011 at 16:38
FXR katanya ampe 21 HP mas
*ngarep Suzuki nge-reborn FXR lg
kangmase
15 Mei 2011 at 16:56
kelamaan bro kalo ngarepin yang belum kedenger rencananya juga….
joetrizilo
15 Mei 2011 at 16:53
Kalo mahal ndak jadi beli..
π π π
kangmase
15 Mei 2011 at 16:57
mahal ntu subyektif bro….ya tho?
Komengtator
15 Mei 2011 at 18:01
Waduh gak obong2 lagi masbro?? Hehe… Piss lah… CBR150 gak sekeren yang dibayangkan, karena aslinya memang super keren… Sayang belum pernah coba…
Icaq's
15 Mei 2011 at 18:45
Padahal dari desain aku lbh suka gambar di atas dp CBR jadi2an skrng (krn aslinya itu VFR). hehehe…piss bro.
smartf41z
15 Mei 2011 at 22:32
yang bisa ngalahi denger2 cuma FXR 150 ya?
http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/15/simoncelli-hebat-tapi-nekat/
Abu Tanisha
15 Mei 2011 at 23:20
teman sudah ada yang punya, sayang kurang akrab, jadi belum sempat test ride, pilihan sebelum r15 keluar
btw setelah 2x nulis artikel tentang rangka yang βdicoakβ, berikut klarifikasi dari diriku yang tidak dewasa dalam menanggapi komentar yang masuk
http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/05/15/klarifikasi-dariku-tentang-rangka-yang-dicoak/
kangmase
16 Mei 2011 at 06:27
udah dibaca om, ngerti point of view sampeyan lah….
Bonsai Biker
16 Mei 2011 at 10:02
manteeb wes tebusssssssss
kangmase
16 Mei 2011 at 12:33
rung dirilis je….regane rung cetho piro…
Virus
16 Mei 2011 at 13:10
om kangmase skalian bertanya, pajak kendaraan brmotor klo CBU ama CKD mahalan mana…kebetulan om kan orang yg kerja di pajak…dan klo bs dibuat perhitungan pajak ny seandai ny cbr150 di CBU seharga 30jutaan atao di bawah nya (terserah letak harga brp, kan berandai-andai)…
kangmase
16 Mei 2011 at 13:13
soal CBU vs CKD dan harga CBR 150 udah dianalisa bro, disini:
https://kangmase.wordpress.com/2011/04/16/ganang-ngitung-itung-harga-cbr-150-r0-r/
terus diperbarui disini:
https://kangmase.wordpress.com/2011/04/22/ppn-pkb-dan-bbnkb-sepeda-motor-hitungan-ganang-harga-cbr-150r-salah/
Virus
16 Mei 2011 at 13:19
wah terlewat ane baca nya…trima kasih om
blackmax
16 Mei 2011 at 18:04
wah tenagana manztab..
btw, untuk tanjakan pake torsi gede = enak..
gw dah nyoba di cbr250gw.. π
arantan
17 Mei 2011 at 10:11
Sikat ajaaa, harusnya OK kok!
baek haiti
18 Mei 2011 at 08:35
kang udah pernah coba cbr 150 belum performa mesin keren halus banget……..kalu sampeyan naik vixion merasa nyaman mesin enak……..cobain naik cbr 150 jauh lebih enak mesinnya diajak laju atw pun pelan………..pokoknya ni motor mesinnya enak banget bro mesti coba dulu tes jalan minimal 10KM baru deh pasti ketagihan…………khas banget mesinnya bikinan thailand……..yg performanya nggak diragukan lg………………………………………………………………………………….
cbr 150 jika dibandingkan dengan FXR emang sih di spek diatas kertas keluaran spek suzuki lebih unggul dari cbr…………
………..tapi anehnya setelah di tes di lapangan tes langsung di trek……fxr kalah telak dari cbr …mo bukti cek aja di ajang balap kelas sport 150 di indonesia…….tak pernah fxr turun di balap…..karna yah di tes tetap kalah dari cbr dari pada malu ikut race urutan buncit……selain rugi juga malu…. makanya fxr tak pernah turun di balap indonesia………..bukan cuma itu nasibnya jg sama seperti di thailand ……………….kalh pamor dengan cbr untuk kelas sport…..
………………
….dan ternyata klw kangmase cek langsung fxr dan cbr mesinnya beda karakter…
…cbr berpendinin cair (water collent)
…fxr berpendingin udara dan oil coller persis sama dengan mesin satria FU…..
…aku dah ngamati langsung kedua motor dan nyoba langsung keduanya, makanya berani coment sesuai kenyataan sebenarnya,….klw mo lebih jelas sampeyan cek langsung motor keduanya….
kangmase
18 Mei 2011 at 08:43
hahaha, ndak ada temen yang punya bro, dulu ada temen yang beli CBR, belum sempet minjem, eh dianya dimutasi….
bluemoon
18 Mei 2011 at 14:20
ya harap maklum bos, kan fxr cuma Β± 500 unit doangan,
blom yg di jual gelondongan makin jarang aja keliatan
d gitu gak ada yang jual part racingnya…
bencidilokal
2 Agustus 2011 at 20:37
Numpang ty neh.tw dr mn t bakal d ckd…gosip doank…kl ak dukung cbr 150 tetap d cbu.34 juta…ya setara lah.mampu beli gak mampu ya cr motor lain cc sama…
vijayakumar
6 Juli 2012 at 13:00
wah terlewat ane baca nyaβ¦………………………..
CBR 150R
6 November 2012 at 15:04
saya sudah beli tuh motor,tapi saya belum nyoba top speednya soalnya gak ada treknya,kali tu motor cuma muter” komplek,maklum belum punya sim baru kelas x.