RSS

Komparasi Motor Sport dibawah 25 juta Bahgian 1

15 Apr

Oke. Dilatarbelakangi keinginan saya untuk mengganti si Michael dengan motor laki yang baru, saya pun berusaha membandingkan beberapa motor sport yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Namun, perbandingan atau komparasi yang saya lakukan terbatas hanya pada motor sport yang harganya idbawah 25 juta, karena itulah anggaran yang dibolehkan oleh istri saya untuk membeli motor baru.

KOmparasi yanga kan saya lakukan adalah sangat akan bersifat subyektif. Semua berdasarkan kriteria yang saya inginkan untuk jadi tunggangan harian saya. Tapi tentu, semuanya harus dengan kriteria tertentu, diantaranya kriteria penampakan luar yang besar. hal ini disesuaikan dengan body saya yang sebarat 88 kilogram. Yang kedua, nyaman buat boncengan, karena setiap hari kerja saya boncengan ke kantor dengan istri tercinta. Yang ketiga, tentu kualitasnya harus diatas si Michael.

UNtuk yang belum tahu si Michael, ini dia gambarnya…

si Michael....

Dan beberapa motor pasaran yang memenuhi ketiga kriteria tersebut anatara lain Yamaha V-ixion, Honda New Mega Pro, Yamaha Byson, TVS Apache 160 RTR, Pulsar 180, Honda Tiger Revo, Pulsar 220 dan Yamaha New Scorpio Z. Trus kenapa motor sport yang lain (misalnya Pulsar 135 dan Suzuki Thunder tidak masuk hitungan? ya tentunya karena daya anggap tidak memenuhi ketiga kriteria tersebut.

Untuk bahgian pertama ini, saya ingin mengkomparasikan beberapa motor saja

1. Yamaha V-ixion

Dari berbagai sumber, motor ini memiliki banyak kelebihan dibanding motor lain di kelasnya. Dari teknologi injeksi (so makin irit), sasis deltabox, Sistem pendingin radiator dan 4 buah katup di kepala silinder, suspensi monosok, top speednya mpe 150an kpj dan lain sebagainya.

Tapi itu semua pendapat orang dan mungkin memang benar, tapi impresi saya pertama kali melihatnya adalah bahwa motor ini terlalu ramping. terlalu ramping maksudnya terlalu ramping untuk ukuran motor sport tanpa fairing sehingga terasa kurang gagah. dan akan terlihat kecil apabila saya yang mengendarainya, dan saya tidak suka itu.

Mungkin akan menjadi lain kalo yang saya lihat biasanya di jalan adalah yang pernah disebut akhir tahun kemarin sebagai Yamaha V-ixion SE (Special Edition) yang kelihatannya lebih kekar, meskipun katanya cuma ada tambahan pada sektor fender depan, penambahan shroud tanki plus engine guard, spatbor kolong,  kondom tanki, serta penutup radiator.

2. Homda New Mega Pro

Oke, melihat tampilan saya sempat tertarik banget, apalagi kalo dilihat dari depan, saya suka banget dengan headlamp dan shroudnya. Apalagi segala fiturnya sudah jauh lebih baik dari pada si Michael.

Yang jadi masalah hanya satu, namanya. Kenapa juga musti pake nama Mega Pro. Mungkin dari sisi AHM nama yang sama berarti akan memudahkan marketingnya, tapi bagi saya yang ingin mengganti Mega Pro saya, ya nggaklah kalo mengganti Mega Pro dengan Mega Pro lagi. Mau beda jeroannya kek kalo namanya sama ya ngrasanya gak beda, gak ada peningkatan gitu rasa di hatiku. jangan bilang apalah arti sebuah nama, karena bagi saya nama itu penting.

3. Yamaha Byson

Nah ini dia, yang sempet saya ajukan ke istri saya untuk menggantikan si Michael. Sudah bodinya gedhe, gayanya mantep, velg dan bannya lebar serta tubeless, monoshok, dan sebagainya membuat saya ngiler. dan bahkan saya jadi suka nulis tentang motor ya gara-gara tertarik dengan motor ini.

Sudah bebrapa hari sejak saya ajukan tpt motor ni ke istri saya, ndak disetujui juga, belum pernah liat fisiknya langsung katanya. nah, pas hari saya mo ngajak istri ke dealer(hari Minggu) eh lha kok dealernya dah tutup, ya wis lain hari wis.

nah, sambil browsing nyari info, lha kok ketemu komentar seseorang yang bilang kalo jok boncengernya kecil, gak nyaman buat diboncengin istri saya yang suka bonceng miring. setelah dipikir saya pun jadi ragu. Apalagi pas istri ngliat sendiri tu montor di jalan, komentarnya langsung jelek ah, apalagi lampu belakangnya kok kayak bebek. Jleb, gak jadi wis, daripada jadi ribut gara-gara montor.

Terus, demam motor sport pun membawa saya untuk mencari motor lain yang kebetulan sedang marak-maraknya berita tentang motor dari India, apalagi di kantor lama ada pegawai yang make pulsar 200 kok terlihat gagah gitu…

bersambung…

NB: ganang bilang kok bersambung, kayak sinetron aja?

 
36 Komentar

Ditulis oleh pada 15 April 2011 in goblog, motor, Umum

 

Tag: , , ,

36 responses to “Komparasi Motor Sport dibawah 25 juta Bahgian 1

  1. myxfikri

    15 April 2011 at 22:20

    wah kayaknya pulsar 135 udah masuk kriteria tuh, soalnya body udah lumayan besar (lebih besar dari vixion, tapi lebih langsing dari tiger) dipake temen saya yg diatas 100kg pun gak ada masalah, nyaman untuk boncengan, kualitas diatas mega pro (masih bisa diadu lah, walaupun untuk jangka panjang masih perlu pembuktian)

    yg pasti setelah 6 bulan nunggang p135, ini motor ccnya sama rasanya gak nyambung.

     
    • kangdar

      2 September 2012 at 08:08

      gak nyambung gmn mas?

       
  2. ahsanfiles

    16 April 2011 at 02:51

    Negosiasi untuk mendapat persetujuan istri perlu dilakukan dengan cara lain mas…

    he he he
    salam kenal …

     
  3. Chahya

    16 April 2011 at 06:58

    Wah kasusnya sm kayak ane dulu nih, waktu mo ganti vixi yg handlingnya udah goyang2, akibat sering jatuh (jiwa muda). Tadinya mo ganti sm vixi yg baru lg, tp bini maunya nmp (korban iklan). Y sdhlah ane yg ngalah, padahal ati dongkol, ga demen sm buntut nmp yg kurang nungging. Kl performa 11-12lah, cm purasaan ditanjkan nmp lebih bertenaga, bbmnya jg sama irit, malah pake nmp ane sering isi premium,jgn ditiru y.

     
    • kangmase

      16 April 2011 at 11:28

      mang sebanarnya NMP gak boleh premium? boleh kan? tapi NMP kan dah ngirity ngapain juga pake premium ya?

       
  4. vanz21fashion

    16 April 2011 at 09:00

    kalo kandidatnya ini, saran saya si kalo ga byson ato ga new mega pro masboss.. soalnya kalo v-ixion, velg sama ban bawaan aslinya cungkring, kecuali kalo masboss berencana mau ganti velg sama ban, vixion bisa jadi pilihan.

    kalo masboss ga masalah dengan dual shock, sebenernya pulsar 220 bisa jadi perhitungan..

     
    • kangmase

      16 April 2011 at 11:27

      kandidatnya bukan cuma ini bos, tar di tulisan selanjutnya pemenang dari sini dibawa kesana….

       
  5. Maskur

    16 April 2011 at 11:13

    oalah yang punya blog ini suaminya aktivis blog umum itu to

     
    • kangmase

      16 April 2011 at 11:26

      aktivis? sejak kapan ya istri saya jadi aktivis? kok saya malah ndak tahu….

       
  6. yuwon

    16 April 2011 at 15:00

     
  7. Paidjo_Padjah

    16 April 2011 at 21:58

    Ambil CBR150R aja bro.
    nungguin bentar lagi juga brojol.
    harganya ane kira gak akan jauh dari 30 jtan.

     
  8. Cicakmerah

    16 April 2011 at 23:30

    klo stock dana cuma di 25jt.. cari yg valuenya tinggi… tak lain dan tak bukan ya pulsar 220.. tapi, diliat dulu 3snya.. deket apa kaga ama lokasi rumah mas bro…

    klo mw nyari irit sih, vixi krn injeksi.. tapi dengan perbedaan harga vixi-p220… dah bisa beli bensin bertahun2 tuh😉 .

    btw, minerva ga masuk itungan mas? yg 200cc.. lumayan koq.

     
  9. ken arok

    17 April 2011 at 19:24

    gs150r…menurut testi paling nyaman buat boncenger…cuma belinya di indi…hehehe….

     
    • kangmase

      18 April 2011 at 13:37

      disininya masih tahun depan ya katanya?

       
  10. snalpot99

    18 April 2011 at 03:30

    Kata orang” apalah arti sebuah nama😀
    Jd megapro lagi ga pa2 kangmas

     
  11. dnugros

    18 April 2011 at 08:38

    Memang syusyah kalo rembukan motor dengan istri mas brow, soale wanita itu kadang punya six sense soale urusan motor udah gitu motor yang kita anggap perfect belum tentu bagi doi. Yo wis lah selamat berburu motor baru 😀.

     
    • kangmase

      18 April 2011 at 13:38

      ngalamat gak jadi ganti ni….kebutuhan rumah tiba-tiba nambah gede nih…

       
  12. riri

    18 April 2011 at 08:44

    Wah, kasusnya koq sama denganku ya….
    mo coba beli mongtor semprot.. bingung milihnya… tapi kayaknya p220 bagus kali yak ?

     
    • kebandur

      6 Mei 2011 at 20:51

      BUKAN BAGUS AJA TAPI MUANTAP BUANGET, TRUST ME!!!!

       
  13. jakatimur

    18 April 2011 at 09:18

    megapro versi 2nya kenapa mo dijual masbro? masih lumayan baru toh serinya? udah gak enak pakenya ya? jadi inget megapro 2003 saya.😀

     
    • kangmase

      18 April 2011 at 13:34

      masih enak dipake, mo dilungsur ke bapak maksudnya biar motor bapak(bebek) bisa dipake adik (cewek)…

       
  14. vixionr15

    18 April 2011 at 14:39

    Paling pas menurut saya P220 ! Tapi yaitu siap siap susah nyari bengkel bajaj+spare part . Tapi kalo kata saya mendingan antara NMP sama vixion. Kalo NMP keren bro suaranya, tapi part aftermarket masih jarang. Kalo vixion ramping jadi enak buat selap selip (pengalaman) plus part aftermarketnya banyak, so kalo suka modif racun mendingan vixion xixixi:mrgreen: tapi semua pilihan kembali ke kangmase

     
  15. Iksa

    19 April 2011 at 12:36

    Wah kutunggu lanjutannya .. masih bakalan seru nih .. nanti sudah ada foto bertiga ya …

     
  16. kampretz

    19 April 2011 at 14:00

    Klo ane udah pilih pulsar 220 bro

    Setelah menimbang2 antara Byson, Pulsar 220, ato nunggu CBR150R.

    Ya klo ngerti mesin n bisa utak atik motor dikit, pilih Pulsar 220 ngga akan takut masalah sparepart or servis bro.

    – oil cooler, roller rocker arm, dual busi, lampu projie 55watt (HID ready), digital spido, kenceng lagi

    tp klo tinggi badan < 170cm, mending lirik yg laen, jok nya Pulsar relatif tinggi

     
    • kangmase

      19 April 2011 at 18:46

      kalo masalah tinggi, saya 173, jadi bisalah….tapi….

       
  17. andhi_125

    19 April 2011 at 15:02

    nunut mbaca en komen masbro:mrgreen:
    salam kenal..

     
  18. mbah3DW

    20 April 2011 at 07:00

    Ikut nyimaxs aja lanjutan seri selanjutnya, jangan kelamaan mas bro ya brojolin bag selanjutnya. Soalna jg mau ada rencana ini,
    bikin ancer2 n tlsannya dulu aja mas… .. Jd ato nggak jd beli ane harap komparasinya dlanjutkan.

     
    • kangmase

      20 April 2011 at 07:34

      lagi banyak kerjan, trus internet kantor kadang lemot, jadi paling telat tar weekend saja di rumah

       
  19. ipanase

    10 Juli 2011 at 20:23

    ayo tuku byson, men rame

     
  20. pulsar220 vs new scorpio z

    2 Oktober 2012 at 23:33

    komparasi p220 dan new scorpio z gan, lengkap dengan hasil tes dyno: http://pulsar220vsnewscorpioz.blogspot.com/2012/10/pulsar-220-vs-new-scorpio-z.html

     
  21. motor mania

    28 Februari 2013 at 11:51

    Kawasaki ER 6 lah bro, masa bobot gede masih naek motor 150 cc
    Kasian mesinnya paling awet setaun udah gnati ring seher tuh

     

Tinggalkan Balasan

 
