RSS

Kredit motor di kampung lebih murah daripada di Jabodetabek!

06 Apr

Kali ini saya cuma mo bagi pengalaman aja, tentang kredit motor saya yang lalu-lalu dibanding niatan saya untuk kredit motor saat ini di daerah Tangerang Selatan. Oya, ini semua cuma sekedar share pengalaman doang lho, bukan ngiklanin produk ATPM.

2006 saya kredit Mega Pro melalui lembaga leasing F di Jawa Tengah yang waktu itu harganya sekitar 17,5 juta dengan uang muka 7,5juta, maka cicilan setiap bulannya 345ribu selama 3 tahun. Ni kredit paling murah yang pernah saya bayar.

Hitungannya : 7.500.000 + (345.000 x 36) = 19.920.000

2007 mertua saya kredit motor melalui lembaga leasing F di Jawa Timur, Supra X 125 SW yang harganya sekitar 14 juta dengan uang muka 2,5 juta , maka cicilan per bulannya sebesar 455ribu selama 3 tahun. Ni lebih mahal daripada yang kredit Megapro di Jateng.

Hitungannya: 2.500.000 + (455.000 x 36) = 18.880.000

yang dibeli selalu yang warna merah

Oke, yang jadi pembanding paling jelas adalah ketika kemarin Januari 2011 istri saya kredit Supra X 125 SW melalui lembaga leasing F dengan atas nama mertua di jawa Timur yang harganya 14,5 juta dengan uang muka 2,5 juta cicilan per bulannya adalah 480ribu selama 3 tahun, Sebelum memutuskan kredit dirumah(Jatim) saya sempat membandingkan cicilan kredit ini dengan cicilan kredit dari dealer-dealer di sekitar rumah di daerah Pondok Aren Tangerang Selatan yang juga memakai lembaga leasing F. Sebagai pembanding saja, untuk Supra X 125 SW dengan uang muka 2 juta(di dealer sebelah rumah DP maksimal 2 juta) cicilan perbulannya mencapai 567ribu selama 35 bulan. Apa selisihnya ndak banyak itu???

Hitungan perbandingannya kayak gini:

di Jatim: 2.500.000 + (480.000 x 36) = 19.780.000

di Tangsel: 2.000.000 + (567.000 x 35) = 21.845.000

dan ketika di kantor daerah jakarta Selatan ada salah seorang temen juga akan kredit motor Supra X 125 SW, dengan DP 2,5 juta cicilan per bulannya adalah 570ribu selama 33 bulan.

Hitungannya::2.500.000 + (570.000 x 33) = 21.310.000

Dari hitung-hitungan ngasal diatas saja sudah jelas bahwa kredit yang paling murah ya Megapro 2006 saya diatas yang dikreditkan di Jawa Tengah, sedangkan kredit paling mahal ya di dealer dekat rumah saya di daerah Pondok Aren Tangerang Selatan.

Oya, data diatas adalah data saya pas kredit dan pas nyari info kredit motor, jika harga dan cicilan telah berubah ya saya kurang tahu. Tapi kalopun sudah berubah, gak akan jauh dari angka-angka itu kok…saya yakin.

Akhirnya, sampeyan mo kredit motor dimana? di Kampung apa di Jabodetabek?

Itu saja.

NB: kalo kredit di kampung resikonya STNK bakal atsa nama orang lain, bakal bayar biaya kirim kalo mo dipake di Jabodetabek(kemarin kirim dari Jatim 300ribu mpe Tangsel), tapi untungnya kalo mo jual lagi ntu motor ya bisa dikirim ke kampung dan harganya make harga yang berlaku di kampung yang kenyataannya jauh lebih tinggi(kalo ni dah jelas pada ngerti).

 
20 Komentar

Ditulis oleh pada 6 April 2011 in goblog, motor, otomotif, Umum

 

Tag: , , ,

20 responses to “Kredit motor di kampung lebih murah daripada di Jabodetabek!

  1. Iksa

    7 April 2011 at 06:54

    Wah kalau perbandingan beda waktu mungkin kurang valid karena banyak variabel. Tapi perbandingan pada saat yang sama itu sangat menarik .. nampaknya faktor resiko dan permintaan di masukkan juga per regional ya ..

     
  2. Luqi

    7 April 2011 at 07:57

    setuju dg komentar diatas,.. cm sekedar nambahin aja (*karena notabene sy jg “mantan” org leasing) tingkat suku bunga di leasing tuh beda2 mas, walaupun mereka msh satu manajemen perusahaan pembiayaan, tp tiap-tiap regional diberi standar bunga sendiri disesuaikan dg animo masyarakat di daerah tsb. dengan kata lain hukum “supply and demand” disini memang sangat berpengaruh….

     
  3. ISTI

    7 April 2011 at 11:02

    MAU NAMBAHI SAJA:
    kenapa leasing di jateng lebih murah??
    kemungkinan dikarenakan mas pake program kerjasama PNS dg lembaga leasing F tsb. Karena itu pengaruh sekali. Karena sy pernah mau mengajukan kredit, tyt kl PNS ama swastw kyk sy k
    kredit per bulannya beda jauh…..

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 08:23

      kalo disini sama aja tu mbak, jadi saya bandingin yang disini dengan di kampung, dua-duanya kalo untuk PNS seperti saya…hasilnya ya di kampung lebih murah…

       
  4. Dismas

    7 April 2011 at 11:40

    Untuk Supra 125 standar, kalo mau kredit per bulan 450an ribu selama 2 tahun, kira – kira musti DP berapaan ya?๐Ÿ˜€

     
  5. rony

    7 April 2011 at 18:44

    sy asli jateng..tpatny d cepu..
    Feb kmrn kredit supra 125 pgm fi..kalo cash hargany 16.900rb..
    Kredit pake um 10 jt,angsuran 250 rb selama 36x.
    Murah y mas?hehe..

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 08:21

      kalau DP 10 juta mah harusnya lebih murah lagi tuh….

       
  6. Sugeng

    7 April 2011 at 21:47

    Aku belum mau kreditr mas, pake yang lama saja, biar jadul asal tetap sampai tujuan๐Ÿ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 08:53

      ni mo ganti juga ada beberapa tujuan om….
      salam balik dah dari jakarta…

       
  7. Maskur

    8 April 2011 at 14:53

    waduh rung tau kredit

     
  8. softech_niQ

    8 April 2011 at 15:42

    asyik nih main hitung2an,,,brasa sekolah lg,,,maklum,dl matematika jd favorit gw….

     
  9. Bonsai Biker

    8 April 2011 at 16:16

    wajar karena gaji pegawainya leih murah, sewa tempat murah

     
  10. Amama Ali

    8 April 2011 at 16:47

    mungkin tergantung tawar menawar dan Suku Bunga SBI pada tahun yang bersangkutan

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 18:57

      yang terakhir sama-sama gak nawar kok bro!

       
  11. raiderobie

    8 April 2011 at 16:51

    klo perbandingan leasing yang lain gimana y?

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 18:56

      maksudnya F sama A atau yang lain gitu? belum pernah mbandingin mas….

       
  12. Darmawan

    8 April 2011 at 18:53

    oh baru tau kredit di jkt lebih mahal jatuhnya, apa sewa tempat, biaya tenaga kerja beda paling dengan daerah

     
    • kangmase

      8 April 2011 at 18:55

      gak tau juga mas alasan tepatnya, mungkin gitu….

       
  13. nube

    10 April 2011 at 22:43

    bener bro di kampung lebih murah, kebetulan bulan lalu sy nebus vixi cash seharga 20,77 padahal di jkt sy sering liat di brosur2 vixi seharga 21,15

     
  14. sepatu futsal kw super

    15 April 2011 at 05:54

    mgkn tergantung negonya jg. ane di gresik kmrn nawar cicilan suzuki spin NR.ternyata dpt hrg DP=800rb, angs=470rb x 35bln. Hrg cash=13,5jt. Murah ga ya?๐Ÿ™‚

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: