RSS

PPnBM roda dua

14 Mar

Kenapa motor yang notabene roda dua yang digunakan oleh banyak masayarakat dan bahkan sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan harus dikenakan PPnBM? Apa tidak akan semakin memberatkan masyarakat?

Sesuai Peraturan Pemerintah, roda dua(motor) yang dikenakan PPnBM hanyalah yang memiliki kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc. Kenapa demikian? karena konsumen yang mampu membeli roda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc dianggap telah mempunyai penghasilan yang tinggi oleh Pemerintah.

diambil dari mbah google

Pengenaan PPnBM atas motor dilakukan untuk keseimbangan pembebanan pajak antara konsumen yang berpenghasilan rendah dengan konsumen yang berpenghasilan tinggi, pengendalian pola konsumsi atas Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah, perlindungan terhadap produsen kecil atau tradisional. Jadi intinya PPnBM dikenakan untuk motor adalah demi masyarakat sendiri.

Sesuai PP No. 12 tahun 2006, kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc sampai dengan 500 cc kenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 60% (enam puluh persen); dan kendaraan bermotor beroda 2 (dua) dengan kapasitas isi silinder lebih dari 500 cc dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 75% (tujuh puluh lima persen).

Sedangkan atas impor atau penyerahan Kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 250 cc tidak dikenakan PPnBM.

Itu saja!

NB: motor ganang cuman 80 cc, itupun warisan bapaknya…..

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Maret 2011 in motor, otomotif, pajak

 

Tag: , , ,

2 responses to “PPnBM roda dua

  1. Invincible Tetik

    14 Maret 2011 at 20:15

    oo gituh ya…..
    thanks infonya
    salam

     
  2. bundamahes

    15 Maret 2011 at 07:23

    ga mudheng! :hammer

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: