RSS

Bencana

08 Jun

Tepat padatanggal 24 Mei 2010 kemarin saya mencatat beberapa berita tentang bencana, yang dikatakan (atau dianggap) sebagai bencana yang berasal dari alam. saya tak ingin berspekulasi apa-apa tentang bencana-bencana tersebut, tapi sekedar mengingatkan bagi yang sempat mebaca tulisan ini bahwa ada kekuatan lain di luar manusia yang juga perlu manusia fikirkan, entah bagaimana pun sang manusia memikirkannya.

berikut ini bebrapa bencana yang sempat saya catat yang terjadi tanggal 24 Mei 2010 kemarin

Satu.

Negara Bagian South Dakota, Amerika Serikat, Senin (24/5) waktu setempat, diterjang badai tornado. Ini terjadi setelah hujan es melanda wilayah tersebut. Sebagian bangunan rusak ditimpa es sebesar bola golf.

Tornado juga menerjang Oklahoma, tempat pembuatan film Twister. Sementara hujan es sebesar bola tenis dilaporkan terjadi di Kansas. Bencana ini mengakibatkan sekitar 58 orang terluka. Di kawasan lain, dua warga dinyatakan tewas. Badai susulan diperkirakan terjadi, besok.

hingga sekarang saya tak tahu kabar si Tornado itu, masihkah menerjang atau telah pulang ke kandang.

Dua.

Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditetapkan berstatus waspada, Senin (24/5). Letusan debu vulkanik terus muncul mencapai ketinggian 1,5 kilometer dari pusat letusan.

Dua hari belakangan, ketinggian abu berkisar 1,3 hingga 1,5 kilometer. Debu vulkanik dari anak Gunung Rinjani mengandung gas berbahaya. Semburan menimbulkan hujan debu tipis di tiga kecamatan di Lombok Timur dan sebagian di Lombok Utara.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api di Sembalun, Lombok Timur, Mutaharlin, menjelaskan, letusan lava pijar dan bebatuan terjadi hampir setiap menit. Letusan menimbulkan gempa vulkanik dan gempa tremor dengan amplitude 50 hingga 80 kali.

Status waspada, lanjutnya, sekaligus peringatan pendaki Gunung Rinjani tak diizinkan menginap di sekitar Danau Segara Anak.

Bagaimana nasib gunung tersebut sekarang? jadi meletus pa gak? Kalo meletus, gimana dengan korban2nya?

Tiga.

Puting beliung memporak-porandakan Desa Tonusu, Pamona Utara, sekitar 70 kilometer dari kota Poso, Sulawesi Tengah, Senin (24/5). Angin super kencang itu merusak sekitar 25 rumah dan memporak-porandakan sebuah pasar.

Puluhan warga kini mengungsi. Sementara aktivitas di pasar setempat lumpuh total. Pemerintah Daerah Poso menyalurkan bahan makanan kepada warga dan berjanji membatu berbaikan rumah warga.

Sebelumnya, longsor melanda jalur TransSulawesi di Desa Pandiri, Poso. Arus lalu lintas di jalur itu praktis lumpuh total. Material longsor baru disingkirkan setelah sejumlah alat berat dikerahkan. Jalur kini bisa dilalui kembali.

Saya harap si puting telah pergi dan tak kembali lagi. Perasaan Poso selalu punya masalah….

pondokaren, 08 Juni 2010

nb: ganang bersyukur gak ada bencana di pondokaren, jadinya masih bisa dateng diundangan  mbak TUTUt yang memepringati hari lahir bapaknya yang ke-89 (biarpun beliaunya dah meninggal).

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Juni 2010 in goblog, Umum

 

Tag: , , , ,

One response to “Bencana

  1. bundamahes

    9 Juni 2010 at 19:42

    cieeeeeeeee… yang ultah!🙂
    met ultah ya sayang.. kadonya dipending mpe punya duit, okeyyy?!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: