RSS

Hari Kartini dan Pembermaknaan

21 Apr

setiap tanggal 21 April, negeri ini memperingati hari Kartini. pada hari ini, perempuan-perempuan memperingatinya dengan menggunakan pakaian adat, khususnya di sekolah-sekolah, untuk menghargai jasa beliau katanya. dan bahkan ada yang mengatakan demi membuktikan bahwa perempuan tak kalah dengan laki-laki. Emansipasi intinya. Kartini dianggap telah memperjuangkan emansipasi. dan untuk menghargai jasanya, anak-anak sekolah diminta pakai pakaian adat, dan orangtua(perempuan dewasa) menghargai jasanya dengan memperjuangkan karir, menuntut persamaan hak dfengan laki-laki, memelihara dan mendidik anaknya dengan ilmu (makanya dia belajar).  intinya, setiap perempuan merasa mendapat pembenaran atas apa yang dia lakukan dan dia percayai serta dia usahakan, demi mencapai apa yang disebut kesuksesan dan kehebatan menurut pengertian mereka masing-masing. Ya, hanya pembenaran saja!

karena pada dasarnya, setiap orang telah memberi makna hari Kartini secara sendiri-sendiri, tak ada keseragaman lagi. tapi ini sah saja, dan memang seharusnya begitu, karena seperti yang terjadi pada zaman orde baru ketika makna sesuatu dipaksakan maka konstitusi pun ditelantarkan, hanya karena istri sang pemimpin tak mau dianggap tak berguna dan takut diduakan seperti pemimpin pendahulunya.

pembermaknaan hari Kartini sendiri tidak lagi bisa disatukan, karena bagaimana pun perjuangan beliau, tak satupun manusia lain yang tahu apa sebenarnya makna yang terkandung dari apa yang dia perjuangkan. bahkan mungkin sebenarnya beliau tidak merasa berjuang apa-apa, hanya merasa melakukan apa yang ingin dilakukan, dan ketika orang lain melihat beliau melakukan hal itu, orang lain itulah yang menganggapnya berjuang. karena orang lain itu memberi makna begitu, bukan karena beliau menginginkannya.

jadi, memang sah-sah saja setiap orang memberi makna semaunya(kalo tak mau dibilang asal beri makna) atas hari Kartini ini, bahkan makna yang melawan arus sekalipun, makna yang akan dianggap menyimpang oleh mereka yang tak memberi makna yang sama, misalnya menganggap Kartini sebagai anak yang tidak patuh dengan orangtua, atau sebagi istri yang tidak menuruti suami, atau apa sajalah.

kebebasan memberi makna bagi setiap orang ini tidak hanya khusus untuk hari Kartini, tapi untuk semuanya, untuk peringatan hari-hari besar, untuk makna kesuksesan, kehebatan, kebenaran, dan bahkan setiap kata yang ada, termasuk bagaimana anda memberi makna tulisan ini. silakan saja! itu benar menurut anda, maka itulah pembermaknaan anda. itu saja!

jurangmangu, 21 april 2010

nb: ganang pengen pake baju adat, tapi sewanya mahal, jadi dia pake sarung aja. budaya madura katanya.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2010 in goblog

 

Tag: , ,

One response to “Hari Kartini dan Pembermaknaan

  1. bundamahes

    21 April 2010 at 08:11

    hmmmm… knapa ga pake surban aja? karena denger-denger si ganang lagi gandrung india

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: