RSS

Suara kresek di RPM 5000, kenapa?

12 Jun

Daripada nanya bengkel gak nemu jawabnya juga, ya mencoba post disini, kali aja ada yang tahu…

Sudah sekitar 3 bulan ini, motor saya si Michael (Megapro 2006) kalo pas jalan di RPM 5000 kok bunyi kresek-kresek ya? (kayak bunyi suara plastik kresek disobek) Tapi kalo dah lewat RPM 5000, suaranya dah normal lagi.

Biasanya sih kalo pas mo kenceng langsung tarik gas, ngelewatin rpm 5000 gak kedengeran bunyinya, tapi kalo pas lagi ngendorin gas dan rpm turun ke 5000, bunyinya kedengaran jelas.

Oya, bunyi di rpm 5000 ini juga cuma kedengeran kalo lagi dipake sendirian. kalo boncengan bunyinya kedengaran pas di rpm 6000, trus kalo gak ditunggangin bunyinya gak kedengeran mo digas mpe RPM berapapun.

Ini kira2 kenapa ya? ada yang tahu gak?

si Michael....

Sudah nyoba nanya ke bengkel langganan (bengkel B), katanya kurang tahu dan gak ada masalah dengan mesinnya so disuruh tenang aja. Tapi tetep aja gak nyaman, trus nanya bengkel lain lagi (sebut aja bengkel A), disuruh ganti gir set dan setelah diganti tetep aja bunyinya ada, ditanyain ke bengkelnya lagi katanya disuruh ninggal, ya emohlah, mo make apa ke kantor…

Nyoba nanya bapak pas diboncengin katanya palingan knalpotnya aja ada yang patah di dalem atau gimana, disuruh ngasih oli ke kenalpot. Tapi belum dicobain.

Mau ke bengkel resmi, tapi jadi males gara2 dulu komplain habis service kok lampu malah mati, eh kabel diotak-atik mpe 3jam gak jadi juga malah sein pada mati juga dan motor disuruh ditinggal, begitu ke bengkel A langsung 5 menit dah beres ntu kelistrikan motor.

Nah, buat para pembaca blog ini yang sekiranya tahu kira2 ada masalah apa dengan suara kresek2 ntu mohon bantuananya ya, soalnya gak enak banget dengernya.

Itu saja. terimakasih sebelumnya.

NB: suaranya asalnya dari bawah, rasanya2 dari mesin atau belakangnya….

About these ads
 
33 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Juni 2011 in motor, otomotif

 

Tag: ,

33 responses to “Suara kresek di RPM 5000, kenapa?

  1. j4na

    12 Juni 2011 at 06:08

    waduuuuh… suara apaan tuh ya???

     
  2. absoluterevo

    12 Juni 2011 at 06:24

    Ga tau

     
  3. pendekar cbr

    12 Juni 2011 at 06:29

    walah gak tau suaranya dimana,,,,,,,

    mgkn rante kamprat?

     
    • kangmase

      12 Juni 2011 at 07:01

      kata mekanik bengkel A bukan tuh….

       
  4. Amama Ali

    12 Juni 2011 at 06:54

    mungkin minta dijual kangmase :mrgreen:

     
  5. Taufik

    12 Juni 2011 at 06:58

    ” trus kalo gak ditunggangin bunyinya gak kedengeran mo digas mpe RPM berapapun. ”

    xixixiixxi Honda NSF250R dan RCV212 pun punya gejala yang sama ama ini mas :mrgreen:

     
    • kangmase

      12 Juni 2011 at 07:00

      masak harus dipake balapan juga pakdhe?

       
  6. Hourex150L

    12 Juni 2011 at 07:13

    klo analisa Saya yang katrok ini basa jadi itu suara berasal dari spiral / spring / per shock belakang Mas Bro, yang ber getar dan bersinggungan hanya saat terkena Beban tertentu dan getaran pada Rpm tertentu.. IMHO..

     
    • kangmase

      12 Juni 2011 at 07:57

      apa iya ya? soalnya emang shock blakang habis ganti januari kemarin (karena satu bocor)….. dan bunyi juga baru 3bulanan ini….hmmm….

       
  7. ricthofen

    12 Juni 2011 at 07:29

    wahh tanda2 akan turun mesin tuh

     
    • kangmase

      12 Juni 2011 at 07:58

      halah! nguasal………..

       
  8. Rere

    12 Juni 2011 at 08:15

    Hourex150L

    12 Juni 2011 at 07:13

    klo analisa Saya yang katrok ini basa jadi itu suara berasal dari spiral / spring / per shock belakang Mas Bro, yang ber getar dan bersinggungan hanya saat terkena Beban tertentu dan getaran pada Rpm tertentu.. IMHO..
    ======================================================================================
    setuju banget kang…..
    juga coba cek seal as swing arm, mungkin udah kering, di tetesi oli saja kang….di sela2 antara seal sebelah kanan dan kiri dengan as swing arm….
    juga pernah bunyi seperti itu pada tigor ane kang…..

     
  9. willy

    12 Juni 2011 at 08:19

    mesin megapro new udah pake roller rocker arm atw masih blon ya ? ane kurang yakin.. klo udah pake biasanya suaranya lebih alus/smooth, kyk motor2 bebek ONTA

    salah 1 kelebihan megapro adlh kiproknya cepet ngisinya jadi lampu mayan terang.. klo mesin kyknya masih tipe lama :lol:

     
  10. mercon

    12 Juni 2011 at 08:53

    hmmm,, coba isi tengki (bengsinya) dikuras dulu masbro,, kemungkinan besar,, kemudian hidupkan mesinya,, sampai ke rpm yang bermasalah tadi,, tahan trotelnya sampai bengsin di karburator habis,, setelah mesin motor mati karena bengsin habis,, tinggalin tuh motor,, bengsin dari tangki motor tadi,, isi ke motor lain yang masih normal,, trus pake tuh motor yang normal untuk beraktifitas,,.
    semoga berguna,, :)

     
  11. smartf41z

    12 Juni 2011 at 08:56

    kadang muncul kadang ilang ya? kalo bunyi dari mesin, kemungkinan rante keteng dan LATnya juga tuh. tapi sebelum ganti cek juga laher noken. kalo ingin ngecek LAT dan kamrat udah minta ganti gampang kok. copot dinamo stater, trus buka baut penutup setelan di LAT putar berlawanan jarum jam. Kalo suara anehnya hilang, berarti disitu penyakitnya. Segera ganti kamratnya aja kalo bisa LATnya sekalian. Kamrat pake ori yg 75rban, LAT cukup pakai thailand 70rb (yg ori 250rban).kalo ganti 2 benda ini ga perlu bongkar mesin. kalo ngecek laher noken, bongkar tutup gir keteng bagian atas (blok silinder sebelah kiri), begitu terbuka bakal kliatan gir noken, di jungkit aja pake obeng, kalo dia goyang berarti laher nokennya oblag. nah kalo ini baru bongkar mesin atas. setelah beres mongtornya langsung jual aja bro, ganti Diavel :lol:

     
  12. azizyhoree

    12 Juni 2011 at 09:07

    kalau suara disekitar engine! bisa jadi cam chain! bin camprat , tp kalo suara di belakang dan suara melemah saat berboncengan , bisa jadi bener kata kang hourex , biasanya vibrasi spring shock arbsorber beradu dengan body belakang!

    *weitttssss quoted nech :!: , silahkan kasih oli tuh knalpot megy 2006 [kalau mau daleman knalpot rusak dan kotor + bebel] FYI daleman knalpot megy versi kotak ini ada catalyc sarang tawon mirip MX, bakalan kotor dan bebel jika sering2 dikasih oli! ga percaya silahkan dicoba! :mrgreen:

     
  13. Koplax

    12 Juni 2011 at 09:23

    Wah ternyata shock nya jg gampang bocor toh, kirain cuma tangkinya doang…

     
  14. ipanase

    12 Juni 2011 at 09:23

    knalpot meggi, nmp,,tidak boleh diberi oli gan !!!!!!!!!!!!!
    kresek2,,apa ya

     
  15. agungsevi

    12 Juni 2011 at 09:48

    anyar anyar!! :mrgreen:

     
  16. gogo

    12 Juni 2011 at 11:58

    bantu doa aj, smoga beres..

     
  17. Petter Tesla

    12 Juni 2011 at 13:46

    Disinyalir suara itu dr bpkb..coba ganti bpkb yg ada tulisannya Honda dan kapasitas mesin 250cc..semoga membantu..

     
  18. agoey

    12 Juni 2011 at 14:20

     
  19. gundol

    12 Juni 2011 at 18:28

    setubuh dengan per shock belakang ,pengalaman pribadi.di puter2,di ikat karet juga ga sembuh2.
    Terakhir ganti baru baru jos.
    Tapi cek dulu mungkin ada mur+baut+ring yg kendor,soket kabel yg kurang kuat terikat bisa jadi sumber bunyi

     
  20. Wibisana

    14 Juni 2011 at 14:16

    wahhh..kok sama kayak ane ya..ane pake byson juga mengalami hal yg sama..setiap rpm 5000 – 6000 muncul bunyi kresek kresek tp bukan dari mesin…Tapi kalo boncengan bunyi itu hilang sama sekali

     
  21. Darmawan

    16 Juni 2011 at 11:06

    bisa rante keteng bisa juga spring shock hehe :-D

     
  22. Yopi Kun Aguero

    18 Juni 2011 at 11:37

    hmm… gw rasa tu da pengarunya ma pakaian masbro…
    cba masbro ga pake baju,…
    smentara baju plastik masbro disimpen dulu… :D

     
  23. ipanase

    23 Juni 2011 at 09:20

    meggi ane juga gan,,grrr grr,,tapi bis ganti knalpot nggak lagi,,,mungkin knalpotnya

     
  24. haicy

    28 Juni 2011 at 19:48

    kok sama, pulsar ug4 2011, juga ada beberapa yang kemresek di RPM 5.500 – 6.000

     
  25. mardi

    6 Oktober 2011 at 12:58

    mungkin karet bose gir belakang sudah rusak jd saat jalan kencang geer agak oblak dan tidak stabil.

     
  26. silverstone

    6 Januari 2012 at 09:12

    Menurut pnrawangan ane,krn bunyi ada hny saat beban sndri n ilang saat boncengan.kmungkinan emang mesin g ada masalah,krn klo emang mesin masalah beban apapun ttp bunyi.jd kmungkinan klo ga engine mounting,swing arm atau shock breakerny.moga aja bnr….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: