setelah memposting tulisan saya kemarin di wall facebook saya, seorang kawan ngasih tanggepan supaya saya beli motornya beli yang tarikan dealer saja, beli motor yg disita krn pemiliknya gagal bayar. katanya menurut dia, harga akan menjadi jauh lebih murah. Pengalaman dia beli motor yg umurnya baru 3 bulan,harganya lbh murah 4jt dr harga baru.kondisinya kinclong spt baru.
Oke, mendengar itu, saya sempat tertarik, tapi pengalaman saya kenal bebrapa orang(agak nakal sih orangnya) yang cerita kalo dia gagal bayar kredit motornya, dan apa yg dilakukannya? sparepartnya diganti milik motor bekas yg sudah lawas bin jelek atau malah produk-produk gak jelas sebelum disita, so jadi mikir-mikir juga….
Nah, kalo kayak gini apa ya gak mending beli motor yang sekalian tahu ntu motor bekas saja sekalian?
Namun, beli motor bekas pun sebenarnya banyak juga resikonya, apalagi kalo kita gak ngerti mesin dan karakteristik motor, bisa-bisa dikibulin si penjual. Secara tampilan fisik, motor bisa saja terlihat bagus, daleman(mesin)nya siapa tahu…
apalagi saya, yang gak ngerti mesin sama sekali, punya motor mah yang penting enak dipake, gak boros, dan tampilannya bagus…lha kalo kondisi mesin cuman diakali si penjual supaya dalam jangka waktu dekat enak dipake padahal setelah dipake beberapa waktu bakal hancur..kan bisa berabe…
Oke, dalam beli motor bekas ataupun motor tarikan dealer sebenarnya kita memang harus jeli. sebaiknya yang beli ngerti mesin dan karakteristik asli ntu motor, kalo gak ya mungkin bisa ngikutin cara-cara saya nih…
1. buat beli motor bekas dari orang lain gak dikenal, sebaiknya bawa temen/sodara yang ngerti mesin dan karakteristik motor yang mo dibeli. liat juga tampilannya, sesuaikan dengan tahun keluarnya dan harga…
2. cari penjual motor sitaan yg terpercaya. dalam kasus teman saya diatas yang beli motor di bandung dia beli dari spesialis penjual motor sitaan.yg jual motor yang umurnya msh muda.surat2 lengkap,termasuk fotocopy KTP pemilik awal, dan dia hanya ambil motor yg semua onderdilnya msh orisinil.
3. atau sekalian beli dari temen aja, biar bisa minta pertanggungjawaban kalo ada masalah dengan ntu motor…trus sebelum dibayar test ride ntu motor, kalo boleh mah sekalian dicoba buat harian selama seminggu gitu, hehehe…
nah, kalo ketiga cara diatas mah cuma cara-cara dari temen saya dan cara yang sempat terlintas dipikiran saya. kalo sampeyan ada cara lain, monggo ditambahkan…cuman yang saya sayangkan seringnya ketiga cara ini mengharuskan pembeli untuk membayar secara cash, meski harganya memang lebih murah dari motor baru, tapi kalo nungguin punya cash sebanyak harga motor mah bakal lama…
kalau menurut sampeyan, sebaiknya gimana ya? beli motor bekas temen, motor bekas orang siapa gak kenal atau motor sitaan dealer?
Itu saja
Nb: ganang nawarin motornya murah banget, tapi sayang mesinnya udah gak ada, entah kenapa, ndak mau nanyanya….
Iksa
5 April 2011 at 11:28
Hiya betul .. kalau tarikan dealer musti dari penjual terpercaya .. kalau gak repot sendiri
rony
5 April 2011 at 13:31
mending beli seken dari dari orang yang bisa kita percaya masbro…
ane setuju kata orang yang bilang kalo tarikan diler ud banyak part yang dicomot baik oleh oknum diler/leasing maupun sang pemilik lama…
ato kalo terpaksa beli tarikan karena lebih murah…kita ajak aja orang bengkel yang paham betul thdp motor yang mau kita beli itu..
misal ud da part yang diganti-ganti..kita itung aja berapa total nilai penggantiannya dengan part ori..kalo masi menguntungkan ya sikat aja..hehehehe…itung2 selisihnya buat ganti part yang ud dikanibal…
kangmase
5 April 2011 at 14:23
cari penjual yang bisa dipercaya aja lah….
bjl
5 April 2011 at 13:36
saya dulu malah sempat dagang sparepart hasil pretelan gudang sitaan dealer 😦
jaman jahiliyah
Abu Tanisha
5 April 2011 at 14:18
mending ini kalo mau motor anyar, secondpun bisa jika prosesnya secara kredit, see http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/04/05/poinnya-adalah-dapat-menjaga-amanat-dan-dapat-dipercaya/
kangmase
5 April 2011 at 14:24
dah diliat dan dikasih komentar, tanggapannya? mau jadi MDS saya?
hourex150l
5 April 2011 at 14:22
resikonya podho wae.. Kalo gak tau mesin…
hadi
5 April 2011 at 14:29
kalo lebih bagus beli langsung dari pemakai jadi bisa tau sejarahnya motor, ganti oli pake apa? apa saja yg udah diganti? service dimana? rutin ga? pernah jatuh ga? dll….
tapi kalo beli motor tarikan leasing, belilah motor yg paling muda usianya. meskipun sekarang leasing lebih selektif karena kalo ada part yg ditukar oleh terhutang maka akan dihitung beban hutang lagi. tapi tetep saja ada kemungkinan orang yg narik justru yg nakal……
tp yg saya dengar dari orang fif, motor tarikan fif yg cacat/rusak selalu diperbaiki dulu/diganti baru, setelah itu baru dilelang.
kangmase
5 April 2011 at 15:14
jadi tarikan fif bisa dipercaya ya bro?
vIP
5 April 2011 at 14:58
yang pasti-pasti aja oom, salah-salah bisa urusan sama debt kolektornya loh 😦
salam kenal 🙂
#99 bro
5 April 2011 at 15:13
Ajaklah orang yg tu mesin.. Bisa bisa cdi abal abal dua minggu modar..
gaplek mania
5 April 2011 at 15:25
beli motor bekas dari mnapun .sebenarnya cukup beresiko jika pengetahuan tentang motor kurang.seperti omku.dia gak tau apa2 tentang motor.beli smash seken gak taunya acak acakan.karbunya jupiter,velg cw nya diganti variasi.jlannya udah miring2.
ibuku jg dibeliin omku gitu.beli vario ternyata velgnya udah gak orsi lagi.
yg penting perdalam pengetahuan tentang apa yg akan diincar.dan ajak teman yg tahu motor.
kangmase
5 April 2011 at 20:36
test ride punya temen atao sodara dulu kalo ada, sekalian liat dulu barunya di dealer….
Az147r
5 April 2011 at 18:18
hemm…saya punya teman di adira ddaerah saya,tp sayang nga sempat minta no hpnya,mgkn aja dia tahu byk soal ginian.kali aja dpt motor murah dgn kualitas msh oke hehe…
kangmase
5 April 2011 at 20:34
itu sih maunya om….
Maskur
5 April 2011 at 19:33
aku beli second ama orang di Bengkel resmi. Kalo ada apa2 gampang ngurusnya
vixionr15
5 April 2011 at 20:18
bingung dah kalo pertanyaannya kaya gitu
Asop
5 April 2011 at 21:51
Saya, yang gak ngerti otomotif, cari aman aja deh, beli baru di dealer. 🙂
gogo
6 April 2011 at 00:17
mending klo ad dana beli baru aj, lebih terjamin
jakatimur
7 April 2011 at 08:32
motor bekas memang menggoda ya. asal bisa kenal kualitas jeroannya secara baik dan bisa test ride, anggaplah 1-2 minggu (dengan jaminan-hehe emang ada ya..) baru bisa ketahuan apakah motor ini baik atau tidak.
asmarantaka
7 April 2011 at 08:46
caari motor yg ngk populer..macam Bajaj, ato motor yg mesinnya susah di kanibal…macam Vixi,FU..yg canggih2 gitu deh,,,,
anton
7 April 2011 at 11:16
cari di kaskus bro…
bnyak pilihan bisa cod
cri motor yg kandisinya bagus
Biker Manado
8 April 2011 at 08:09
tuh baby hornet manis tuh mas..
Black_Viper
10 April 2011 at 12:53
pengalaman pribadi beli motor second untuk adik, belinya di dealer motor second semua part seperti baru pelek ma ban diganti baru mungkin termasuk jeroan yang KW sekian. Ketahuan setelah 1 tahun pakai, akhirnya pake yg original lagi. Setelah diamati tuh dealer motor, setiap ada motor masuk langsung turun mesin meskipun tuh motor baru 1 bulan, ga tau juga maksudnya buat diapain. apakah memang mengganti yang rusak atau replace dengan yang KW. Who Know’s ….
kangmase
10 April 2011 at 14:57
nah, itulah takutnya saya….
Gadis Lugu
12 April 2011 at 12:00
ih kan gak pasti juga…
Maya
19 Mei 2011 at 11:10
artikel menarik 🙂 . kebetulan saya juga lagi mau nyari moor bekas tarikan dealer. Ada sarankah harus kemana (kebetulan saya tinggal di bandung)
salam kenal 🙂
Maya
19 Mei 2011 at 11:11
artikel menarik 🙂 . kebetulan saya juga lagi mau nyari motor bekas tarikan dealer. Ada sarankah harus kemana (kebetulan saya tinggal di bandung)?
salam kenal 🙂
Ayyie yiekko
27 Oktober 2011 at 19:32
saya trtarik nd ingin surevey neh brng ny..
Anto
14 Februari 2012 at 23:24
Beli motor bekas memang ada resikonya, sparepart ditukar-tukar itu sudah bukan rahasia lagi, beli mokas pada pemilik langsung dan orang yang dikenal akan meminimalisir resiko-resiko yang tidak diinginkan. semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung…………..
jamboel
13 Januari 2013 at 12:35
Gombal mukiyo .bejabejanan wae brooo.
saraf kejepit
28 Februari 2013 at 15:36
sangat bagus sekali.
cahya
3 Mei 2013 at 17:54
Saya Ada Banyak BOS..
bisa PAJEG juga.. jadi di jamin aman deh,,,
cod langsung aja.
rata2 taun muda..
ada ninja rr 2012 SE yg model baru..
fu 2013 SE
bear..varioo..vixionn
minat sms aja.
087719901643
Ricko
12 Juli 2013 at 13:08
mas cahya lokasi dimna ,.. ane mau .. 🙂
neh no ku area surabaya . 083854668884
raider ninja
22 Oktober 2013 at 07:48
maaf gan…saya mau memberi tambahan sedikit
kalo mau beli motot bekas..
1.qt survey dlu mtornya
2.cek oli mesin (kalo oli berlebihan dr ketentuan prosedur sudah pasti motor itu gak beres,segera urungkan buat meminang motor itu..karna klo motor dgn oli yg berlbihan bunyi akan menjadi halus dan nyaman di kendarai..tp sbenarnya ntu motor dah obrok2 alias mesin gak enak
3.test rider
4.untuk memastikan ajak si penjual buat ke bengkel terdekat atau bengkel resmi untuk service besar dan sekalian cek ke orisinilan sparepart ntu motor
5.cocok bayar deal
Panduan Wordpress
18 Desember 2013 at 15:42
Kalo ane milih yang tarikan dealer, dan bawa temen yg ngerti mesin. Apalagi temen yg kerja jadi mekanik di delaer pasti lebih ok hehe..
Tapi kalo harganya gak jauh beda dgn yg baru, dan pas lagi ada rejeki. Mending sekalian beli baru hehe 😀
ibam
26 Oktober 2015 at 05:26
Ada benernya juga sih gan…jangan terlalu mudah percaya dgn motor sitaan yg dilelang karna biasanya leasing melelang motor dalam kondisi apa adanya.Mereka ngak pernah memeriksa secara detail motor2 yg akan mereka lelang.Byk bgt pengalaman teman2 saya akan aksi culas leasing atau penjual mokas.Jadi sebaiknya beli motor bekas dari teman yg bisa dipercaya.
wahyu
17 Desember 2015 at 06:40
Cek fisik mtor mulai dr baut2 da cacatny atw g pd blok mesin. Mtr bru g mungkin smp blok msin d buka. Jika baut2 pd cacat brart msin dh prnh d bongkar. Cek oli mesin jika berwarna butek sangat kental tdk wjar brarti da mslh, krna mesin bobrok bisa jd halus suaranya jika d msukan pisang matang dan garam pd mesin. Oleh sbab tu cek oliny. Perhatikan rangka atw casis roda dpn dan blakang lurus atw g klo g lurus jngn d bli, tes hidupkan mesin ksar atw g suarany d geber2. ( dlm k adaan hening dan teliti agar bs membedakanny suara msin bgus atw bobrok).ktika hidup knalpot berasap ataw g jika berasap jngn d beli. Asap brwrna pth pd mtr 4 tak brart da mslh serius pd msin asap brwrna hitam pudar mesin kotor. Skian tips simple dr sya mdh2n bs membantu. Maintenance
enginering dan elektrikal
galang
12 Juni 2016 at 09:57
Yaa namanya bekas 1 : 1000 orang jaman skrg menipu… Dalam urusan jual beli… Apalagi mental makelar, doyan duit, takut rugi… Mnding beli becak ajaa deh… Karuan…. Bisa menghasilken
subroto
12 Juni 2016 at 10:03
Kapoookk deh… Anee… Pernah beli di Mokas dealer terkenal… Ngomongnyaa masih joss ok bgitu ane beli pake Sminggu whuuuaa ngganti smua spare partnya mulai velg bengkok, cakram jebol masternya, filter ollie aus, ban nyunyut smua luar dalem , kanvas rem ganjelan gk ori, yg paling parah mesin bunyi kleteg2* uda dipake sminggu… Langsung ane jual lagi Rugiii dah 4 juta. Motor th 2013 pdhal
gunawan cokro
12 Juni 2016 at 10:09
Smua penipu dlm hal jual beli…. Selama tidak dimaafken sama pembeli yg tertipu…dijamin dirinya tuk masuk Surga…. Meski dia sudah taubat . hati hati Yaa… Karma jg buat keluarganya atau anaknya bisa apesss pes… si penipu Matii… Disereett ke Jahannam.
” sudah mampukah / kuatkah di neraka ”
dunia uda ada yg atur Allah S.W.T. aturan byk dilanggar… Tinggal nunggu azab pedih gk kena di dunia pasti DeaL di akherat
gunawan cokro
12 Juni 2016 at 10:10
Ralat diharamken tuk masuk surga